Ketahui 11 Kemungkinan Penyebab Payudara Gatal Pada Wanita


  • Ketahui 11 Kemungkinan Penyebab Payudara Gatal Pada Wanita
    Ketahui 11 Kemungkinan Penyebab Payudara Gatal Pada Wanita. (Image: Dok. Cottonbro on Pexels)

    Payudara terasa gatal bisa menjadi hal yang memalukan dan tentu saja sangat tidak nyaman, pasalnya, kamu tidak bisa leluasa untuk menggaruk payudara terlebih saat berada ditempat umum. Namun, ini adalah hal yang umum terjadi. 


    Ada beberapa penyebab munculnya rasa gatal pada payudara, mulai dari iritasi kulit hingga penyebab yang lebih jarang dan lebih mengkhawatirkan, seperti kanker payudara.




    Berikut ini beberapa penyebab payudara gatal yang perlu kamu ketahui. Simak!


    1. Tidak mengganti bra


    Tidak mengganti bra bisa menjadi salah satu penyebab payudara gatal. Ini karena, menurut Dr. Gretchen Frieling, MD, ahli dermatopatologi bersertifikat, pakaian kotor apa pun, termasuk bra, seringkali mengandung bakteri -- saat bercampur dengan keringat -- dapat membuat payudara gatal, mengiritasi dan menginfeksi kulit. 


    2. Kulit kering


    Kulit kering pada payudara juga bisa menjadi penyebab lain payudara terasa gatal. Ini bisa terjadi secara alami karena cuaca, atau karena beberapa hal lain termasuk penggunaan produk skincare yang keras (harsh), paparan sinar matahari, dan berkeringat. Semua ini dapat menghilangkan minyak esensial pada kulit, memengaruhi skin barrier, mengakibatkan hilangnya hidrasi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan payudara gatal dan iritasi. Dengan kata lain, kulit kering di bagian tubuh manapun, termasuk payudara, bisa menimbulkan rasa gatal. Menggunakan body lotion dan sunblock dapat membantu mencegah kulit kering, yang kemudian bisa mencegah payudara gatal. 


    3. Mengalami ruam panas (heat rash)


    Ruam panas, atau dikenal juga sebagai biang keringat dan miliaria, juga dapat menyebabkan payudara gatal. Dikutip dari laman Mayo Clinic, ruam panas (heat rash) biasanya terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat yang membuat keringat menjadi terperangkap di bawah kulit. Ini bisa menyebabkan kulit kemerahan, gatal, dan iritasi. 


    4. Alergi


    Dikutip dari laman American Academy of Dermatology, reaksi alergi bisa menjadi penyebab payudara gatal lainnya. Ini karena, saat kulit di area payudara terpapar zat yang bisa menyebabkan alergi -- bisa berasal dari detergen, sabun, produk body care, atau parfum -- gatal adalah reaksi umum yang dapat ditimbulkan. Menghentikan pemakaian produk dengan kandungan yang dapat menyebabkan alergi bisa membantu mengurangi rasa gatal pada payudara


    5. Eksim


    Eksim adalah kondisi kulit yang bisa menyebabkan munculnya bercak kemerahan, kering, gatal, menurut American Academy of Dermatology. Meskipun biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti belakang lutut dan lekukan siku, kondisi ini juga bisa terjadi pada area payudara. Menurut Dr. Gretchen Frieling, MD, eksim umumnya disebabkan karena ketidakmampuan kulit untuk menahan kelembapan dan bakteri baik yang membantu melindungi dari iritasi. Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang buruk, genetika, paparan lingkungan, dan stres juga bisa menjadi pemicu eksim lainnya. 


    6. Psoriasis


    Tak hanya eksim, kondisi kulit psoriasis juga bisa menyebabkan payudara gatal. Dikutip dari laman Healthline, psoriasis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan adanya plak merah dan putih bersisik pada kulit. Ini bisa muncul di mana saja -- termasuk payudara dan puting. Psoriasis yang meradang dapat menyebabkan timbulnya rasa gatal pada area kulit yang terkena. Pada payudara, psoriasis dapat menyebabkan rasa gatal pada puting atau keseluruhan payudara. 


    7. Infeksi jamur di bawah payudara


    Kebanyakan wanita selalu mengaitkan infeksi jamur dengan vagina. Padahal kenyataannya, infeksi jamur tidak hanya dapat terjadi di area vagina saja, tetapi juga dapat terjadi di area lekukan bawah payudara. Ini karena, area lekukan bawah payudara cenderung lebih mudah berkeringat dan lembap, menciptakan lingkungan yang sempurna bagi ragi untuk tumbuh, sehingga dapat menyebabkan payudara gatal.


    8. Hipotiroidisme


    Hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) terjadi ketika kelenjar tiroid tidak mampu menghasilkan cukup hormon tiroid yang diperlukan tubuh agar berfungsi dengan baik. Tiroid yang kurang aktif dapat mengakibatkan kulit menjadi kering. Sebagaimana diketahui, kulit kering bisa menyebabkan rasa gatal pada payudara. 


    9. Kehamilan dan menyusui


    Kehamilan dapat menyebabkan perubahan fisiologis payudara -- ini adalah hal yang normal -- seperti pembesaran payudara sebagai persiapan untuk masa menyusui. Ketika kulit meregang untuk mendukung payudara yang sedang bertumbuh, seringkali ini membuatnya menjadi kering, teriritasi, dan timbul rasa gatal. Dengan kata lain, perubahan fisiologis payudara selama masa kehamilan bisa menyebabkan payudara dan puting terasa gatal. 


    Selain itu, puting atau payudara gatal juga bisa terjadi pada periode awal menyusui. Berdasarkan artikel yang dipublikasikan University of Rochester Medical Center, payudara akan dipenuhi dengan air susu selama masa menyusui, yang dapat menyebabkan kulit di sekitarnya meregang dengan cepat yang bisa menyebabkan munculnya rasa gatal pada payudara. 


    Dalam kondisi ini, sebaiknya hindari untuk menggaruk payudara terlalu kasar agar tidak menimbulkan luka, yang bisa memudahkan bakteri masuk ke dalam saluran susu. Ini bisa menyebabkan infeksi payudara yang disebut mastitis. 


    10. Bisa menjadi gejala kanker


    Dalam kasus yang sangat jarang, payudara gatal juga bisa menjadi salah satu gejala jenis kanker tertentu, yaitu kanker payudara inflamasi. Ini adalah jenis kanker langka yang menyerang lapisan dermis kulit. Selain payudara terasa gatal, kanker payudara inflamasi juga ditandai dengan beberapa gejala lainnya, termasuk ruam, kulit terlihat seperti kulit jeruk, dan kulit merah meradang yang terasa panas saat disentuh. 


    Selain itu, penyakit Paget pada payudara, bentuk lain dari kanker payudara juga bisa menyebabkan payudara gatal. Penyakit Paget terjadi di puting susu kemudian menyebar ke areola, dan muncul sebagai ruam merah bersisik. 


    Saat kulit bereaksi terhadap sel kanker yang tumbuh di dalam puting, itu bisa menyebabkan payudara terasa gatal. Biasanya, rasa gatal ini hanya terjadi pada salah satu puting saja, dan disertai dengan gejala lainnya seperti kulit terkelupas atau bersisik di sekitar puting, dan keluarnya cairan kekuningan atau berdarah dari puting. Jadi, jika kamu memiliki ruam atau gatal yang tidak spesifik di satu puting dan tidak memiliki dua atau lebih gejala lainnya, kecil kemungkinan itu adalah salah satu tanda penyakit Paget pada payudara. 


    11. Menstruasi


    Selama sebelum dan/atau sesudah periode menstruasi, payudara cenderung menjadi lebih sensitif, karena adanya fluktuasi hormon. Itu bisa membuat payudara lebih rentan gatal dan iritasi. Selain itu, adanya sedikit peregangan payudara yang bisa terjadi pada saat PMS juga bisa membuat payudara terasa gatal. 






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below