Selain Mengatasi Jerawat, Ini Manfaat Lain dari Tea Tree Oil


  • Selain Mengatasi Jerawat, Ini Manfaat Lain dari Tea Tree Oil
    Manfaat dari tea tree oil. (Foto: Dok. Dominika Roseclay/Pexels)

    Ketika berbincang tentang beragam essential oil, banyak aroma yang dekat dengan memori. Mulai dari lavender, peppermint, hingga sandalwood, aroma-aroma yang tidak hanya memberi kenyamanan bagi hidung tetapi juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Minyak dari pohon teh atau lebih familier dengan tea tree oil adalah salah satu yang juga populer karena kekayaan manfaatnya.




    Minyak yang diekstraksi pertama kali dari pohon teh Australia ini banyak dikenal dan dimanfaatkan sebagai kandungan produk skincare yang ampuh untuk meredakan dan menghilangkan jerawat, termasuk yang parah sekalipun. Namun, rupanya, ada banyak manfaat lain dari tea tree oil yang dapat kamu gunakan sehari-hari.

    (Baca Juga: Kenali Manfaat Peppermint Oil Untuk Kecantikan)

    Apa saja manfaat dari tea tree oil selain untuk mengatasi jerawat membandel? Ini dia rangkumannya untukmu!

    1. Mengurangi ketombe

    Meski tidak berbahaya, serpihan putih dari sel kulit mati pada kulit kepala atau lebih akrab dikenal dengan ketombe bukan sahabat baik, khususnya untuk penampilan kita sehari-hari. Nah, kandungan tea tree oil efektif dalam mengurangi ketombe pada kulit kepala.


    Jadi buat kamu yang memiliki masalah dengan ketombe, coba menggunakan sampo dengan kandungan tea tree oil atau menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh tersebut ke sampo yang kamu gunakan ketika keramas. Selain mengurangi ketombe, tea tree oil juga memberikan dampak signifikan dalam mengurangi gatal dan minyak pada kulit kepala yang sering sebabkan rambut lepek.

    manfaat dari tea tree oil

    (Manfaat tea tree oil jadi hand sanitizer. Foto: Dok. Chelsea Shapouri/Unsplash)

    2. Pembersih tangan

    Sejak protokol kesehatan menjadi bagian dari kehidupan kita selama hampir satu tahun terakhir, pembersih tangan atau hand sanitizer menjadi salah satu kuncian selalu punya tempat istimewa di dalam tas. Namun, hand sanitizer yang juga mengandung berbagai bahan kimia untuk menjaga kebersihan tangan tetapi juga berdampak pada kondisi kulit yang berpotensi semakin kering.


    Inilah momen yang tepat untuk menyambut tea tree oil ke dalam tasmu karena minyak satu ini bisa menjadi pembersih tangan yang ideal. Khasiatnya yang terbukti membunuh berbagai bakteri dan virus ini cocok untuk menjadi bahan membuat hand sanitizer alami. Kamu cukup mencampurkan tea tree oil dengan minyak lavender, alkohol secukupnya, gel lidah buaya, dan minyak Vitamin E untuk membuat pembersih tanganmu yang tidak hanya membersihkan tetapi juga menjaga kulit tangan senantiasa lembap.

    (Baca Juga: 9 Minyak Esensial yang Baik untuk Kesehatan)

    3. Obat kumur

    Manfaat dari tea tree oil juga dapat kamu rasakan pada area mulut. Sebuah riset mengungkapkan bahwa kandungan dalam tea tree oil juga mampu atasi bakteri penyebab kerusakan gigi maupun bau mulut. Minyak alami ini juga efektif melawan bakteri yang sebabkan plak gigi sekaligus menjadi disinfektan dan obat kumur yang efektif.


    Penggunaannya cukup sederhana, kamu cukup menambahkan beberapa tetes tea tree oil ke satu gelas air hangat dan kumur selama kurang lebih 30 detik. Namun, jangan sampai kamu menelannya karena tea tree oil bisa berbahaya bagi pencernaan.

    4. Deodoran alami

    Tea tree oil juga dikenal akan kandungan antibakterinya yang dapat menghindari bau tidak sedap pada area ketiak akibat keringat. Pada dasarnya keringat tidak mengeluarkan aroma, tetapi jika bertemu dengan bakteri pada kulitmu akan mengeluarkan bau tidak sedap yang banyak tersimpan di area ketiak.


    Kandungan yang efektif melawan bakteri dari minyak pohon teh ini dapat menjadi altenatif untukmu, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit sensitif terhadap bahan-bahan kimia di dalam deodoran biasa.


    Untuk membuat deodoran alami dengan tea tree oil ini kamu memerlukan baking soda, tepung tapioka, dan minyak kelapa yang sudah dicairkan sebagai bahan campuran deodoran ini. Kamu dapat menyimpan di kontainer berbahan pyrex atau mason jar untuk digunakan sehari-hari.

    manfaat dari tea tree oil

    (Minyak pohon teh ini juga bisa jadi bahan deodoran alami. Foto: Dok. Valua Italy/Freepik)

    5. Menghilangkan jamur pada kuku

    Infeksi akibat jamur pada kuku adalah hal yang cukup umum dialami. Meski tidak berbahaya, bukan sesuatu yang menyenangkan untuk dilihat. Memang banyak pengobatan untuk menghilangkan jamur pada kuku, tetapi tea tree oil dapat digunakan jika kamu memilih cara yang lebih alami.


    Kamu bisa menggunakan beberapa tetes tea tree oil secara langsung atau mencampurnya dengan minyak kelapa sebelum diaplikasikan ke area yang terinfeksi. Pastikan kamu mencuci tangan setelah pengaplikasian untuk menghindari penyebaran jamur ke area-area lainnya.

    (Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini 15 Cleansing Oil Untuk Membersihkan Wajah)

    Nah, inilah manfaat lain dari tea tree oil selain mengatasi jerawat yang bisa kamu aplikasikan untuk tidak hanya menjaga penampilanmu, tetapi juga kesehatanmu. Selamat mencoba!





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below