Sex & relationship

Kenali 4 Ciri Pasangan Yang Berpotensi Melakukan Kekerasan

By : Vanessa Masli - 2022-10-04 09:00:01 Kenali 4 Ciri Pasangan Yang Berpotensi Melakukan Kekerasan

Isu kekerasan dalam sebuah hubungan, baik dalam rumah tangga maupun pacaran, menjadi salah satu permasalahan yang banyak mendapat perhatian publik. Mungkin beberapa waktu lalu, kamu mendengar kabar pasangan artis yang diterpa isu KDRT atau di media sosial, enggak jarang menemukan rangkaian cerita dan foto yang menunjukkan seseorang jadi korban kekerasan oleh pasangannya.


Tentu, semua orang berharap hal ini enggak terjadi dalam hubungannya. Namun, ketika kamu mendapati pasangan yang berpotensi melakukan kekerasan, sebenarnya ada beberapa ciri yang mungkin bisa dikenali sejak awal dan Her World sudah merangkumkannya untukmu di bawah ini.


1. Perilaku yang mengontrol


Dia akan berusaha membuatmu fokus padanya dan perlahan akan mengontrol setiap gerak gerikmu. Mulai dari rentetan pertanyaan tentang harimu yang terasa seperti interogasi, berusaha mengecek handphone-mu, hingga menuntutmu untuk minta izin setiap kali ingin pergi tanpanya, melebihi kedua orang tuamu.


2. Sering menyalahkan orang lain


Kamu pun bisa jadi tempatnya menyalahkan semua hal yang salah, padahal dialah penyebab hal tersebut terjadi. Dia akan berusaha menaruh tuduhan maupun kesalahan pada orang lain dan enggak menutup kemungkinan kamu juga bisa dia tuduh. Enggak ada ruang baginya untuk mengakui kalau itu salah dia.



(Mulai mengontrol kehidupanmu. Foto: Dok. Alex Green/Pexels)


(Baca Juga: Kamu Jalani Hubungan Tanpa Status? Ini 4 Risikonya!)


3. Mendadak eksklusif


Mungkin kamu baru menjalin hubungan tiga bulan tapi eksklusivitas dengannya dia begitu cepat terasa. Dia akan berusaha selalu bersamamu hingga titik mulai mengganggu. Seolah-olah dia ingin kamu enggak bisa pergi kemanapun, enggak bisa menjalin relasi dengan siapapun (di luar keluarga) kecuali dengan dia.


4. Ada ancaman keluar dari mulutnya


Walau terkesan bercanda tapi ini bisa jadi ciri pasangan yang berpotensi lakukan kekerasan dan harus kamu waspadai. Dia akan mengeluarkan statement yang bisa beri kesan kalau dia akan melakukan kekerasan fisik padamu. Ini perlu jadi alarmmu untuk temukan cara bisa keluar dari hubungan yang berpotensi abusive.


(Baca Juga: 5 Kepribadian Wanita yang Suka Menangis, Kamu Salah Satunya?)


Beberapa ciri pasangan yang berpotensi lakukan kekerasan ini Her World rangkum agar kamu bisa terhindar dari hubungan abusive dan enggak menjadi korban dia selanjutnya. Semoga bermanfaat!


Sex & relationship