Ini 4 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami


  • Ini 4 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami
    Mencerahkan wajah secara alami menggunakan bahan-bahan alami. (Foto: Dok. Mart Production/Pexels)

    Wajah yang gelap dan kusam terkadang menjadi sesuatu yang orang ingin atasi. Tak peduli apakah mereka memang mempunyai tone warna kulit seperti itu, mereka tetap ingin mempunyai wajah yang lebih cerah. Hal ini rupanya umum dirasakan oleh orang Asia, termasuk Indonesia. Namun, gelap atau cerahnya kulit juga adalah sesuatu yang subjektif. Tak jarang, kulit yang gelap menumbuhkan ketidak percayaan terhadap diri sendiri.


    Saat merasa kurang percaya diri, mungkin sebagian dari kamu akan berusaha untuk melakukan apapun demi mengatasi masalah yang membuatmu merasa seperti itu. Masalah kulit yang gelap dan kusam, contohnya. Sebagai wanita, kamu ingin terus merasa cantik dan enak dipandang. Meski banyak juga wanita yang mencintai warna kulit gelapnya, kamu ingin tampil dengan kulit yang cerah. Untuk kamu yang sedang berusaha, temukan cara mencerahkan wajah secara alami di bawah ini agar bisa membantu.




    1. Jeruk nipis

    cara mencerahkan wajah secara alami

    (Mencerahkan wajah bisa dengan jeruk nipis. Foto: Dok. Lars H Knudsen/Pexels)


    Jeruk nipis, seperti jeruk lainnya adalah buah yang memiliki kandungan kaya vitamin C. Vitamin C memang dikenal dengan fungsinya dalam mencerahkan wajah sehingga banyak digunakan dalam produk kecantikan. Selain dapat mencerahkan wajah secara alami, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga bisa menangkal radikal bebas.


    Kamu cukup siapkan beberapa jeruk nipis. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu, oleskan permukaan tengah jeruk nipis ke wajah kamu. Tekan jeruk nipis tersebut agar cairannya keluar, lalu balurkan cairannya secara merata ke wajah. Jangan sampai cairan tersebut mengenai kedua matamu ya. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajahmu dengan air biasa. Lakukan ini secara rutin.


    2. Kunyit

    Kunyit juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan wajah. Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang dapat membuat kulit wajah lebih bersih, bersinar, dan tampak bercahaya. Selain fungsinya itu, kunyit juga merupakan bahan yang menyehatkan untuk kulit karena bisa memperbaiki kulit yang bermasalah dan menghilangkan flek hitam.


    Siapkan kunyit sebanyak dua sendok makan. Siapkan juga susu serta lemon yang airnya sudah diperas. Aduk hingga merata, lalu oleskan campuran tersebut ke kulit wajah kamu. Diamkan hingga mengering agar bisa terserap dengan baik. Setelah itu, barulah bilas wajah kamu sampai bersih kembali.


    (Baca Juga: Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah)


    3. Lemon

    Jika jeruk nipis kaya akan vitamin C dan kunyit memiliki kandungan antioksidan, lemon memiliki kedua kandungan tersebut. Selain dua kandungan tersebut, lemon juga memiliki kandungan asam sitrat sebagai bahan pemutihan alami. Sifat pemutih ini mampu membantu membersihkan dan mencerahkan kulit kamu.


    Layaknya jeruk nipis, kamu bisa menggunakan perasannya. Peras buah lemon tersebut sampai setidaknya sebanyak dua sendok makan. Kamu bebas untuk tidak menyampurnya sama sekali, atau mencampurnya dengan air. Setelah itu, oleskan cairan tersebut ke seluruh wajahmu bahkan bisa juga sampai ke leher. Diamkan selama 15-20 menit. Langkah terakhir adalah membilasnya sampai bersih munggunakan air hangat.


    4. Alpukat

    cara mencerahkan wajah secara alami

    (Mencerahkan wajah kusam pun bisa dengan masker buah alpukat. Foto: Dok. Thought Catalog/Pexels)


    Buah alpukat memiliki kandungan vitamin C dan E yang tentu saja fungsinya dapat mencerahkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Selain vitamin, alpukat juga dapat mengatasi kulit kering dengan cara melembapkan. Kandungan untuk fungsi tersebut adalah asam lemak omega 3 dan 6. Kulit cerah dan lembap tentunya adalah idaman wanita.


    Kamu bisa haluskan di blender setidaknya seperempat dari buah alpukat. Kamu pun bebas untuk mencampurnya dengan madu dan yogurt. Setelah alpukat halus, kamu bisa tambahkan madu dan yoghurt sebanyak satu sendok teh dan dua sendok teh. Campur hingga merata, lalu aplikasikan masker alami ini ke wajahmu. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajahmu setelahnya dengan menggunakan air hangat.


    (Baca Juga: Cara Mencerahkan Wajah dengan Rangkaian L'Occitane)


    Pada umumnya, bahan-bahan ini adalah bahan alami sehingga relatif aman bagi kamu yang sedang mencari cara untuk mencerahkan wajah secara alami.  . Namun, perlu diperhatikan penggunaannya pada kulit sensitif. Cobalah untuk aplikasikan bahan ini sebelumnya pada tanganmu selama 24 jam untuk melihat apakah akan timbul alergi atau bereaksi. Jika tidak, kamu dapat menggunakannya untuk wajahmu. Jika alergi atau yang lainnya, lebih baik gunakan bahan yang lain atau jika ingin menggunakan produk di pasaran, ingatlah untuk selalu membeli yang telah terverifikasi aman. Selamat mencoba!


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below