Sex & relationship

Kamu Jalani Hubungan Tanpa Status? Ini 4 Risikonya!

By : Vanessa Masli - 2022-10-03 09:00:01 Kamu Jalani Hubungan Tanpa Status? Ini 4 Risikonya!

Mungkin kamu belum berani membuka hati sepenuhnya atau memang enggak mau berkomitmen, tapi kamu butuh dia sebagai sosok yang hadir dalam hidupmu hanya tanpa label. Sebuah relasi yang mungkin dikenal dengan nama hubungan tanpa status alias HTS, ketika kamu menjalin hubungan dengan seseorang tanpa menegaskan status kalian berdua.


Sekilas hubungan ini terlihat aman dan menyenangkan bagimu maupun dia. Sama-sama bisa menjalani hidup, sendiri maupun bersama, tanpa harus saling menaruh ekspektasi terhadap satu sama lain seperti ketika pacaran. Namun, saat kamu menjalani hubungan tanpa status, ada beberapa risiko yang bisa terjadi dan Her World sudah merangkumnya di bawah ini. Penasaran apa saja?


1. Sulit untuk mengungkapkan keinginanmu


Seolah-olah ada kontrak yang kamu buat bersamanya untuk enggak mengubah pola hubungan yang dijalani. Jadi, saat salah satu dari kalian mulai berharap lebih, entah membuat hubungan ini lebih serius atau perasaan yang semakin kuat, justru enggak ada ruang untuk mengungkapkan perasaan itu.


2. Bisa munculkan isu kepercayaan


Entah kamu atau dia yang enggan berkomitmen sehingga hubungan tanpa status ini terjalin, risiko tentang isu kepercayaan pun mungkin terjadi. Seolah-olah teman tapi terasa seperti pacaran ini bukan berarti kamu adalah satu-satunya ‘pasangan’ dalam hidupnya, bisa jadi dia memiliki sosok-sosok lain yang memegang peran serupa denganmu. Kemungkinan besar, hubungan seperti bisa munculkan isu kepercayaan dalam dirimu.



(Sulit untuk ungkapkan perasaan dan keinginanmu. Foto: Dok. Alex Green/Pexels)


(Baca Juga: Kenali 4 Tanda Pasangan Yang Ingin Putus)


3. Sulit untuk bisa berekspektasi


Dalam hubungan tanpa status, sulit untuk bisa menaruh ekspektasi kepada pasanganmu. Sebab, sejak awal, kamu enggak memegang peran penting dalam hidupnya sehingga apapun ekspektasi yang biasa kamu miliki terhadap seorang pacar, enggak berlaku baginya. Kamu berharap dia setia, sulit. Kamu berharap dia merubah sikapnya demi kamu, kemungkinannya kecil.


4. Bisa berakhir mendadak


Tanpa kata putus, tiba-tiba lose contact. Mungkin kamu yang harus pindah tempat kerja sehingga jarak merenggangkan komunikasi. Mungkin kamu temukan seseorang yang membuatmu siap berkomitmen, mendadak hubungan tanpa status itu selesai tanpa benar-benar ada kata ‘putus’ yang menegaskan.


(Baca Juga: Ini 4 Cara Mudah Menyembuhkan Hati Yang Diselingkuhi)


Beberapa risiko ini mungkin bisa jadi pertimbanganmu saat ingin menjalani hubungan tanpa status. Semoga bermanfaat!



Sex & relationship