Food & travel

Cepat Dan Anti Gagal, Simak Resep Donat Kentang Empuk

By : Her World Indonesia - 2022-10-03 19:00:01 Cepat Dan Anti Gagal, Simak Resep Donat Kentang Empuk

Hampir semua orang sepertinya tidak bisa menolak camilan yang satu ini. Donat kentang merupakan camilan yang sangat digemari oleh semua kalangan dan usia. Donat kentang sendiri berbeda dengan camilan atau kue lain pada umumnya, karena bagian luarnya yang crunchy dan dalamnnya yang lembut. Tidak perlu khawatir, donat kentang merupakan salah satu cemilan yang sangat mudah untuk dibuat di rumah kamu masing-masing.


Dengan menggunakan bahan yang mudah ditemui dan metode yang praktis berikut ini Her World rangkumkan resep donat kentang empuk yang cepat dan anti gagal. Let's check this out


Bahan-bahan kering

(Bahan kering yang mudah ditemukan di rumah. Foto: Dok. freepik)

- 100 gram kentang kukus (Lebih direkomendasikan untuk mengukus kentang dibandingkan merebus. Proses merebus malah dapat menyerap air terlalu banyak)

- 250 gram tepung protein tinggi

- 3 gram garam

- 5 gram ragi

- 35 gram gula pasir

- 1 sendok makan  susu bubuk


(Baca Juga: Cara Membuat Donat Yunani Gluten Free Sederhana di Rumah)


Bahan-bahan basah

(Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat donat kentang empuk. Foto: Dok. freepik)

- 2 kuning telur

- 90-100 ml susu cair dingin

- 30 gr mentega atau butter tawar


(Baca Juga: Cara Membuat Donat Di Rumah)


Langkah-langkah

(Langkah-langkah mudah dalam membuat donat kentang dengan mudah dan anti gagal . Foto: Dok.user14908974 / freepik)


1. Haluskan kentang menggunakan saringan, agar lebih mudah tercampur dan tidak meninggalkan tekstur dalam adonan. Setelah halus pisahkan kentang terlebih dahulu

2. Campurkan tepung protein tinggi dengan ragi, lalu aduk menggunakan mixer selama satu menit

3. Sambil terus mengaduk, masukan gula pasir, susu bubuk, garam, kuning telur hingga tercampur rata, kemudian matikan mixer.

4. Setelah rata, masukan kentang yang sudah dihaluskan dan mulailah mengaduk lagi.

5. Sambil terus mengaduk masukan susu dingin secara perlahan-lahan, sambil memperhatikan tekstur adonan. Pastikan campuran tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering (suhu ruangan dapat mempengaruhi kondisi ini) 

6. Saat sudah tercampur dan berbentuk seperti adonan, tambahkan mentega atau butter. Bila ingin mendapatkan donat kentang yang lebih wangi, disarankan untuk menggunakan butter

7. Pastikan adonan sudah tercampur, setelah itu naikan kecepatan mixer kearah medium sampai adonan benar benar kalis (adonan tidak lengket)

8.  Pindah adonan kedalam mangkok yang telah dilapisi mentega lalu tutup mangkok dengan kain dan istirahatkan selama 20 menit

9. Setelah adonan lebih mengembang, bagi adonan kedalam 35-40 gram adonan kecil, lalu bentuk adonan hingga bulat. Jangan lupa melapiskan tempat membentuk adonan dengan mentega agar adonan tidak lengket

10. Tutup dan istirahatkan kembali adonan selama 15 menit

11. Setelah mengembang, pipihkan adonan dengan cara menepuk nepuk dengan perlahan untuk mengeluarkan udara. Saat sedang melakukan hal ini jangan lupa melapisi tampat dengan tepung agar adonan tidak menempel.

12. Setelah pipih bolongkan semua adonan pada bagian tengah hingga terlihat berbentuk donat

13. Istirahatkan dan tutup kembali adonan selama 20 menit, untuk mendapatkan ukuran besar dua kali lipat

14. Goreng donat di api kecil, agar matang merata. Sambil menggoreng, putar donat menggunakan sumpit, agar tetap bulat. Disarankan untuk tidak terlalu sering membalik donat agar dapat atang dengan sempurna

15. Setelah matang kamu dapat mengkreasikan donat, dengan mengoleskan cream pada donat dan menaburkan meses. Kamu juga bisa menggunakan gula halus untuk mendapatkan kesan donat seperti jajanan saat kecil. 


Resep donat kentang empuk ini dapat menghasilkan 15-16 buah donat. Bila ingin mendapatkan jumlah donat yang lebih banyak, kamu bisa membagi adonan donat lebih kecil, antara 30 sampai 35 gram. Resep ini bukan hanya dapat kamu jadikan camilan untuk di rumah, tapi dapat dijadikan inspirasi untuk berjualan. 


(Baca Juga: Cara Membuat Donat Indomie Yang Sedang Viral)


Berikut itu terlah Her World rangkumkan resep donat kentang empuk yang mudah untuk kamu buat di rumah dan anti gagal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


(Penulis: Brigitta T.Halim)


Food & travel