Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Membantu Mengatasi Rasa Lelah!


  • Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Membantu Mengatasi Rasa Lelah!
    Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Membantu Mengatasi Rasa Lelah! (Image: Doc. George Milton on Pexels)

    Sebagai pengingat, merasa lelah merupakan hal normal yang bisa kamu rasakan. Ini bisa disebabkan karena pekerjaan atau aktivitas yang bisa membuat lelah lainnya. Tetapi ternyata, beberapa jenis makanan tertentu bisa membuat kamu semakin merasa lelah -- tentu saja ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. 


    Kabar baiknya, mengonsumsi makanan kaya nutrisi dapat membantu mengatasi rasa lelah yang kamu alami. Apa saja? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut makanan yang bisa membantu mengatasi rasa lelah. 




    Makanan yang dapat mengatasi rasa lelah


    1. Telur


    Telur mengandung banyak nutrisi baik di dalamnya yang bisa membantu kamu mengatasi rasa lelah. Dikutip dari Medical News Today, telur mengandung tinggi protein dan kalsium, serta merupakan sumber lemak. Menurut National Institute on Aging, lemak dalam telur membantu tubuh menyerap vitamin dan menyediakan energi sehingga bisa mengatasi rasa lelah. 


    (Baca juga : Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)


    2. Pisang


    Pisang merupakan sumber potasium, serat, dan karbohidrat, yang dapat menyediakan energi yang tahan lama sehingga bisa mengatasi rasa lelah. 


    Faktanya, menurut satu penelitian kecil tahun 2012, melaporkan bahwa atlet bersepeda yang mengonsumsi pisang memiliki performa yang sama dengan atlet yang minum minuman berolahraga. Dari sinilah, para peneliti menyimpulkan bahwa pisang adalah sumber energi yang baik, khususnya dapat dikonsumsi sebelum dan selama periode latihan yang intens. 


    3. Semangka


    Selain pisang, mengonsumsi semangka dinilai juga dapat membantu mengatasi rasa lelah yang kamu alami. Ini karena, semangka merupakan sumber hidrasi yang baik, yakni mengandung sekitar 92% air, vitamin C, vitamin A, dan banyak nutrisi lainnya. Sebuah ulasan dari 2010 menunjukkan bahwa hidrasi yang tepat dapat memberikan perasaan lebih semangat. Sementara dehidrasi dapat meningkatkan perasaan lelah. 


    4. Chia seed


    Chia seed menjadi salah satu sumber energi baik berkat kandungan karbohidrat, lemak sehat, dan serat di dalamnya. Ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung dan anti-inflamasi. Menurut satu studi kecil tahun 2011 dalam Journal of Strength & Conditioning Research, yang melibatkan enam atlet endurance menemukan bahwa mengonsumsi chia seed dapat memberikan energi yang sama dengan atlet yang minum minuman olahraga. 


    Untuk keperluan sehari-hari, menaburkan beberapa sendok makan biji chia ke dalam semangkuk smoothie atau menambahkan satu sendok ke yogurt dapat memberikan dorongan energi yang cukup untuk mencegah kelelahan.


    5. Oats


    Makanan yang bisa membantu mengatasi rasa lelah berikutnya yaitu oat. Makanan ini diperkaya akan serat dan karbohidrat kompleks. 


    Tubuh dapat dengan mudah memecah karbohidrat refined dan menggunakannya untuk memberikan dorongan energi jangka pendek. Berbeda dengan karbohidrat kompleks yang lebih sulit dipecah oleh tubuh, sehingga membuatnya menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. 


    Kamu dapat menambahkan buah-buahan ke dalam semangkuk oat, seperti pisang atau buah beri, untuk memberikan dorongan energi sepanjang hari. 


    6. Sayuran berdaun hijau


    Mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti kale disebut-sebut dapat membantu mengatasi rasa lelah. Ini karena, kale kaya akan vitamin, antioksidan, dan zat besi. Sel darah merah dalam tubuh memerlukan mineral penting, seperti zat besi, untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan menggunakannya sebagai sumber energi. Untuk alasan ini, kadar zat besi yang rendah bisa menjadi penyebab mengapa kamu mudah untuk merasa lelah atau kekurangan energi. 


    Bayam adalah sayuran berdaun hijau lainnya yang kaya akan zat besi, vitamin K dan magnesium, yang juga bisa membantu mengatasi rasa lelah. 


    Menambahkan kale dan bayam ke dalam menu makanan dapat membantu mengatasi rasa lelah dan memberikan dorongan energi. 


    7. Kacang-kacangan 


    Kacang-kacangan adalah makanan lainnya yang baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah dan melawan rasa lapar. Mengonsumsi kacang-kacangan dapat memberikan nutrisi dan energi yang sehat. 


    Cobalah almond, kacang Brazil, kacang mete, hazelnut, dan walnut sebagai camilan sehat yang bisa sekaligus memberikan dorongan energi. 


    (Baca juga : Inilah 11 Alasan Mengapa Kamu Sering Merasa Lapar!)


    Makanan dan minuman yang harus dihindari


    Alih-alih memberikan dorongan energi, beberapa makanan dan minuman justru dapat meningkatkan perasaan lelah. Misalnya, makanan dan minuman tinggi gula dapat meningkatkan energi untuk sementara, tetapi lonjakan ini sering menyebabkan penurunan segera setelahnya. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan kelelahan sepanjang hari meliputi:


    - Makanan dan minuman tinggi gula

    - White bread

    - Makanan yang dipanggang

    - Makanan dan minuman berkafein tinggi

    - Makanan olahan berat (heavily processed foods), seperti keripik kentang


    Cara alami lainnya untuk mengatasi rasa lelah


    Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat juga dapat membantu meningkatkan dorongan energi, agar lebih siap untuk menjalani hari yang sibuk. Menurut American Council on Exercise, menyarankan bahwa olahraga teratur dapat menghindari seseorang untuk mudah merasa lelah. Selain itu, memiliki waktu dan kualitas tidur yang baik juga dapat membantu menjaga tingkat energi, sekaligus menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dan menjaga nafsu makan yang sehat. 


    Mengelola stres adalah cara lainnya untuk mengatasi rasa lelah. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi dan mengelola tingkat stres, ini termasuk meditasi, yoga, olahraga atau latihan fisik secara rutin, menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga dan teman, serta menyisihkan waktu untuk hobi. Jika stres yang kamu alami cukup parah, kamu bisa mencari bantuan profesional. 








  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below