Apakah Wasabi Bisa Jadi Solusi Rambut Rontokmu?


  • Apakah Wasabi Bisa Jadi Solusi Rambut Rontokmu?
    wasabi bisa jadi solusi rambut rontok. (Foto: Dok. Cottonbro/Pexels)

    Selalu menemukan makanan ini setiap kali memutuskan untuk makan di restoran Jepang, kerap kali menjauhkan diri dari aroma dan rasanya. Wasabi, pelengkap makanan khas Jepang ini terkenal dengan sensasi pedasnya yang unik dan bagi sebagian orang, menyempurnakan pengalamannya menikmati kuliner Jepang.

    Namun, rupanya wasabi juga manfaat bagi kecantikan. Ketika kita lebih sering memusatkan perhatian pada bentuk tubuh melalui konsumsi makanan bernutrisi dan berolahraga, maupun bertualang mencari rangkaian perawatan wajah untuk jaga wajah tetap awet muda, kita kerap lupa merawat kulit kepala dan rambut dengan perhatian yang sama.

    (Baca Juga: Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh)



    Dilansir dari Her World Singapura, meski sering diabaikan, kulit kepala memiliki pembuluh darah yang mengirimkan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut, perlindungan, dan juga menjaga rambut tetap lembut serta berkilau. Kulit kepala juga sangat sensitif dan memiliki kelenjar minyak dan folikel rambut.

    apakah wasabi bisa jadi solusi rambut rontok

    (Styling terlalu sering dapat sebabkan kerusakan pada rambut. Foto: Dok. Jessica Tico/Pexels)

    Hal ini yang kemudian berdampak akibat rambut yang sering styling, terlalu banyak memakai produk, dan juga stres yang kamu alami. Selain itu, kurang tidur atau menjalani gaya hidup yang tidak sehat juga bisa mengganggu kesehatan kulit kepalamu. Situasi ini akan semakin parah jika kamu memiliki hormon yang tidak seimbang.

    Seiring berjalannya waktu, kesehatan kulit kepala yang buruk akan melemahkan bahkan merusak folikel rambut, berujung pada rambut rontok. Nah, di sinilah bumbu pelengkap khas Jepang ini dapat menjadi solusi untuk kamu yang alami rambut rontok. Intip manfaat kandungan wasabi yang bisa jadi solusi atasi rambut rontokmu.

    1. Menstimulasikan sirkulasi mikro pada kulit kepala

    Flavona wasabi adalah ekstrak dari daun wasabi yang membantu tingkatkan sirkulasi mikro di kulit kepalamu dan memberikan suplai nutrisi pada folikel rambut, mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

    2. Menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat pada kulit kepala

    Manfaat wasabi lainnya adalah menyeimbangkan bakteri baik, bakteri jahat serta berbagai mikroorganisme lainnya yang terdapat di kulit kepala. Selain itu juga dapat menyeimbangkan kadar pH kulit kepalamu sehingga menyehatkan kulit kepala sekaligus tidak rentan pada bau.

    (Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Oil yang Memiliki Manfaat Untuk Rambut)

    3. Mengontrol produksi sebum

    Udara yang panas dan lembap juga mendorong produksi kelenjar minyak yang berlebih sehingga rambut dengan mudah terlihat lepek. Faktanya flavona wasabi juga bisa mengontrol produksi sebum di kulit kepala hingga 85 persen.

    4. Anti radang dan antibakteri

    Wasabi memiliki kandungan anti inflamasi dan antibakteri alami sehingga dapat meminimalisir ketombe dengan menenangkan kulit kepala yang sensitif dan mudah gatal.

    Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa manfaat wasabi yang bisa digunakan dalam dunia kecantikan ini terletak pada kandungan isosaponarin yang mampu membangunkan sel papilla pada kulit kepala manusia serta mendorong peningkatan protein pada kulit kepala sehingga membangun jalur lebih besar untuk nutrisi berjalan ke sel-sel lainnya pada rambut.

    apakah wasabi bisa jadi solusi atasi rambut rontok

    (Tanaman wasabi. Foto: Dok. Beth Macdonald/Unsplash)

    Inilah beberapa manfaat wasabi yang bisa kamu jadikan solusi untuk mengatasi masalah rambut rontok. Tertarik untuk mencoba?





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below