4 Rekomendasi Tes Kepribadian Online Yang Bisa Kamu Coba


  • 4 Rekomendasi Tes Kepribadian Online Yang Bisa Kamu Coba
    (Tes kepribadian online.Foto: Dok. J.Kelly Brito/Unsplash)

    Mulai dari zodiak hingga shio, adalah cara dan simbol yang bisa membantu untuk mengenal diri lebih dalam. Beberapanya juga menunjukkan bahwa diri adalah pribadi yang introvert, ekstrovert bahkan ambivert. Dan tak jarang kamu akan menyetujui saat membacanya. Betul?

    Hal yang sama juga akan kamu lakukan saat mencoba tes kepribadian online. Bukan tanpa alasan, melainkan tes ini akan memberi arah untuk makin paham karaktermu dalam mengambil keputusan, memahami bagaimana kamu berinteraksi dengan orang, termasuk pekerjaan apa yang sesuai dengan kepribadianmu.

    Meskipun masih belum diketahui akurat atau tidak, namun tes kepribadian secara online jadi hal yang menyenangkan untuk dicoba. Apalagi kini banyak platform yang menyediakannya secara gratis dengan keseruan berbeda. Penasaran apa saja? Berikut rekomendasi tes kepribadian online yang dapat kamu coba di waktu senggang.




    (Baca Juga: Panggilan Sayang Dalam Bahasa Korea Yang Romantis)


    1. Test Color

    Ketika kamu membuka situs Test Color, 36 kotak dengan berbagai warna akan muncul di layar ponsel atau laptopmu. Kemudian, kamu akan diminta memilih ragam warna mulai dari yang favorit hingga yang kurang kamu suka. Untuk hasilnya, kamu bisa mencoba sendiri agar lebih mengetahui keseruan dari situs ini.

    Tes kepribadian online satu ini cenderung lebih sederhana dan cocok bagi kamu yang baru menjelajahi ragam tes kepribadian online. Setelah memilih warna-warna tersebut, kamu akan mendapatkan hasil berupa diagram beserta daftar karakter yang dominan dalam dirimu. Mulai dari skill management, kemampuan berorganisasi, dinamika sebagai pribadi, hingga kecerdasan emosional.


    2. 16 Personalities

    Tes kepribadian online yang mungkin tak asing di telinga atau setidaknya pernah mendengar empat kode huruf yang menggambarkan karakteristik dominan dalam diri seseorang. Kode-kode tersebut merupakan indikator yang digunakan untuk menentukan tipe kepribadian, kelebihan dan preferensi tiap-tiap orang.

    Indikator tersebut dikenal dengan nama Myers-Briggs Type Indicator yang dikembangkan oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs dari temuan seorang psikolog, Carl Jung.

    Empat kode tersebut mengetahui bagaimana cara seseorang berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, cara seseorang mengumpulkan informasi, mengambil keputusan dari informasi yang didapatkan, hingga bagaimana kecenderungannya dalam memahami lingkungan sekitarnya. Gabungan empat kode huruf tersebut kemudian diinterpretasikan dalam beberapa peran seperti Analysts, Diplomats, Sentinels, dan Explorers.

    Bagaimana caranya untuk mengenali dirimu dengan tes ini? Cukup membuka situs 16personalities, kemudian mengisi tes yang tersedia pada laman utama. Tes ini berisikan beberapa pernyataan diikuti dengan enam pilihan, sangat tidak sesuai hingga sangat sesuai yang harus kamu isi, menyesuaikan dengan kehidupanmu sehari-hari. Tes ini memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit pengerjaan.


    Rekomendasi Tes Kepribadian Online

    (Tes kepribadian. Foto: Dok. Green Chameleon/Unsplash)


    3. Human Design Chart

    Human design chart atau juga dikenal dengan nama bodygraph adalah sebuah “peta” atau “buku manual” yang menunjukkan keunikanmu sebagai pribadi dan memandumu untuk hidup selaras dengan jati dirimu. Tes yang dapat kamu lakukan melalui situs Human Design America ini akan menunjukkan tempat dan cara agar kamu dapat mengakses diri lebih baik ketika mengambil keputusan maupun menjalani hidup sebagai dirimu yang sesungguhnya.

    Berbeda dengan dua tes sebelumnya ketika kamu harus kembali bertanya pada diri untuk menemukan jawabannya, tes ini akan mengkalkulasi desainmu berdasarkan tanggal, waktu, dan tempat lahirmu. Setelah memasukkan data tersebut, kamu akan mendapatkan bagan desainmu dan menyebutkan tipe human design yang ada dalam dirimu.

    Kamu dapat meminta bantuan human design specialist untuk membantumu dalam memahami bagan tersebut, tetapi secara umum terdapat lima jenis human design yang meliputi manifestor, generator, manifesting generator, projector, dan reflectors. Kelima jenis ini ditentukan dari cara kamu mengambil keputusan, cara kerja auramu dan dampaknya bagi orang lain, serta ciri khasmu yang menentukan arah hidupmu.


    4. PATH Assessment

    Kali ini, tes yang dapat kamu ambil tidak hanya membantumu lebih paham tentang karakter diri, tetapi juga membantu dalam menentukan pekerjaan atau karier yang sesuai dengan dirimu. PATH Assessment adalah sebuah tes online yang memintamu untuk mengisi tiga hingga lima pernyataan sehingga dapat mendeteksi karakter dan perilakumu.

    Dengan teknologi artificial intelligence dan data, tes ini dapat mengetahui kesesuaian karaktermu dalam dunia kerja dengan berbagai pekerjaan yang saat ini. Dengan demikian, tes ini dapat membantumu untuk memilih pekerjaan atau karier yang sesuai dengan kepribadian dan perilakumu


    (Baca Juga: Murah Dan Praktis, Cara Pakai Masker Rambut Sendiri Di Rumah)


    Inilah beberapa tes kepribadian online yang dapat kamu coba untuk kenali diri lebih baik dan memudahkanmu menjalani kehidupan yang selaras dengan dirimu sesungguhnya.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below