Ciri-Ciri Lingkungan Sehat Dan Cara Mudah Menjaganya


  • Ciri-Ciri Lingkungan Sehat Dan Cara Mudah Menjaganya
    Ciri-ciri lingkungan sehat. (Foto: Dok. Ready Made/Pexels)

    Berdampak besar bagi kesehatan setiap orang, lingkungan sehat adalah lingkungan yang terbebas dari sampah sekecil apapun dan memiliki sirkulasi udara menyejukan. Ciri-ciri lingkungan sehat yang patut diperhatikan adalah mudahnya ditemukan tempat pembuangan sampah. Pasalnya tempat sampah yang mudah ditemukan bermanfaat untuk mereka yang ingin membuang bungkus minuman atau makanan agar tidak melemparnya ke sembarang arah.


    (Baca Juga: Ketahui 5 Komunitas Dan Organisasi Peduli Lingkungan)




    Adanya tempat sampah yang mudah dijangkau di berbagai area kantor, rumah, sekolah, hingga taman kota, wajib disediakan guna menjaga lingkungan tetap bersih. Salah satu ciri-ciri lingkungan sehat lainnya adalah ketersediaan tempat pengolahan sampah. Hal ini bertujuan agar penumpukan sampah tidak semakin meningkat dan sampah-sampah tadi bisa kembali diolah menjadi pajangan rumah, pupuk tanaman, atau diolah sesuai kebutuhan.


    Supaya tidak salah mengartikannya, simak penjelasan mengenai ciri-ciri lingkungan sehat di bawah ini yang wajib diperhatikan serta cara mudah menjaga lingkungan tetap bersih nan asri.


    1. Hadirnya pepohonan rindang

    Ciri-ciri lingkungan sehat

    (Ciri-ciri lingkungan sehat adalah hadirnya pepohonan rindang. Foto: Dok. Snapwire/Pexels)


    Rasa teduh ketika panas matahari terasa menyengat di kulit membuat kehadiran pohon rindang di sebuah lingkungan tempat tinggal begitu dibutuhkan. Bukan hanya dapat melindungi kita dari sengatan matahari, tetapi hadirnya pepohonan rindang juga berdampak besar bagi penyerapan air kala musim banjir datang.

    Maka dari itu, sangat disayangkan sekali jika pohon-pohon rindang yang tumbuh di tepi jalan perkotaan ditebang begitu saja padahal mempunyai segudang manfaat bagi penduduk kota. Mulai sekarang, cobalah untuk menanam tunas pohon di lingkungan tempat tinggalmu supaya di masa depan nanti Bumi kita tidak akan kehilangan kesegaran alaminya.


    2. Sirkulasi udara yang segar dan bersih

    Ciri-ciri lingkungan sehat

    (Ciri-ciri lingkungan sehat memiliki sirkulasi udara yang bersih. Foto: Dok. Pixabay/Pexels)


    Ciri-ciri lingkungan sehat selain hadirnya pepohon rindang adalah memiliki sirkulasi udara yang segar dan bersih. Udara semakin makan akibat pemanan global membuat Bumi seakan tidak mempunyai ruang untuk membersihkan polusi udara.

    Sirkulasi udara yang segar dan bersih tentu bisa didapatkan dengan cara menanam tanaman. Jangan remehkan kebiasaan kecil satu ini, sebab tanaman yang tumbuh dengan sehat berguna untuk menyaring karbondioksida dan mengubahnya menjadi oksigen.

    Apalagi jika di lingkungan tempat tinggalmu memiliki pepohonan yang tumbuh gagah menjulang ke atas. Semakin rindang pohonnya, semakin segar pula oksigen yang dihasilkan untuk keberlangsungan hidup manusia, hewan, dan sesama tumbuhan.


    3. Ketersediaan sumber air bersih

    Ciri-ciri lingkungan sehat

    (Ciri-ciri lingkungan sehat mempunyai ketersediaan sumber air bersih. Foto: Dok. Jens Johnsson/Pexels)


    Tersedianya sumber air bersih merupakan salah satu ciri-ciri lingkungan sehat yang mudah ditemui. Tanpa adanya sumber air bersih, pekerjaan rumah tangga biasa seperti mencuci baju, mencuci piring, mandi, dan BAB akan terganggu.

    Bahkan jika tidak ada air bersih, minum pun terasa tidak nyaman karena air yang sudah tercemar. Ketersediaan sumber air bersih sendiri dapat berasal dari sungai, sumur, atau mata air yang dapat diolah lagi untuk kebutuhan sehari-hari.


    (Baca juga : 8 Brand Fashion Yang Luncurkan Koleksi Ramah Lingkungan)


    4. Terjaganya saluran air dari sampah

    Ciri-ciri lingkungan sehat

    (Ciri-ciri lingkungan sehat adalah terjaganya saluran air dari sampah. Foto: Dok. Yogendra Singh/Pexels)


    Ciri-ciri lingkungan sehat tidak hanya ditandai dengan ketersediaan air bersih saja. Tetapi terjaganya saluran air dari sampah juga jadi faktor yang membuat lingkun semakin sehat.

    Kerap diremehkan karena dianggap tidak terlalu penting, saluran air atau saluran got yang tertumpuk sampah akan membuat warna air dari saluran air jadi hitam, keruh, hingga berbau tidak sedap. Lebih buruknya lagi jika saluran air penuh dengan sampah, maka air di anak sungai atau sungai akan ikut tercemar juga.


    5. Tidak membiarkan hewan peliharaan berkeliaran

    Ciri-ciri lingkungan sehat

    (Ciri-ciri lingkungan sehat adalah tidak membiarkan hewan peliharaan berkeliaran. Foto: Dok. Lauren Whitaker/Pexels)


    Bukannya melarang untuk memelihara hewan seperti kucing, anjing, ayam, atau sejenisnya. Tetapi ciri-ciri lingkungan sehat tanpa adanya hewan berkeliaran berdampak baik bagi kesehatan pernapasan manusia. Sebab jika hewan peliharaan kamu buang air besar di sembarang tempat, maka akan menimbulkan aroma tidak sedap yang mencemari udara.


    Tips mudah menjaga lingkungan agar tetap sehat

    Ciri-ciri lingkungan sehat

    (Cara menjaga lingkungan agar tetap sehat. Foto: Dok. Ron Lach/Pexels)


    Supaya keberlangsungan hidup manusia terjaga sampai di masa depan nanti, berikut ini tips mudah menjaga lingkungan agar tetap sehat.

    1. Meski hal dasar yang sering disepelekan banyak orang, mulai sekarang cobalah untuk membuang sampah pada tempatnya dan kelompokan sesuai jenisnya

    2. Ajak keluarga dan warga sekitar untuk bergotong royong seminggu sekali membersihkan saluran air dan sebagainya di lingkungan tempat tinggalmu

    3. Perhatikan kesuburan tanaman dengan memupuk dan merawatnya secara terjadwal

    4. Lakukan penghijauan di tempat yang dianggap gersang supaya lingkungan tempat tinggal lebih tampak asri


    (Baca juga : Hari Bumi: 5 Aktivitas Traveling Peduli Lingkungan)


    Berdampak secara langsung bagi kesehatan manusia, itulah deretan ciri-ciri lingkungan sehat dan cara menjaga lingkungan tetap sehat nan asri dengan mudah. Mulai sekarang patut diterapkan demi masa depan yang lebih baik.



    (Penulis : Nabila Marshanda Aliescha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Cover Mei 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below