Journaling Guide: Cara Mudah Mengubah Hidup Lebih Sehat


  • Journaling Guide: Cara Mudah Mengubah Hidup Lebih Sehat
    Menulis bisa jadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk self-healing(Foto:Dok.Pixabay/Pexels)


    Tahukah Anda bahwa nama-nama besar seperti Oprah Winfrey dan Frida Kahlo rutin menulis di jurnal? Penelitian menunjukkan bahwa journaling, atau kegiatan menulis di jurnal, bisa meningkatkan kreativitas, rasa percaya diri, dan mindfulness. Journaling bahkan dikaitkan dengan tingkat IQ yang tinggi sekaligus kemampuannya untuk meredakan stres. It’s definitely worth to try.

    (Baca Juga: Cara Menuliskan Surat Cinta Saat LDR)




    Manfaat yang didapat saat menulis jurnal



    (Manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan journaling. Foto: Dok. Negative Space/Pexels)

    Meski terlihat seperti kegiatan biasa, journaling bisa jadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Ada banyak jenis jurnal yang bisa ditemukan, misalnya doodle journal, gratitude journal hingga bullet journal, namun semuanya punya tujuan yang sama. Bahkan journaling bisa digunakan sebagai alat terapi.

    Content creator, Andra Alodita, juga tengah gemar menulis di jurnal. “Manfaatnya tentu untuk self-healing, membantu kita belajar tentang diri sendiri dan menemukan solusi. Saat kita dilanda masalah, kita bisa saja menemukan solusi dalam keadaan tenang. Bagi saya, journaling sangat membantu dalam hal seperti ini,” ujarnya.


    Yang dibutuhkan untuk menulis



    (Barang yang dibutuhkan untuk memulai menulis. Foto: Dok. Plush Design/Pexels)

    Selain kreativitas dan tekad kuat untuk menulis, kamu memerlukan buku yang sesuai dengan tipe journaling yang diinginkan. Misalnya dotted notes untuk bullet journal, buku berhalaman polos untuk doodle journal, dan buku bergaris untuk gratitude journal.

    Namun, ini bukan hal pakem yang harus diikuti karena tujuan utama journaling adalah bebas berekspresi. Selain buku, siapkan alat tulis yang bervariasi agar lebih mudah berkreasi, seperti pulpen, penggaris, drawing pen, penghapus, colour pencil, dan stabilo.

    (Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Bosan Di Pesawat)


    Cara memulainya



    (Melihat waktu yang pas untuk memulai journaling. Foto: Dok.Mike/Pexels)

    Menurut Andra Alodita, membangun niat adalah hal dasar yang dapat mendorong diri untuk memulai journaling. "Dalam memulai, harus niat walau sedikit. Kalau sudah dilakukan pasti akan jadi kebiasaan. Paling mudah cerita soal kebiasaan hari ini atau tulis 10 hal yang disyukuri." Kalau kamu telah memilikinya, berikut cara yang mudah untuk memulai untuk gemar menulis di jurnal.


    1. Mulai dengan semangat

    Luangkan waktu lima menit setiap pagi atau sebelum tidur. Tulis apa saja untuk memulai hari atau sekadar menghilangkan rasa penat pada malam hari. Kamu akan merasa lebih semangat karena melihat kalimat-kalimat positif yang dibuat sendiri.


    2. Temukan spot yang tepat

    Menulis di meja makan, di sofa, di tempat tidur, atau di mana saja selama kamu merasa nyaman. Dengan menulis di tempat yang sama setiap hari, kamu akan lebih terbiasa dengan rutinitas baru ini sehingga akan lebih mudah untuk dilakukan.


    3. Jangan terlalu banyak berpikir

    Journaling is about self-expression! Utarakan semua isi hati dan pikiran dalam tulisan atau gambar. Tak perlu khawatir karena kamu tak perlu artikulasi tinggi. Temukan rasa nyaman, tarik napas, rileks, dan menulislah. Tak ada topik yang ‘membosankan’.

    Setelah mengerti hal-hal yang harus disiapkan untuk memulai journaling, kini waktunya kamu untuk mencoba langsung. Ikuti tantangan dari her world untuk bulan ini. Jangan lupa bagikan hasilnya ke akun Instagram @herworldindonesia dan share juga pengalamanmu selama journaling.

    (Baca Juga: 8 Cara Mudah Meningkatkan Karier Di Tempat Kerja)






    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA. ILUSTRASI: STEPHANIE TANGGARA)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below