Beginilah Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami Yang Ampuh


  • Beginilah Cara Mencerahkan Kulit Secara Alami Yang Ampuh
    8 bahan alami ini dapat kamu jadikan alternatif untuk mencerahkan kulit (Foto: Dok. pexels/anna shvets)

    Ingin mendapatkan kulit wajah yang flawless? Kulit yang cerah dan mulus adalah sebuah impian bagi kebanyakan wanita. Meskipun kamu mungkin tidak dilahirkan dengan kulit yang sempurna, tetapi kamu bisa menghadirkan kulit yang cerah dengan menggunakan produk kecantikan seperti lotion atau krim wajah.


    Namun, terkadang sederet produk kecantikan tersebut kurang cocok pada kulit yang cenderung sensitif terhadap ramuan berbahan kimia yang dapat membahayakan kulitmu. Tak perlu khawatir karena ada berbagi macam bahan alami yang bisa kamu jadikan alternatif untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya. Berikut cara kamu bisa mencerahkan kulit secara alami.




    (Masker wajah alami. Foto: Dok. pexels/ivan samkov)


    (Baca Juga: Begini 4 Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah)


    1. Tomat

    Tomat bisa menjadi bahan alami terbaik jika kamu menginginkan perawatan pencerah kulit. Mengandung lycopene yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu mengurangi sun tan secara instan, tomat juga dapat menyembuhkan jerawat, lho. Untuk cara pengaplikasiannya, campurkan tomat dengan sedikit jus lemon, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Kamu dapat menggunakan masker ini setiap hari sebelum mandi untuk mendapatkan kulit yang cerah.


    2. Lemon

    Untuk mencerahkan kulit, lemon adalah bahan alami yang telah terbukti paling efektif. Lemon diklaim dapat membantu mengurangi bintik hitam pada kulit. Kamu hanya perlu memotong lemon menjadi dua dan oleskan ke kulit. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air dingin. Tetapi ingat, jangan sampai wajah kamu terpapar sinar matahari setelah menggunakan lemon pada kulit karena dapat membahayakan kulit wajah.


    3. Kuyit

    Kunyit juga salah satu bahan alami terbaik yang bekerja secara magis untuk kulit mencerahkan kulit. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan tiga sendok teh air jeruk nipis dan oleskan ke seluruh kulit kamu seperti masker. Diamkan masker ini selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas. Jangan kaget jika kulit kamu akan akan tampak sedikit kuning setelah perawatan ini, ya!


    4. Susu

    Susu tidak hanya baik sebagai pembersih wajah tetapi juga bekerja secara optimal untuk mencerahkan kulit. Siapkan masker susu dengan mencampur satu sendok teh susu dan satu sendok teh madu, lalu oleskan ke seluruh wajah dan pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Sebaiknya gunakan susu full fat untuk menutrisi dan melembapkan kulit kamu.


    5. Rose Water

    Selain mampu mencerahkan kulit, air mawar juga dapat membuat kulit kamu lebih lembut, kenyal dan mengencangkan pori-pori pada saat yang bersamaan. Terlebih lagi, air mawar dapat membantu menenangkan kulit yang sedang teriritasi. Cara pengaplikasiannya mudah saja, kamu bisa menggunakan kapas dengan mengoleskan ke kulit seperti toner atau menyemprotkannya ke wajah ala face mist.


    6. Telur

    Kamu juga dapat membuat masker DIY yang baik dengan menggunakan sebuah telur. Kocok telur hingga menjadi fluffy lalu oleskan pada wajah menggunakan brush. Tunggu hingga masker benar-benar kering pada wajah lalu bilas dengan air dingin. Jika kamu tidak dapat mentolerir bau telur yang menyengat, kamu bisa menambahkan sedikit jus lemon atau lavender untuk mengurangi aroma telurnya.


    7. Pepaya

    Tak hanya dipercaya dapat mencerahkan kulit, masker pepaya juga dapat membantu eksfoliasi kulit, sekaligus menutrisi kulit amu dengan vitamin C. Untuk membuat masker pepaya ini, kupas dan iris pepaya, lalu blender hingga menjadi adonan yang halus untuk dioleskan sebagai masker wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.


    8. Oatmeal

    Oatmeal merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru dan memperbaiki warna kulit. Kandungan di dalam oatmeal juga berfungsi untuk exfoliating, membuat kulit lebih lembut dan kenyal. Campurankan oatmeal dan jus tomat, lalu oleskan ke kulit dan biarkan masker ini selama 20 menit. Sebelum membilasnya dengan air dingin, kamu bisa menggosok secara gentle masker ini untuk menarik sel kulit mati dari wajah.


    (Baca Juga: Ini 6 Rekomendasi Moisturizer Untuk Kulit Kombinasi)


    Inilah sederet cara kamu bisa mencerahkan kulit secara alami. Silahkan mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Alyssa Daguise Cover Desember 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below