Cara Minta Maaf Kepada Pacar


  • Cara Minta Maaf Kepada Pacar
    Minta maaf yang ampuh pada pasangan. (Foto: Dok. Anna Shvets/Pexels)

    Semua orang pasti pernah membuat kesalahan atau menyakiti hati pasangannya. Mungkin saat ini kamu sedang mengalaminya dan bingung bagaimana cara meminta maaf. Karena ucapan yang salah justru bisa merusak permohonan maafmu, bahkan menciptakan masalah baru. Agar kamu enggak salah langkah, simak cara minta maaf kepada pacar berikut.


    Beri waktu pada pasangan untuk memproses emosinya

    Kamu bikin kesalahan fatal kemarin dan buru-buru ingin meminta maaf pada si dia. Well, jangan berharap ia bisa langsung menerima permohonan maafmu dan melupakan masalah yang ada seolah hal itu tak pernah terjadi. Sebaiknya, berikan waktu padanya untuk merasakan semua rasa sedih, kecewa, amarah yang ada. Tunggu hingga ia mulai tenang, baru ajak bicara baik-baik.


    (Baca Juga: 5 Cara Meluluhkan Hati Pria)


    Perhatikan nada bicara

    Ketika hendak meminta maaf, pastikan kamu bicara dengan nada tenang, bukan nada tinggi. Hindari juga untuk memotong ucapannya. Pasangan sudah terlanjur sakit hati dan kecewa akan sikapmu. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menghargai perasaannya. 


    Hindari alasan bertele-tele

    cara minta maaf kepada pacar

    (Tidak memberikan alasan bertele-tele. Foto: Dok. Maria Orlova/Pexels)

    Salah satu poin yang wajib kamu ingat adalah meminta maaf secara tulus. Bukan untuk membela diri atau bahkan menunjukkan bahwa kamu adalah pihak yang benar, tapi justru benar-benar akui kesalahanmu. Cukup ungkapkan kalimat-kalimat yang penting, tak perlu menyalahkan keadaan atau bahkan dirinya untuk mencari pembenaran akan sikapmu.


    Minta maaf secara langsung

    Cari tahu dulu apa sih yang bikin pasangan merasa kecewa dan sakit hati. Apakah karena kamu lupa memberi kabar atau karena membatalkan janji yang sudah direncanakan cukup lama. Kalau kamu sudah menemukan alasan atau akar permasalahan yang tepat, kamu akan lebih mudah untuk meminta maaf. Tapi kalau kamu masih belum yakin apa alasannya, kamu bisa menanyakan baik-baik mana sih tindakanmu yang salah.


    (Baca Juga: 5 Zodiak Yang Bisa Bantu Kamu Move On Dari Mantan)


    Fokus meminta maaf padanya, bukan untuk diri sendiri

    Sekali lagi, patut ditekankan bahwa sebuah permohonan maaf yang tulus harus ditujukan untuk menebus kesalahanmu dan membuat perasaan pasangan jadi lebih baik. Bukannya menjadi pembenaran atau bahkan biar masalah kalian cepat selesai. Perhatikan perasaan si dia dan cari solusi yang terbaik untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.


    Perlu dipahami bahwa tak selamanya wanita adalah pihak yang benar. Sesekali berbuat kesalahan adalah hal yang wajar, asal kamu benar-benar menyesalinya dan berjanji untuk berubah. Itulah beberapa cara minta maaf kepada pacar yang bisa kamu coba.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles