Wajib Tahu, 6 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut


  • Wajib Tahu, 6 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut
    Cara Cepat Menumbuhkan Rambut (Foto : Dok. Cottonbro/ Pexels)

    Rambut adalah mahkota bagi setiap kaum hawa, potongan hingga kesehatan rambut menjadi penentu yang kamu harus perhatikan dalam memelihara rambutmu. Nyatanya, kurang tidur, stress, penuaan mampu menyebabkan kerontokan rambut berlebih. Berikut cara cepat menumbuhkan rambut agar penampilanmu semakin menarik.

    Minyak Kemiri

    Pemicu pertumbuhan rambut yang baik adalah kemiri. Kemiri memiliki kandungan Vitamin yang tinggi yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan rambut. Kandungan fosfor dan kalsium pada minyak kemiri juga baik untuk menutrisi rambut dan memperkuat rambut hingga ke akarnya. Cara pengaplikasiannya adalah dengan menumbuk halus lima butir kemiri, lalu direbus sampai keluar minyak dari kemiri tersebut dan angkat. Ratakan minyak kemiri yang didapat pada kulit kepala, diamkan selama dua jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan hal ini di malam hari atau ketika kamu selesai bekerja agar mendapat sensasi rileksasi.

    Minyak Zaitun

    Cara Cepat Menumbuhkan Rambut



    (Kenali 6 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut. Foto : Dok. Pixabay/ Pexels)

    Minyak zaitun merupakan bahan alami lainnya yang dapat menumbuhkan rambut dengan cepat. Kandungan antioksidan dari minyak zaitun mampu meremajakan dan memperbaiki sel-sel rambut yang rusak. Cara mengaplikasikan minyak zaitun yaitu dengan mengolesinya setelah keramas, diamkan hingga beberapa menit, kemudian bilas kembali hingga bersih.

    Kamu juga dapat mencampurkan minyak zaitun dan madu untuk perawatan rambut yang optimal. Madu mengandung pinocembrin yang penting bagi kesehatan rambut, selain itu bahan ini lebih aman digunakan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau perawatan untuk anak-anak dan bayi. Pengaplikasiannya dapat dilakukan dengan mencampur madu dan minyak zaitun 1:1, banyaknya bisa menyesuaikan kelebatan atau panjang rambutmu. Aduk campuran madu dan minyak zaitun hingga tercampur merata lalu oleskan pada kulit kepala.


    (Baca Juga : 6 Rekomendasi Produk Hair Oil Terbaik Untuk Rambut Rontok)


    Cuka Apel

    Cara Cepat Menumbuhkan Rambut

    (Kenali 6 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut. Foto : Dok. Any Lane/ Pexels)


    Bahan alami lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menutrisi rambutmu adalah cuka apel. Kandungan cuka apel menjaga kestabilan pH kulit kepala. Hal ini penting karena sisa perawatan rambut yang menempel pada kulit kepalamu cenderung basa, dengan kandungan asam pada cuka apel dapat menetralkan dan memperbaiki rambut kusam dan rontok. Tidak hanya untuk perawatan rambut, ternyata cuka apel dapat membantu mengurangi jerawat pada wajah.

    Selain kandungan asam, kandungan procyanin B-2 pada cuka apel dapat bermanfaat dalam perawatan rambut. Procyanin B-2 berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan rambut dan jenggot. Perawatan dengan cuka apel ini dapat kamu aplikasikan di rumah dengan cara sederhana seperti, siapkan 2 buah apel, blender hingga menjadi halus, dan oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat supaya menyerap dengan sempurna. Lalu, bilas rambut hingga bersih dengan shampoo.

    Meningkatkan Asupan Protein

    Cara menumbuhkan rambut lainnya adalah mengonsumsi makanan berprotein, seperti telur, kacang-kacangan, hingga yoghurt. Protein mengandung keratin yang berperan penting sebagai dasar pembentukan lapisan kulit dan penyusunan kuku. Jika konsumsi protein menurun, akibatnya rambut tidak ternutrisi dengan baik, yang mengakibatkan rambut menjadi kusam, rapuh, dan rontok. Protein tidak hanya membantu menumbuhkan rambut, namun mengurangi produksi ketombe yang mengganggu penampilanmu.

    Potong Rambut

    Cara Cepat Menumbuhkan Rambut

    (Kenali 6 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut. Foto : Dok. Cottonbro/ Pexels)

    Potong rambut merupakan cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk menumbuhkan rambut. Kebiasaan memotong ujung rambut yang bercabang dan rusak menjadi langkahmu menjaga rambut tetap sehat. Pasalnya, hal ini justru dapat merangsang pertumbuhan rambut, karena jika terus dibiarkan bisa jadi rambutmu menjadi kusam dan rontok yang berlebih.

    Bagi kamu yang berambut panjang, cukup potong ujung rambutmu setiap 10-12 minggu sekali, namun bagi kamu yang sering mencatok rambut, lebih baik untuk memotong ujung rambutmu setiap 6-8 minggu sekali. Jangan lupa jaga asupan makan, perbanyak minum air putih, dan hindari sinar matahari langsung ke kulit kepalamu untuk merawat rambutmu agar tetap sehat dan berkilau.


    (Baca Juga : 5 Rekomendasi Hair Oil untuk Rambut Kering dan Mengembang)


    Tonic

    Cara Cepat Menumbuhkan Rambut(Kenali 6 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut. Foto : Dok. Shvets/ Pexels)

    Bagi kamu yang anti-anti ribet, pemakaian produk hair tonic sebagai perawatan rambut dapat kamu coba. Beragam manfaat dapat kamu dapatkan dari penggunaan hair tonic, tidak hanya menyuburkan rambut, produk ini juga berfungsi untuk memperkuat akar rambut, menutrisi kulit kepala, membuat rambut berkilau, dan mengurangi ketombe. Cara pengaplikasiannya cukup mudah yaitu dengan menuangkan sedikit tonic pada telapak tangan, lalu mengusapnya ke kulit kepala hingga menyerap. Ketahuilah tipe rambut dan kebutuhanmu dalam memilih hair tonic yang sesuai dengan kebutuhanmu.


    Berikut beberapa cara cepat menumbuhkan rambutmu agar rambut makin berkilau, ternutrisi, dan sehat.


    (Penulis : Fathya Jeehan)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below