Tips Kelola Bisnis dari Para Ahli



  • Menjadi seorang entrepreneur bisa jadi merupakan keinginan hampir sebagian besar orang. Kini, semakin banyak dari kita yang berlomba-lomba untuk membangun berbagai macam bisnis. Namun, besar atau kecilnya sebuah bisnis, tetap perlu didasari dengan fondasi manajemen yang kuat. Well... siapa lagi yang pantas mengajarkannya selain mereka yang telah berhasil di bidang tersebut?

    Cari tahu apakah ide Anda unik atau tidak. Saat Anda berhasil menemukan ide yang brilian, kemungkinan besar Anda bisa menghasilkan milyaran. Sebelum Anda menghabiskan banyak uang dan waktu untuk membangun proyek tersebut, pastikan bahwa bisnis itu cukup unik dan inovatif dan bisa dilindungi. Steve van Dulken, Ahli Informasi, British Library Business & IP Centre.

    Biarkan kustomer menginsiprasi inovasi Anda. Inovasi adalah pusat dari pertumbuhan bisnis. Usahakan untuk selalu mencoba membangun ide-ide baru dari kostumer Anda dan telitilah masalah-masalah apa saja yang mereka hadapi. Anthony Keyworth, Planning & Products Director, Everything Everywhere.



    Sediakan waktu untuk menciptakan kreativitas. Dedikasikan setidaknya dua jam setiap akhir minggu untuk mencari inspirasi. Sebagian besar orang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja, sehingga mereka tak memiliki waktu kosong demi mendapatkan ide atau konsep baru. Jim Shaikh, Pendiri dan CEO, yoomi.

    Jangan lakukan apa yang tidak Anda sukai. Menjalankan sebuah bisnis akan membutuhkan banyak waktu, air mata, hingga tenaga (dan kafein). Namun pada akhirnya, Anda harus membangun sesuatu yang dapat Anda banggakan. Membangun sebuah bisnis berarti mengembangkan apa yang kita cintai, sesuatu yang bisa kita banggakan, dan mampu merubah hidup orang lain. Richard Benson, Pendiri, Virgin Airlines.

    Be bold. Membangun sebuah bisnis yang baik berarti berani untuk mengambil resiko. Berada di dunia yang terus berkembang, Anda dapat dipastikan gagal jika tidak berani mengambil resiko, baik kecil ataupun besar. Mark Zuckerberg, Pendiri, Facebook.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)