Hati-hati! Inilah Tanda Stres Yang Timbul Pada Kulit Wajahmu


  • Hati-hati! Inilah Tanda Stres Yang Timbul Pada Kulit Wajahmu
    Berbagai tanda stres yang timbul pada kulit wajahmu untuk kamu ketahui. (Foto: Dok. /Freepik)

    Stres bisa muncul jika kamu memikirkan suatu hal secara berlebihan. Dilansir dari Healthline, jika menjadi kronis, hal ini bisa memberikan dampak yang cukup serius pada kesehatanmu seperti meninggalkan masalah pada wajah seperti kulit kering, keriput hingga jerawat.

    Perlu kamu ketahui, bahwa stres kronis dapat terlihat di wajahmu melalui dua cara yakni hormon yang dilepaskan tubuh saat kamu merasa stres sehingga menyebabkan perubahan fisiologis yang berdampak negatif pada kulitmu. Lalu, yang kedua yaitu menyebabkan kebiasaan buruk seperti menggertakan gigi atau menggigit bibir. Namun, kulit juga perlu diperhatikan jangan sampai stres dapat menerjang kulit wajahmu. Nah, yuk kenali tanda-tanda stres yang timbul pada kulit wajahmu. Berikut ulasannya.




    (Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah Dengan Bahan Alami)


    Jerawat

    Salah satu tanda stres yang daapt timbul pada kulit wajahmu yaitu jerawat (Dok. Freepik)

    Tidak asing lagi bukan? jerawat memang salah satu penyebab stres yang paling umum terjadi. Tubuhmu akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang menyebabkan bagian otak kamu dikenal sebagai hipotalamus yang menghasilkan hormon corticotrophin-releasing (CRH). Hormon ini dianggap merangsang pelepasan minyak dari kelenjar sebaceous. Maka dari itu, kulitmu akan memproduksi minyak yang berlebihan dan dapat menyumbat pori-porimu hingga timbulnya jerawat.


    (Baca Juga: 5 Tanda Kulit Sehat yang Wajib Kamu Ketahui)


    Kantung Mata

    Kantung mata bisa muncul jika kamu mengalami stres karena hal ini merupakan salah satu tanda stres yang timbul pada wajahmu (Dok. Freepik)

    Selain jerawat, stres juga dapat menyebabkan kantung mata yang kendur dan bengkak di bawah kelopak matamu. Kulit yang kendur biasanya disebabkan oleh hilangnya elastisitas. Kantung matamu akan berbentuk jika kamu tidak tidur dengan waktu yang cukup.


    Kulit Kering

    Berhati-hatilah bahwa stres dapat membuat kulitmu semakin kering. Kamu perlu mengonsumsi air putih di setiap hari agar kulitmu semakin terdehidrasi. Perlu kamu ketahui, bahwa lapisan luar pada kulitmu dapat disebut stratum corneum yang mengandung protein dan lipid yang juga memiliki peran penting dalam menjaga sel kulit mati.


    Ruam

    Sistem kekebalanmu akan terus berkurang jika kamu mengalami stres yang berlebihan. Lemahnya sistem kekebalan tubuhmu dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada bakteri di usus. Kenapa? Hal ini dikarenakan bahwa ketidaksembangan pada kulitmu dapat menyebabkan kemerahan atau ruam seperti psoriasis, eksim dan dermatitis kontak.


    Keriput

    Kulitmu akan mengalami pembentukan keriput akibat stres yang kamu alami. Hal ini dapat terjadi jika kamu terus mengerut alismu dengan berulang kali sehingga dapat menyebabkan kerutan.


    Inilah 5 tanda stres yang timbul pada kulit wajahmu yang perlu kamu ketahui agar kamu dapat terus menjalani aktivitas dengan baik. Lalu, penampilanmu juga tidak akan terganggu!


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below