Kamu Perlu Tahu Ini Sebelum Lakukan Brazilian Wax


  • Kamu Perlu Tahu Ini Sebelum Lakukan Brazilian Wax
    Brazilian wax. (Foto: Dok. Darina Belogonova/Pexels)

    Mulai dari area ketiak, betis, bahkan lengan mungkin masuk di daftar bagian-bagian tubuh yang akan dihilangkan rambutnya ketika para wanita datang ke klinik kecantikan. Hal ini juga berlaku di area kemaluan. Sebagian wanita, khususnya di bawah 50 tahun, melakukan perawatan untuk hilangkan rambut pada area kemaluan.


    Mungkin mencukur, menggunting, atau menggunakan teknologi berbasis cahaya untuk menghilangkan bulu, banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan rambut pada area kemaluan.




    Brazilian wax menjadi salah satu perawatan menghilangkan rambut pada area kemaluan yang banyak dipilih. Teknik waxing yang mengangkat bulu pada area kemaluan, di antara paha bagian atas, dan area bokong. Jika kamu familier dengan perawatan bikini line wax, kamu mengetahui bahwa teknik tersebut menghilangkan rambut di area bikini, tetapi brazilian wax.

    Teknik pengangkatan rambut ini menjadi salah satu bentuk eksfoliasi dengan kemungkinan mengiritasi kulit lebih kecil yang bisa kamu coba. Namun, bagi kamu yang baru ingin mencoba brazilian wax, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum melakukan perawatan tersebut di klinik kecantikan.

    (Baca Juga: Tips Mencukur Bulu Di Area Kelamin Agar Tidak Gatal)

    1. Panjang rambut yang ideal

    Jika kamu ingin mencoba perawatan brazilian wax ini, biarkan rambutmu tumbuh. Sebab, untuk bisa menghilangkan rambut dengan teknik tersebut, panjang rambut setidaknya mencapai 1.4 inci atau 6mm sehingga kamu membutuhkan waktu minimal tiga minggu setelah kamu mencukur atau lakukan perawatan waxing lainnya.


    Hal ini terlihat sederhana bagi yang sebelumnya tidak pernah menghilangkan rambut di area kemaluan sebelumnya, tetapi faktanya kurang lebih satu minggu setelah lakukan brazilian wax, kamu akan merasa tidak nyaman, iritasi, dan tidak jarang sakit pada area kemaluan. Makanya, hindari memakai celana jeans atau legging sehingga tidak bergesekkan dengan area kelamin.

    brazilian wax

    (Lakukan eksfoliasi untuk menghindari rambut ingrown. Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    2. Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum lakukan brazilian wax

    Sebelum kamu melakukan perawatan brazilian wax, pastikan kamu lakukan beberapa persiapan ini agar proses waxing-nya lebih nyaman. Mulai dengan mandi air hangat untuk membuka pori-pori, lalu gunakan loofah untuk mengeksfoliasi kulit dan menghindari rambut ingrown.


    Setelah membersihkan area kemaluan, pastikan kamu tidak menggunakan gel, losion, atau minyak apapun karena berpotensi mengganggu proses hair removal. Selain itu, jauhkan area kemaluan dari paparan sinar matahari minimal 24 jam sebelum waxing.

    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Body Care Alami Untuk Menghaluskan Kulit)

    3. Cari cara untuk mengurangi rasa sakit

    Hal yang perlu kamu ketahui sebelum lakukan brazilian waxing adalah tidak mungkin bebas dari sakit, apalagi jika kamu belum pernah melakukan proses waxing sebelumnya. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakitnya. Mungkin 30 menit sebelum proses waxing, kamu dapat mengaplikasikan numbing cream pada area kemaluan. Rasa sakitnya akan semakin berkurang ketika kamu semakin rutin menjalani perawatannya

    4. Pastikan kamu lakukan (dan hindari) beberapa hal ini selama perawatan

    Setelah kamu lakukan brazilian wax pertamamu, disarankan untuk mengaplikasikan losion after-wax untuk menenangkan kulit, serta rutin melakukan eksfoliasi (mungkin tidak langsung setelah perawatan) untuk menjaga kulit tetap mulus, halus, dan terhindar dari rambut ingrown.


    Jika kamu ingin sekali mengurangi sensasi panas pada area kemaluan, setelah perawatan kamu dapat mengompresnya dengan es batu. Namun, setelah perawatan, pastikan kamu menghindari kontak dengan sumber panas selama satu hingga dua hari. Jadi pastikan kamu tidak berjemur atau pergi ke tempat sauna karena bisa menyebabkan kulitmu iritasi dan meradang.

    brazilian waxing

    (Hindari mencukur setelah lakukan brazilian wax. Foto: Dok. Pavel Danilyuk/Pexels)

    5. Pastikan kamu tidak lagi mencukur

    Perawatan brazilian wax cukup dilakukan satu bulan sekali, tergantung pertumbuhan rambutmu, sama seperti perawatan waxing pada bagian tubuh lainnya seperti ketiak. Mungkin kamu merasa tidak nyaman pada minggu kedua atau ketiga, saat rambut-rambut kecil mulai tumbuh.


    Godaan untuk mencukurnya sangatlah besar, tetapi berusaha hindari kebiasaan tersebut sehingga pada proses brazilian waxing kamu tidak harus menunggu lebih lama lagi agar panjang rambutnya siap untuk perawatan.

    (Baca Juga: Sensatia Botanicals Rilis Koleksi Body Care Terbaru)

    Kira-kira sudah mulai siap untuk mencoba brazilian wax? Semoga hal-hal ini dapat membantumu merasa lebih nyaman untuk lakukan perawatan ini. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below