Sex & relationship

Hati-Hati, Ini 3 Tanda Ego Bisa Rusak Hubunganmu

By : Vanessa Masli - 2021-09-14 09:00:02 Hati-Hati, Ini 3 Tanda Ego Bisa Rusak Hubunganmu

Hubungan yang sehat enggak pernah bisa bertumbuh atau bahkan terwujud, kalau ada ego yang teramat besar di dalam dirimu atau pasangan. Memang enggak bisa dipungkiri, ada bagian dalam diri tiap-tiap orang yang ingin mengutamakan keinginan pribadi, termasuk dalam hubungan. Namun, jika keinginan pribadi itu terus menerus menjadi prioritas salah satu pihak, hubunganmu akan rusak sebelum mencapai titik yang sehat.

Maka, penting untuk mengenali tanda-tanda ego yang bisa merusak hubunganmu saat ini. Jangan sampai karena masalah sepele, hubunganmu harus kandas karena ego yang terlalu besar untuk menyelesaikannya. Kenalilah beberapa tanda ego bisa merusak hubunganmu.

(Baca Juga: 6 Cara Ampuh Menghadapi Pasanganmu Yang Egois)

1. Keinginan untuk merasa benar, setiap saat

Tanda sederhana yang bisa mengetahui peran ego dalam hubunganmu adalah tendensi pasangan atau bahkan dirimu yang selalu merasa benar. Keinginan tersebut yang kemudian mendorong diri untuk mempertahankan argumen maupun hal-hal yang kamu yakini benar. Meski, tidak jarang, kamu pun juga salah.

Kecenderungan ini yang tanpa sadar membuatmu memaksakan kehendak untuk dibenarkan dan terkadang mengabaikan perasaan pasanganmu, begitu juga sebaliknya. Jika sikap ini terus dipupuk, kamu ataupun pasangan (siapapun yang egonya lebih besar) akan sulit untuk mendengarkan satu sama lain.

2. Sulit untuk mengaku salah dan meminta maaf ketika bersalah


(Ego cenderung membuatmu sulit akui kesalahan. Foto: Dok. Vera Arsic/ Pexels)

Ego yang besar memiliki kecenderungan untuk merasa paling benar. Hal ini berdampak juga ketika apa yang diyakini benar, ternyata bertolak belakang. Tanda ego bekerja dalam merusak hubungan ketika kamu atau pasangan enggan untuk meminta maaf, bahkan untuk mengakui kesalahan pun terasa sulit. Ketika terbukti salah, kamu atau dia akan memilih untuk membicarakan berbagai hal sebelum ke inti masalah karena ketidaknyamanan untuk mengakuinya.

3. Jarang berkomunikasi satu sama lain

Tanda-tanda ego mulai merusak hubunganmu ketika hal terpenting dalam sebuah relasi pun perlahan menghilang, komunikasi. Dalam setiap hubungan, apapun bentuknya, komunikasi memiliki peran yang vital, untuk memberikan kenyamanan dan membangun kepercayaan terhadap satu sama lain.

Jika frekuensi komunikasimu dengannya semakin jarang, mungkin ego yang besar di antara kalian juga memengaruhinya. Jadi, perlahan-lahan buka kembali ruang komunikasi dengan pasangan supaya enggak menimbulkan efek yang berakhir dengan sakit hati.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Ego Dalam Hubungan)

Itulah beberapa tanda ego bisa merusak hubungan yang sudah kamu bangun bersama pasangan. Semoga tanda-tanda di atas bisa membantu kamu serta pasangan untuk mengenali diri dan bersama pelan-pelan menurunkan ego yang selama ini jadi kendala dalam hubunganmu.


Sex & relationship