Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching


  • Cara Mewarnai Rambut Tanpa Bleaching
    Dua warna rambut. (Foto: Dok. Fillvlad/Pexels)

    Perasaan bosan kadang kita rasakan dengan rambutmu. Tidak jarang saat kita baru saja memotong rambut, kita sudah merasa ingin mengganti lagi model rambut kita. Bahkan, setelah kita selesai menggantinya lagi, kita terkadang menyesalinya. Hal itu adalah hal wajar yang terjadi pada banyak wanita. Terdapat berbagai macam model ataupun warna rambut yang membuat kita ingin mencoba-coba dan berekspresi.


    Saat kita memutuskan ingin mewarnai rambut, ada beberapa cara yang dapat dicoba. Salah satunya adalah dengan bleaching. Proses ini merupakan proses melunturkan warna rambut asli untuk mendapatkan warna baru yang diinginkan. Namun, ada efek yang dapat dirasakan saat kita bleaching rambut. Karena bahan yang digunakan untuk bleaching rambut tergolong keras, biasanya rambut akan rusak jika kita tidak melakukan treatment yang baik dan benar. Untuk itu, mewarnai rambut tanpa bleaching demi menghindari kerusakan rambut kadang diperlukan untuk kita yang rambutnya rentan rusak.




    (Baca Juga: Tips Mudah Bleaching Rambut Di Rumah)


    Pastikan untuk memilih warna rambut yang diinginkan saat ingin mewarnai rambut. Bahan untuk mewarnai rambut pun dapat merusak meski tanpa bleaching sekalipun. Jadi, sebaiknya putuskan satu warna untuk rambut kita guna menghindari pewarnaan rambut yang terlalu sering. Atau, jika kita memprediksi akan sering mengganti warna rambut, rajinlah untuk selalu merawat rambut. Hal itu bisa kita lakukan dengan menggunakan conditioner setelah pemakaian shampoo, salah satunya.


    1. Menggunakan cat rambut biasa

    mewarnai rambut tanpa bleaching

    (Mewarnai rambut tanpa bleaching menggunakan produk cat biasa. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)


    Jika kita membeli produk yang dijual di supermarket pada umumnya, kita bisa gunakan produk itu untuk mewarnai rambut tanpa harus bleaching. Beberapa produk di pasaran itu pun cukup bagus untuk kita yang tidak mau ke salon dan sering berganti warna rambut.

    Demi menghindari pengeluaran yang besar untuk rambut kita, kita bisa menggunakan berbagai produk tersebut yang sekiranya cocok untuk kita. Namun, jangan juga terburu-buru membeli karena tergiur harga produk yang murah.

    Kita tidak selalu mendapatkan hasil yang diinginkan untuk rambut kita. Produk tersebut bisa saja memberikan warna yang kurang radiant untuk rambut kita, namun cukup bagus untuk orang lain. Pastikan saja untuk mencari tahu tentang produk tersebut sebelum membeli.

    Bacalah juga review terpercaya produk tersebut, entah dari produknya itu sendiri ataupun orang yang telah menggunakan produk rambut tersebut dan berhasil.


    2. Menggunakan teknik layering

    Jika ingin menghindari bleaching saat mewarnai rambut, kita bisa gunakan teknik yang dinamakan dengan layering. Sebelumnya, lebih baik kita siapkan dua warna yang lebih gelap dan terang.

    Misalnya kita menginginkan warna cokelat. Kita siapkan satu warna dark brown dan satu warna cokelat lagi yang lebih terang. Tidak perlu warna coklat yang terlalu light, pilih saja beberapa tingkat di atas warna pertama sesuai preferensi kita.

    Teknik layering bisa dimulai dengan membagi bagian-bagian rambut kita. Kita bisa mulai dengan membelah rambut di atas kuping, lalu mulai memberikan warna cat yang lebih gelap pada rambut bagian bawah secara perlahan. Lalu, kita bisa melanjutkan dengan warna yang lebih terang.

    Namun, kita bisa saja memberi warna yang lebih gelap pada satu lapisan rambut dan warna yang lebih terang untuk lapisan rambut yang lainnya. Jadi, dapat memberikan kesan gradasi. Setelah proses pertama tersebut, selanjutnya bisa mengulang proses ini tiga sampai empat kali dengan bagian rambut yang lain.


    (Baca Juga: 10 Merek Cat Rambut Yang Bagus Dan Tahan Lama, Praktis!)


    3. Tidak mencuci rambut sebelumnya

    Hindari mencuci rambut sebelum mewarnai rambut kita. Kandungan yang terdapat pada sampo akan membuat produk cat rambut susah menyerap.

    Lakukan pencucian rambut paling tidak dua hari sebelum kita mewarnai rambut. Kepala kita pun memiliki minyak alami yang dapat menjaga kesehatan rambut. Untuk itu, minyak ini akan bekerja juga menghadapi produk cat rambut yang keras, bahkan melindungi dari alergi.


    Itu dia beberapa cara memberi pewarnaan pada rambut tanpa melakukan bleaching. Mewarnai rambut memang bisa memberikan berbagai kesan pada tampilan kita. Namun, perlu diingat bahwa produk cat rambut dapat memberikan efek kepada kepala kita, seperti alergi. Jika terjadi alergi, pikirkan kembali saat ingin mewarnai rambut karena bisa jadi hal tersebut menimbulkan bahaya.


    (Penulis: Vania Ramadina)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below