Tanda-Tanda Stress Yang Biasa Dialami


  • Tanda-Tanda Stress Yang Biasa Dialami
    Seorang wanita sedang mengalami stress karena pekerjaan. (Foto: Dok. Energepic.com/Pexels)

    Masa kecil adalah masa yang menurut kebanyakan orang paling membahagiakan. Ketika kita bisa menjadi diri sendiri, bermain, tidak disibukkan dengan berbagai kegiatan yang serius, dan pada dasarnya adalah masa-masa carefree. Menjadi anak kecil memang seharusnya seperti itu, bahagia dan riang. Namun, ada juga beberapa orang yang memiliki masa kecil yang tidak indah dalam hidupnya, sehingga telah mengenal stress sejak kecil.


    Stress adalah suatu keadaan dimana hal atau masalah yang sedang dihadapi oleh seseorang membuat orang tersebut merasakan kewalahan. Tingkatan stress yang dapat terjadi bisa beragam, mulai dari ringan sampai berat. Jika seseorang mengalami stress berat, hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang mungkin berbahaya bagi dirinya sendiri. Meski begitu, tidak ada seorang pun yang tidak pernah mengalaminya, karena stress adalah sesuatu yang wajar dan reaksi normal manusia terhadap sesuatu. Tanda-tanda stress pun bisa kita kenali.




    Stress dapat dipicu oleh banyak hal. Dengan berbagai penyebabnya, mulai dari situasi yang membuat diri tertekan atau hidup yang jauh dari kata pasti, responnya juga seperti tubuh yang menjadi sakit karena lemahnya imun sistem (fisik), atau pun kesedihan yang membuat kita tidak bersemangat (mental). Untuk itu, penting untuk mengenali tanda-tanda stress yang bisa terjadi dalam kondisimu, penasaran apa saja? Simak deretan di bawah ini ya!



    1. Terlalu emosional

    tanda-tanda stress

    (Terlalu emosional adalah salah satu tanda orang sedang mengalami stress. Foto: Dok. Diva Plavalaguna/Pexels)


    Banyak orang yang tidak menyadari tanda stress yang satu ini. Seringkali dianggap sebagai sesuatu yang wajar, karena banyak orang yang mengalami stress memang menjadi emosional. Padahal, ini adalah salah satu tanda dari stress sendiri. Hal ini sebaiknya jangan dibiarkan karena bisa menjadi gangguan yang berkepanjangan. Kondisi ini juga rentan terjadi karena beban stress yang sedang dialami oleh orang tersebut tidak bisa dibagi kepada orang lain sehingga terlalu berlebih yang ditanggung sendiri.


    2. Mood swing


    Tidak jauh berbeda dengan emosional, saat mengalami mood swing, kamu kerap merasakan berbagai macam mood. Satu waktu bisa merasa sangat bahagia; puas; dan damai, satu waktu lainnya merasakan kemarahan yang sangat besar atau cepat marah, bahkan hingga ke depresi itu sendiri. Mood swing pada dasarnya adalah emosi yang kita rasakan berfluktuasi secara intens dan cepat.


    3. Kehilangan arah


    Kehilangan arah yang dimaksud disini bukan saat kita sedang mencari jalan. Namun, lebih kepada arah hidup seseorang. Seorang individu tentunya haruslah mempunyai arah dalam hidup. Saat kita sebelumnya merasakan kehidupan normal seperti biasanya, lalu tiba-tiba merasa kehilangan arah dalam hidup, itu bisa menjadi salah satu tanda dari stress. Kita bisa jadi merasa tidak bersemangat dalam menjalani hari-hari walaupun tetap sadar akan adanya arah atau tujuan hidup kita. Jika kamu pernah mengalaminya, pada saat itu kamu bisa tergolong sedang merasakan stress.


    (Baca Juga: Hati-hati! Inilah Tanda Stres Yang Timbul Pada Kulit Wajahmu)


    4. Merasa cemas


    Kecemasan adalah perasaan yang tidak disukai oleh semua orang. Kecemasan umumnya berasal dari perasaan takut. Kecemasan bisa juga dirasakan karena merasa kewalahan itu sendiri. Karena ketakutan dan kewalahan tersebut dikelola sendiri, kedua hal itu dapat berubah menjadi stess. Untuk itu, kita perlu peka terhadap diri sendiri saat merasakan cemas yang dinilai berlebihan. Saat kita merasakan perasaan ini, tidak ada salahnya untuk berpaling pada orang lain untuk sekedar berbagi beban stress yang sedang dirasakan.


    5. Tidak bisa merasa rileks


    Merasa rileks tentunya adalah hal yang kita perlukan setiap harinya. Namun, di saat seseorang tidak bisa merasakan ini meskipun dalam keadaan yang tenang, itu merupakan salah satu tanda stress yang dialaminya. Saat memiliki beberapa tanggung jawab contohnya, tidak jarang hal itu bisa menjadi sumber kekhawatiran seseorang. Ketika terus teringat akan hal itu, orang tersebut menjadi tidak bisa merasa rileks dan stress.


    (Baca Juga: Awas Depresi, Ini Tanda-Tandanya)


    Tanda stress pada umum dan dasarnya memang berbeda-beda pada setiap orang. Hal tersebut tergantung pada penyebab dan kebiasaan yang berbeda juga. Cara orang dalam menanggulangi stress yang dialami juga berbeda. Jika kita merasa tidak bisa meng handle stress itu sendiri, cobalah untuk membaginya kepada orang lain, atau pun mencari tahu cara terbaik menanggulanginya yang cocok untuk diri kita. Sebab, satu cara yang berhasil untuk seseorang belum tentu akan berhasil pada diri kita. Jadi, temukanlah yang cocok dengan mengenal tanda-tanda stress dalam dirimu.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below