Menghadapi Trauma Setelah Diselingkuhi Suami, Ini Caranya


  • Menghadapi Trauma Setelah Diselingkuhi Suami, Ini Caranya
    Trauma diselingkuhi, atasi dengan cara ini. (Foto: Dok. meijii/Pexels)

    Tak ada yang ingin diselingkuhi namun kadang perselingkuhan bisa terjadi terjadi pada siapa saja. Kondisi ini tentu bisa menimbulkan trauma mendalam bagi korban karena kehilangan rasa percaya diri pada pasangan. Bahkan, bisa saja hal itu berdampak pada masa depannya kelak, ketika ia ingin membangun hubungan baru.


    Dilansir dari situs Psychology Today, diselingkuhi bisa memicu PTSD atau Post-traumatic Stress Disorder, mirip dengan seseorang yang trauma dengan ancaman fisik atau emosional. Nah, untuk mengatasinya tentu tak mudah, namun hal ini bisa dilakukan. Simak cara menghadapi trauma setelah diselingkuhi suami berikut ini.


    Belajar untuk lebih mencintai diri

    Korban yang diselingkuhi pasti akan menyalahkan diri sendiri, berusaha memikirkan apa yang salah dan bagaimana bisa memperbaikinya. Ingat, menyalahkan diri sendiri hanya akan membuatmu kehilangan rasa percaya diri. Ini memang hal normal dan wajar terjadi, tapi jika dibiarkan, kamu akan terus memandang rendah dirimu.

    Sadarilah bahwa perselingkuhan ini bukan kesalahanmu melainkan sifat egois dari pasangan. Pahami bahwa dirimu jauh lebih berharga dari apa pun.


    (Baca Juga: Apakah Pria Selingkuh Bisa Berubah, Kenali Karakternya)


    Jangan paksakan diri

    Cara menghadapi trauma setelah diselingkuhi suami lainnya adalah dengan bersabar. Bukan hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan tapi ini juga bukan hal mustahil. Biarkan semua rasa sakit hati dan kecewa terus berproses karena hanya dengan begitu, kamu bisa memulihkan dirimu dan bangkit dari kesedihan. 


    Curhat dengan teman atau keluarga

    menghadapi trauma setelah diselingkuhi suami

    (Berbagi dengan teman sebagai cara menghadapi trauma selingkuh. Foto: Dok. Sam Lion/Pexels)

    Bercerita bisa sangat membantu kamu memulihkan diri dari rasa trauma. Pada hakekatnya, manusia adalah makhluk sosial yang butuh tempat untuk sharing dan bercerita. Ini bisa kamu lakukan setiap kali kamu merasa butuh.


    Konsultasi ke psikolog

    Rasa trauma memerlukan bantuan ahli untuk memulihkan diri, apalagi kalau pengalaman diselingkuhi ini sudah terjadi beberapa kali. Setiap orang memiliki bentuk penerimaan yang berbeda sehingga tak semua orang bisa menjalaninya sendirian.

    Jika kamu merasa sangat terpuruk dan emosi negatif semakin memuncak hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, segera temui psikolog untuk cari bantuan.


    (Baca Juga: Mimpi Pacar Selingkuh, Ini Artinya)


    Lakukan hobi atau hal baru

    Mungkin kamu dulu jarang melakukan hobi atau hal-hal baru yang seru dilakukan. Nah, sekaranglah waktu untuk mencobanya. Melakukan hal-hal yang sudah lama kamu tunda bisa menghilangkan pikiran serta emosi negatif sesaat. Kamu pun bisa mengubah fokus pikiranmu pada hal-hal yang lebih berguna.


    Itulah beberapa cara menghadapi trauma setelah diselingkuhi suami. Semoga berhasil, ya.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles