Hair & beauty

Ada 6 Manfaat Konsumsi Buah Nanas Untuk Kulit, Penasaran?

By : Vanessa Masli - 2022-10-04 16:00:01 Ada 6 Manfaat Konsumsi Buah Nanas Untuk Kulit, Penasaran?

Dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit, tentu sebagian besar orang berusaha melakukan berbagai cara yang mudah dan efektif. Ragam bahan alami pun tak sedikit digunakan untuk merawat dan menjaga kondisi kulit agar tetap sehat dan penampilannya terlihat baik. Mulai dari sayur hingga buah punya peluang dan potensi untuk memastikan kesehatan kulitmu, tanpa terkecuali buah nanas.


Buah tropis yang menjadi rumah ikonis milik tokoh kartun Spongebob Squarepants ini tak hanya unik untuk dijadikan hunian (fiksi), tapi nanas menyimpan berbagai khasiat yang bermanfaat untuk kulit. Mulai dari meningkatkan produksi kolagen hingga membebaskan kulit wajah dari jerawat, Her World sudah merangkum berbagai manfaat untuk kulit saat kamu mengonsumsi buah nanas. Penasaran apa saja?


1. Samarkan bekas jerawat di wajah


Mungkin kamu lupa memakai sunscreen di pagi hari atau jerawat yang terlalu mengganggu untuk tak kamu pecahkan, sudah pasti meninggalkan bekas-bekas pada wajah, entah dalam bentuk noda hitam atau warna kulit tak merata. Namun, bekas jerawat dan noda hitam pada wajah bisa kamu samarkan dengan memanfaatkan buah nanas.


Kandungan enzim bromelain dan asam askorbat (alias vitamin C) dalam buah nanas menjadi kombo yang ampuh untuk samarkan noda hitam dan meratakan warna kulit wajah. Kamu dapat mengaplikasikan sari buah nanas sebagai spot treatment, diamkan selama lima menit sebelum dibilas hingga bersih.



(Gunakan Q-Tip untuk mengaplikasikan air buah nanas di area bekas jerawat. Foto: Dok. Anna Nekrasevich/Pexels)


2. Mengatasi penuaan dini


Kulitmu bisa terlihat awet muda, hampir bebas dari kerutan dengan memanfaatkan buah nanas. Kandungan antioksidan tinggi yang tersimpan dalam buah nanas ini bisa memperlambat proses penuaan kulit sekaligus melakukan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit. Plus, mencampurkannya dengan santan, kamu bisa dapatkan manfaat yang lebih ekstra lagi.


Cukup memotong buah nanas segar dan mencampurkannya dengan dua sendok makan santan. Lalu diblender hingga mendapatkan pasta halus. Tuang ke mangkuk bersih, lalu celupkan jari ke pasta dan aplikasikan ke seluruh wajah. Diamkan hingga kering selama lima menit sebelum kamu bilas dengan air hangat. Setelah kering, dilanjutkan dengan pelembap.


3. Melindungi kulit dari sinar UV


Vitamin C dalam buah nanas memberikan manfaat untuk kulit, termasuk melindunginya kulit dari sinar UV. Kulitmu akan terhindar dari iritasi atau peradangan akibat sinar ultraviolet yang kerap ditemui saat kamu banyak beraktivitas di luar ruangan. Dampak jangka panjangnya, jika kondisi kulit ini dibiarkan tanpa perlindungan dari sinar UV, adalah kanker kulit.


(Baca Juga: Cegah Penuaan Dini! Ini 5 Manfaat Tabir Surya Untuk Wajah!)


4. Lembap kulit di area kaki


Jangan terlalu fokus dengan area wajah, karena kulit adalah lapisan yang melindungi seluruh tubuhmu, termasuk kaki. Kamu bisa memberikan perawatan ekstra di area kaki dengan melakukan proses eksfoliasi untuk lembapkan kulit pada area tersebut. Cukup campurkan setengah gelas gula merah dengan seperempat gelas air buah nanas. Lalu, rendam kedua kakimu dan fokus mengeksfloliasi area-area kaki yang terasa kering maupun kasar.


5. Tampilan kulit terlihat lebih sehat dan cerah


Kamu ingin mendapatkan kulit yang terlihat lebih sehat dan cerah, banyak hal bisa digunakan dan memanfaatkan buah nanas tentu bisa jadi opsimu. Enzim bernama bromelain menjadi kekuatan buah nanas yang terasa manfaatnya pada kulit. Enzim satu ini bisa memecahkan dan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga otomatis kulit terlihat lebih cerah, halus, dan sehat.


Buah nanas menjadi bahan yang cocok untuk membuat masker wajah alami. Cukup memotong buah nanas dalam kotak-kotak sedang, lalu oleskan pada wajah dengan menghindari area-area yang lebih sensitif. Diamkan selama lima menit sebelum kamu bilas hingga bersih. Lakukan ini secara rutin dan kamu akan melihat perubahan pada kulitmu.



(Bisa buat kulit terasa kenyal dan sehat. Foto: Dok. Polina Kovaleva/Pexels)


6. Menyamarkan kerutan di wajah


Memiliki peran sebagai astringen alami, buah nanas bisa berikan efek mengencangkan pada kulit dalam waktu yang relatif singkat. Namun, vitamin C yang terkandung di dalam buah tropis inilah yang membantu samarkan dan kerutan pada kulit, baik wajah maupun area lain yang terlindungi kulit.


Lagi-lagi, cara pengaplikasiannya mudah, kamu cukup memijat sari buah nanas ke kulit agar terserap secara merata, dengan menghindari area-area yang sensitif. Cara yang mudah dilakukan, dengan bahan yang terjangkau, dan kamu pun bisa rasakan manfaatnya dalam waktu yang relatif cepat.


(Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Jerawat Kistik Agar Tetap Percaya Diri)


Itu dia beberapa manfaat nanas yang bisa kamu rasakan untuk kulitmu. Kira-kira tertarik untuk mencoba dalami khasiat buah tropis satu ini?


Hair & beauty