Cara Membuat Pancake Sederhana


  • Cara Membuat Pancake Sederhana
    Pancake cocok ditemani dengan teh, (Foto: Dok. Iona Motoc/Pexels)

    Apakah kamu salah satu orang yang sangat menyukai makanan manis? Bahkan, kamu mungkin lebih menyukai makanan manis untuk dimakan sebagai asupan utama dibanding makanan yang biasa dijadikan menu utama itu sendiri. Jika iya, tentunya kamu terbilang sudah banyak mencoba berbagai makanan manis. Dari cemilan sampai makanan berat. Dan tentunya tidak melewatkan yang satu ini, pancake.


    Pancake adalah salah satu makanan yang terbilang gampang untuk dibuat. Selain gampang, pancake juga mudah untuk dikreasikan. Tapi, pembahasan di bawah akan membantu kamu yang kebingungan untuk cara membuat pancake sederhana saja. Makanan yang bisa dibuat dengan cara yang sederhana seperti pancake ini bukan berarti rasanya jadi tidak enak loh.




    Namun sebelumnya, kamu bisa mengetahui sedikit info tentang pancake ini. Pancake adalah kue datar yang bulat dan tipis. Meski begitu, ada juga pancake yang lebih tebal dan padat, tetapi juga empuk. Banyak yang mengatakan bahwa kemungkinan pancake sudah dimakan oleh masyarakat di era prasejarah. Pancake biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan. Namun, makanan ini juga bisa dimakan sebagai makanan pencuci mulut.


    (Baca Juga: Cara Membuat Pancake Dari Pisang dan Telur Saja)


    Layaknya membuat makanan yang lain, kamu akan membutuhkan dan perlu untuk menyiapkan bahan dan alat. Kamu membutuhkan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder, telur, susu cair, mentega, dan sirup maple untuk topping.


    Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah wadah, pengocok telur, teflon, spatula, dan gelas takar. Selanjutnya, kamu bisa mulai untuk membuat pancake sederhana tersebut.


    cara membuat pancake sederhana

    (Adonan basah untuk pancake disebut juga batter. Foto: Dok. Vlada Karpovich/Pexels)


    Pertama-tama, kamu perlu membuat dua adonan terpisah, yaitu adonan kering dan basah. Untuk adonan kering, kamu campurkan 100 gram tepung terigu, dua sendok makan gula pasir, garam secukupnya, dan satu sendok teh ke dalam wadah. Aduk sampai merata.

    Sedangkan untuk adonan basah, kamu campurkan satu telur dan 100 ml susu cair yang sudah ditakar dengan gelas ke dalam wadah. Aduk hingga merata menggunakan pengocok telur. Setelah itu, campurkan mentega cair yang sudah dilelehkan ke dalam adonan yang sama. Aduk lagi hingga semua tercampur rata.


    Setelah kedua adonan siap, kamu akan mencampurnya. Kamu campurkan adonan basah ke dalam adonan kering. Aduk semuanya hingga tercampur dengan baik. Siapkan teflon dan spatula. Panaskan teflon dengan sedikit mentega.


    Tuang adonan ke dalam teflon menggunakan takaran 1 sendok sayur atau bisa sesuai selera. Diamkan selama beberapa menit sampai ada gelembung di permukaan atas. Setelah itu, balik pancake secara perlahan dan diamkan lagi hingga warna yang mengindikasikan bahwa pancake sudah matang. Masak hingga kedua sisi pancake matang. Setelah itu, angkat dan hidangkan di piring saji. Kamu bisa memasak lebih dari satu pancake, sesuaikan saja dengan seleramu.


    cara membuat pancake sederhana

    (Sirup maple sebagai salah satu topping pancake. Foto: Dok. Eva Elijaz/Pexels)


    Pancake yang telah matang tentunya lebih enak jika dihidangkan dengan topping. Kamu bisa menambahkannya dengan sirup maple secukupnya agar tidak terlalu manis, karena rasa dari sirup maple ini sendiri sudah manis. Namun, tidak perlu selalu sirup maple untuk kamu yang tidak mempunyainya atau tidak suka. Disinilah kamu bisa berkreasi. Kamu bisa mengganti topping dengan rasa es krim preferensimu, atau gula halus untuk kamu yang ingin lebih simpel, dan juga buah-buahan seperti berries atau pisang untuk kamu yang ingin lebih sehat. Setelah disajikan dengan topping pilihan, pancake siap untuk disantap!


    Tentunya cara di atas adalah cara sederhana dalam membuat pancake dengan meracik bahan. Namun, ada lagi cara yang lebih sederhana untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu.


    Terdapat banyak tepung premix pancake atau yang biasa disebut dengan pancake mix di pasaran. Kamu hanya perlu membelinya, dan menyiapkan 2 telur serta air. Cara memasaknya jauh lebih mudah. Kamu cukup campurkan tepung tersebut dengan telur dan air tetapi jangan membuatnya terlalu encer. Lalu kamu masak di teflon dengan cara yang sama hingga matang. Setelahnya, kamu bisa juga langsung menikmatinya atau berkreasi dengan menggunakan topping.


    (Baca Juga: Cara Membuar Sirup Maple Sendiri)


    Nah, itulah cara membuat pancake sederhana untuk kamu yang baru mau mencoba membuat pancake, atau ingin mencoba cara yang lebih sederhana dari yang kamu biasa lakukan selama ini. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below