Cara Self Healing Yang Bisa Kamu Coba


  • Cara Self Healing Yang Bisa Kamu Coba
    Menikmati matahari pagi sebagai self healing. (Foto: Dok. Samson Katt/Pexels)

    Dunia, merupakan tempat yang sibuk. Setiap hari selalu ada kegiatan yang mengiringinya. Orang menimba ilmu, mencari nafkah, atau hanya sekadar bertahan hidup sebagai bagian dari komunitas atau masyarakat. Mobilitas manusia sebagai salah satu makhluk hidup turut berperan dalam kemajuan dunia dan lingkungan.


    Sebagai manusia, pasti ada satu kegiatan yang dilakukan setiap harinya, entah itu di dalam tempat tinggal atau di luar. Dengan mempunyai kegiatan berarti itu membuat kita tetap sibuk. Kondisi sibuk yang pernah atau sedang dialami bisa berdampak pada orang yang meraskannya itu sendiri, karena terkadang seseorang bisa terlalu keras pada dirinya sendiri jika mengalami hal seperti kegagalan. Ini tidak baik untuk kondisi kejiwaan orang itu, dan salah satu yang dibutuhkan adalah self healing. Sebelum kita sampai pada cara self healing itu, berikut akan dijelaskan apa self healing itu sendiri.




    Self healing sendiri merujuk pada suatu proses penyembuhan yang dipimpin oleh diri kita sendiri dan seringnya dibimbing hanya oleh insting. Beberapa mengatakan bahwa self healing juga adalah penyembuhan luka batin yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Sekarang itu beralih pada cara self healing itu.


    1. Me time

    Sering menghabiskan waktu bersama orang lain adalah hal yang banyak sekali dilakukan orang. Tentu saja ini karena manusia adalah makhluk sosial yang harus bersosialisasi. Jika terlalu sering bahkan kita sampai lupa kepada diri sendiri. Kita juga membutuhkan waktu untuk diri sendiri tanpa kehadiran orang lain.

    Me time mempunyai banyak manfaat unutk diri kita. Jika sedang mengalami stres, kita bisa melakukan kegiatan yang kita sukai untuk membuat fikiran kita lebih rileks. Me time pun menjadi saat-saat dimana orang membutuhkan kenyamanan dari apa yang sedang dihadapinya. Jika kenyamanan dengan diri sendiri ditemukan, ke depannya luka apa pun yang kita punya bisa berangsur-angsur sembuh.


    cara self healing

    (Berendam adalah salah satu cara menikmati me time. Foto: Dok. RODNAE Productions/Pexels)


    2. Kontemplasi atau merenung

    Kontemplasi atau merenung adalah salah satu cara dalam memahami diri kita sendiri. Kita berusaha mencari tahu apa hal baik atau salah yang telah dilakukan oleh kita. Kontemplasi ini pun akan membuat kita agar berbicara kepada diri sendiri apa yang dirasakan.


    Selain kepada diri sendiri, inilah waktu dimana kita juga berbicara pada Tuhan. Kontemplasi yang menghasilkan perasaan yang ingin kita sampaikan secara jujur dan terbuka. Jujur kepada diri sendiri akan melatih kita untuk tidak ragu dalam mempunyai perasaan. Jika kita sudah mengakui adanya perasaan atau luka itu, proses healing akan mulai terjadi.


    cara self healing

    (Merenung sebagai salah satu cara self healing. Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels)

    3. Journaling

    Cara lainnya dalam melakukan self healing adalah journaling. Journaling adalah kegiatan dimana kita bisa menumpahkan perasaan atau melampiaskan apa yang kita rasakan lewat tulisan. Sebagian orang terkadang merasa bahwa suatu perkataan lebih baik disimpan dan tidak dikatakan walaupun ingin sekali untuk disampaikan. Well, kita bisa menuliskan hal itu juga dalam jurnal atau buku catatan. 


    Journaling bisa memberikan perasaan lega karena kegiatan menulis bagi sebagian orang adalah cara untuk me-release luka, kebimbangan, atau apa pun yang dirasakan walaupun hanya lewat tulisan.


    Kita juga bisa menuliskan kegiatan yang terjadi pada hari tertentu ke dalam tulisan yang tentunya kita tidak perlu khawatir akan jadi seperti apa hasilnya. Sebab journaling bisa dibilang sebagai diary, yang membebaskan diri kita untuk bercerita tentang diri sepenuhnya atau pun di sekeliling. 


    (Baca Juga: Journaling Guide: Cara Mudah Mengubah Hidup Lebih Sehat)


    4. Olahraga


    Tidak awam lagi bahwa tubuh memang berhubungan dengan jiwa kita. Berolahraga adalah cara yang mudah untuk dicoba dalam self healing karena dengan berolahraga tubuh kita akan menghasilkan hormon endorfin.


    Hormon endorfin memiliki peran untuk menghilangkan stres dan rasa sakit pada tubuh manusia. Tentunya ini akan menggantikan emosi negatif yang kita rasakan. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk berolahraga walaupun ringan dan sebentar setiap harinya.


    (Baca Juga: Rintik Sedu & Akun Kata Bijak Yang Cocok Untuk Self Healing)


    Nah, itu dia beberapa cara self healing yang bisa menjadi referensi. Semua orang pasti pernah mempunyai luka, dan tidak ingin membiarkan itu berlarut, maka dari itu self healing bisa menjadi sesuatu yang kita coba. Kita juga bisa berpaling pada orang yang kita percaya ataupun pada tenaga profesional jika merasa tidak mampu. Stay happy and sane!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below