5 Manfaat Teh Bagi Kesehatan


  • 5 Manfaat Teh Bagi Kesehatan
    (Inilah manfaat teh bagi kesehatan yang harus kamu tahu.Foto:Dok.ratnasomantri/instagram)

    Teh telah lama dikenal sebagai minuman yang mampu menurunkan berat badan, terutama di kalangan wanita. Namun di balik itu, teh mengandung banyak zat penting yang patut diketahui. Diantaranya adalah kafein dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding kopi, polifenol yang lebih berkhasiat dibandingkan vitamin E dan C, juga essential oil yang membantu memberikan aroma pada teh.

    Manfaat itu tadilah yang bisa menambah khasiat bagi kesehatan tubuh. Bahkan juga, efektif untuk menenangkan hati dan pikiran, guna menunjang aktifitas yang menyibukkan diri. Selain itu, apa lagi manfaat teh bagi kesehatan? dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya.


    1. Melarutkan Lemak dan Menurunkan Berat Badan

    Manfaat teh bagi kesehatan
    (Serving Teh Hijau. Foto:Dok.brewsuniq/instagram)

    Sebab terdapat kandungan essential oil di dalam teh, kandungan ini dapat membantu pengonsumsi untuk memperlancar proses buang air kecil dan buang air besar mereka. Pencernaan juga didorong untuk lebih lancar memproses makanan sehingga kandung lemak pada tubuh pun dengan mudah terbakar. Dengan demikian, proses diet sehat menggunakan teh pun terbantu. Menurut sebuah penelitian di tahun 2011 oleh Journal Obesity, seekor tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan diberikan zat teh hijau memiliki laju penambahan berat badan yang lebih lambat dibanding tikus yang diberikan diet yang serupa namun tak mengonsumsi zat teh hijau. Namun tidak disarankan untuk mengonsumsi teh secara instan sebab mengandung gula. Lebih dianjurkan untuk merebus sendiri teh untuk dikonsumsi.


    2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Manfaat teh bagi kesehatan
    (Teh Hijau. Foto:Dok.thechowhound40/instagram)

    Seperti yang telah diulas sebelumnya, teh mengandung polifenol katekin yang memiliki manfaat untuk mengeluarkan energi dalam tubuh yang bersifat menghangatkan tubuh, atau secara scientific dikenal sebagai thermogenesis. Dalam proses ini, lemak dengan cepat teroksidasi dan sensitivitas insulin untuk membantu metabolisme tubuh pun meningkat. Dengan metabolisme tubuh yang meningkat tubuh, juga berhubungan dengan manfaat pertama dimana pencernaan pun menjadi lancar.






    3. Mencegah Diabetes

    Manfaat teh bagi kesehatan
    (Teh Hijau Dengan Lemon. Foto:Dok.sitti_surianti/instagram)

    Dengan banyaknya produk makanan maupun minuman yang mengandung gula buatan, diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Dengan mengonsumsi teh, diabetes pun dapat dicegah. Ini dilatarbelakangi oleh kandungan kafein dalam teh yang dapat menurunkan resiko terjangkit penyakit diabetes. Ini disebabkan oleh kadar kafein dalam teh yang berada dalam batas aman, tidak sebanyak yang terkandung di dalam kopi.


    4. Meningkatkan Mood dan Mencegah Moodswing

    Manfaat teh bagi kesehatan
    (Teh Hijau Instan. Foto:Dok.hungry__sheep/instagram)

    Beralih dari teh hijau, jenis teh hitam mampu membantu mengendalikan moodswing atau perubahan mood secara drastis. Berdasarkan penelitian oleh Journal of Medical Association, teh hitam terbukti dapat membantu mengendalikan moodswing karena kandungan kafein di dalamnya. Teh hitam membantu menurunkan kadar tekanan darah sistolik dan mengurangi kadar hormon stres. Sehingga, pengonsumsi teh hitam cenderung merasa lebih tenang dan lebih mampu mengendalikan moodnya.






    5. Membantu Meningkatkan Kecantikan

    Manfaat teh bagi kesehatan
    (Seduhan Teh Hijau. Foto:Dok.ratnasomantri/instagram)

    Dengan mengendapkan teh hijau, endapan itu dapat digunakan sebagai basuhan pada rambut dan membuat rambut tampak lebih bercahaya. Teh hanya perlu dibasuhkan kepada rambut, didiamkan beberapa menit, kemudian dibilas menggunakan sampo. Kandungan pathenol pada teh hijau yang membantu mengurani kerusakan pada rambut dan akar yang bercabang.

    Selain itu, teh juga berguna sebagai antioksidan bagi wajah dan mata. Masker yang dibuat dengan bahan dasar teh akan membantu mencegah kekeringan pada kulit. Dengan mengompres bagian bawah mata menggunakan teh, kompresan ini dapat membantu mengurangi kantung mata atau yang biasa dikenal sebagai mata panda berkat kandungan tanin di dalamnya. Selain itu, antioksidan juga berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, guna mencegah munculnya kerutan pada banyak bagian tubuh. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.


    Dengan memahami manfaat teh bagi kesehatan di atas, kini kita dapat mengolah teh dengan baik dan mengonsumsinya dalam batas wajar. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan berakhir dengan baik.


    (Penulis: Gabrielle Garnetta Candra Putri)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below