Mudah, Ini Dia Cara Menghilangkan Blackhead yang Mengganggu


  • Mudah, Ini Dia Cara Menghilangkan Blackhead yang Mengganggu
    Cara menghilangkan blackhead. (Foto: Dok. Dimid-86/iStock)

    Sebagai orang yang mempedulikan penampilan, tentunya komedo menjadi salah satu hal paling menyebalkan. Komedo sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni blackhead dan juga whitehead. Blackhead ini cukup sering terjadi, sehingga banyak perempuan yang mencari informasi tentang bagaimana cara menghilangkan blackhead yang baik dan benar supaya tidak muncul lagi.

    Blackhead atau yang dinamakan juga dengan komedo hitam adalah titik-titik berwarna gelap yang muncul di pori kulit. Meski bisa menyerang punggung, leher, bahu, dada dan juga tangan, nyatanya blackhead ini malah seringnya muncul di bagian wajah. Itulah mengapa cara menghilangkan blackhead sangat penting diketahui.

    Pasalnya, meskipun tidak menyebabkan rasa nyeri, blackhead tetap saja mengganggu penampilan yang berakhir membuatmu tidak percaya diri. Lalu, sebenarnya apa yang menjadi penyebab komedo hitam ini? Yuk, simak uraian informasi di bawah ini.



    (Baca juga: Ketahui Cara Menghilangkan Komedo Di Area Dagu)


    Ada beberapa faktor penyebab terjadinya blackhead yang harus kamu perhatikan, antara lain seperti:

    - Adanya produksi minyak yang berlebihan.

    - Karena perubahan hormon akibat dari konsumsi pil KB, menstruasi atau obat tertentu.

    - Adanya iritasi yang terjadi pada folikel rambut.

    - Disebabkan tumpukan bakteri propionibacterium acnes.

    - Konsumsi makanan atau minuman tertentu yang banyak mengandung gula atau produk olahan susu.


    Nah, dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu bisa lebih berhati-hati agar blackhead tidak terjadi. Meski begitu, kamu juga harus tahu juga tentang cara menghilangkannya apabila sudah terlanjur ada.

    1. Melakukan Chemical Peeling

    cara menghilangkan blackhead

    (Menghilangkan blackhead. Foto: Dok. Sam Lion/Pexels)

    Chemical peeling merupakan salah satu metode perawatan kulit yang dapat kamu coba. Di mana perawatan yang satu ini dalam prosesnya memakai bahan-bahan kimia seperti asam glikolat, asam salisilat, hingga asam retinoat. Nantinya chemical peeling ini mampu mengelupas lapisan teratas kulit sehingga menggantikannya dengan kulit baru yang lebih halus.

    Metode ini juga akan membantu pengangkatan minyak serta sel kulit mati yang mana menjadi penyebab datangnya blackhead. Ada banyak sekali tempat perawatan kecantikan yang menyediakan metode ini dan bisa kamu lakukan.

    (Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Komedo)

    2. Memakai Produk dengan Kandungan Asam Salisilat

    Asam salisilat dapat jadi cara menghilangkan blackhead yang tepat, biasanya bahan ini terkandung dalam beberapa produk perawatan kulit. Nah, kamu harus jeli melihat di bagian kemasannya, apakah produk tersebut mengandung salicylic acid atau tidak.

    Kenapa salicylic acid ini bisa membantumu menghilangkan komedo hitam? Sebab, ia memang mempunyai kemampuan dalam membersihkan sel kulit mati juga minyak yang berlebih. Jadi, cermati dulu bahan-bahan yang ada di kemasan suatu produk kecantikan jika kamu ingin membelinya ya.

    3. Melakukan Laser Terapi

    cara menghilangkan blackhead

    (Melakukan Laser. Foto: Dok. Dimid-86/iStock)

    Metode perawatan kulit dengan cara laser mungkin sudah sangat familiar kamu dengar, apalagi saat ini teknologi sudah demikian canggihnya. Alhasil kamu juga bisa memanfaatkan metode ini untuk menghilangkan blackhead yang sangat mengganggu khususnya di bagian wajah.

    Dalam prosesnya, laser terapi dapat membunuh berbagai macam bakteri di dalam kulit sekaligus membuat produksi minyak berlebih jadi berkurang. Metodenya juga mempunyai keunggulan lain yakni sama sekali tidak merusak lapisan kulit di bagian atas, meskipun dapat menembus hingga permukaan kulit bagian bawah.

    4. Memakai Losion atau Krim dengan Kandungan Retinoid

    Krim atau losion semacam ini dapat membantumu untuk membuka pori-pori sehingga dapat membantu terjadi regenerasi kulit. Sayangnya, menggunakan krim atau losion dengan retinoid ini bisa membuatmu lebih sensitif terhadap sinar UV yang artinya kamu hanya bisa menggunakan ini jika saat malam hari saja, kurang lebih sebelum tidur.

    Meskipun ada beberapa krim atau losion retinoid yang dijual bebas di pasaran, tetap saja kamu harus berhati-hati dalam memilihnya. Akan lebih baik jika berkonsultasi dulu dengan dokter dan mendapatkan resep secara langsung karena untuk urusan kulit jangan sampai main-main.

    5. Tips Untuk Mencegah Blackhead


    (Mencegah blackhead. Foto: Dok. Torwai/iStock)

    Setelah tahu cara menghilangkan komedo hitam, tentunya kamu juga harus paham tentang apa saja tips mencegah terjadinya blackhead ini, di antaranya adalah:

    - Rajin cuci muka maksimal 2 kali sehari.

    - Pakai pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit.

    - Hindari kebiasaan memencet komedo.

    - Rutin konsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

    - Rutin melakukan eksfoliasi dengan scrub atau spoon supaya sel kulit mati terangkat.

    - Melakukan pembersihan kulit dengan teknik double cleansing yakni dengan oil cleanser dan juga sabun.


    Nah, itu dia sekian informasi tentang cara menghilangkan blackhead yang bisa kamu lakukan. Sekaligus mengenai cara pencegahannya agar kamu bisa lebih percaya diri lagi soal penampilan. Bagaimanapun, kulit yang bersih dan bagus sangat diinginkan oleh semua perempuan dan dibutuhkan perjuangan untuk mewujudkannya.


    (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below