5 Jenis Mie Untuk Diet Yang Bisa Kamu Konsumsi


  • 5 Jenis Mie Untuk Diet Yang Bisa Kamu Konsumsi
    5 Jenis Mie Untuk Diet Yang Bisa Kamu Konsumsi. (Foto: Dok. Daria Shevtsova/Pexels)

    Menjalani program diet membuat kamu harus menghindari beberapa makanan tertentu, salah satunya adalah mie. Karbohidrat dan juga kalori yang terkandung dalam mie termasuk dalam kategori tinggi sehingga tidak bagus untuk kamu yang menginginkan berat badan ideal. Tapi sebenarnya ada beberapa jenis mie untuk diet yang masih bisa kamu jadikan alternatif, lho!

    Mie sangat disukai karena rasanya yang sangat enak, terutama jika dipadukan dengan bumbu gurih yang ada dalam kemasannya. Namun, berlebihan mengkonsumsi mie juga bukan hal yang bagus, karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan bisa juga membuatmu terkena beberapa penyakit.




    (Baca juga: Olahan Serba Shirataki: Mi Tek Tek, Mi dan Nasi Goreng)


    Oleh karena itu, ada beberapa mie sehat yang bisa kamu konsumsi meski sedang menjalani program diet. Kira-kira ada jenis mie apa saja ya?

    1. Mie Lethek

    Kalau kamu pergi ke Yogyakarta, kamu akan menemukan makanan asli khas sana yang berbahan dasar mie, yaitu Mie Lethek. Mie Lethek termasuk salah satu jenis yang bisa kamu konsumsi karena pembuatannya memakai bahan yang sehat dan tanpa campuran bahan kimia sama sekali.

    Kamu bisa mengolah mie lethek ini menjadi resep apapun yang diinginkan karena resepnya pun sudah banyak beredar di internet. Kamu juga bisa memasaknya dengan bumbu sehat yang ada di rumah juga tambahan topping sesuka hati.


    2. Mie Shirataki

    Jenis mie untuk diet selanjutnya yang bisa kamu konsumsi adalah mie shirataki yang dibuat dari umbi konyaku. Tentu saja karena bahan dasarnya yang berupa konyaku, mie ini jadi punya tekstur yang lebih kenyal ketika dimakan. Bahkan bukan hanya sebagai mie saja, shirataki juga kerap kali dibuat sebagai bahan dasar nasi, lho.

    Mie shirataki sangat disukai khususnya karena kalori yang terkandung di dalamnya sangatlah rendah namun dengan kadar serat yang cukup tinggi. Dalam 100 gr mie shirataki, hanya ada 15 kalori saja yang masuk ke tubuhmu. Selain tekstur yang kenyal layaknya jelly, mie ini juga mempunyai rasa yang demikian tawar. Jadi akan mudah untuk diolah bersama bumbu yang kamu sukai. 


    (Baca juga: Makanan Rendah Karbohidrat Untuk Diet Karbo)


    3. Mie Sayur

    Sudah tak asing dengan mie sayur, bukan? Di Indonesia sendiri, mie sayur sudah banyak ditemukan di pasaran. Tapi jika ingin lebih sehat, kamu bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah, lho. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit.

    Kamu cukup mencampur sari sayuran seperti bayam, wortel, atau sayuran lain yang sekiranya cocok dengan tepung kanji, terigu dan juga telur. Ini membuatmu mendapatkan mie sehat dengan mudah daripada harus membeli di luaran yang bahan-bahannya tak kamu ketahui. 


    4. Kelp Noodles

    Jenis mie untuk diet

    (Kelp Noodles. Foto: Dok. Victoriadean_/Instagram)

    Kalau mie shirataki terbuat dari umbi konyaku, maka kelp noodles ini justru terbuat dari rumput laut. Keduanya punya tekstur yang sama, yaitu kenyal seperti jelly. Bahkan keduanya juga punya persamaan dari segi rendahnya kalori yang terkandung di dalamnya.

    Dalam mie shirataki kamu akan menemukan kurang lebih 15 kalori, tapi pada kelp noodles, kamu hanya akan menjumpai kurang dari 10 kalori saja. Ini membuatnya menjadi salah satu jenis mie yang sangat direkomendasikan bagi kamu pecinta mie tapi sedang menjalankan diet.


    5. Mie Zucchini

    Pasti sering mendengar tentang nama mie yang satu ini, bukan? Mie zucchini memang sangat mudah ditemukan di pasaran. Adapun bahan pembuatan dari mie ini adalah dari zucchini yang sering kali disebut dengan terong Italia. Karena terbuat dari sayur, artinya mie zucchini punya lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Bagaimana dengan kandungan kalorinya? Dalam 100 gram mie zucchini, terdapat kurang lebih 16 kcal saja. Jadi, kamu bisa mengolahnya menjadi santapan yang lezat tanpa harus takut berat badan naik. Tapi, mengonsumsinya harus tetap dalam batas yang wajar, ya. Sebab meski sehat, bukan berarti kamu boleh berlebihan mengkonsumsinya, lho


    So, itulah beberapa jenis mie untuk diet yang sangat boleh dikonsumsi saat kamu ingin menurunkan berat badan. Jadi, bagi kamu yang gemar mengkonsumsi mie, maka tidak perlu sedih lagi. Sebab, jenis mie di atas terbuat dari bahan yang menyehatkan.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below