Pasangan Selingkuh, Pilih Cerai Atau Bertahan?


  • Pasangan Selingkuh, Pilih Cerai Atau Bertahan?
    Tentukan pilihanmu sekarang. (Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

    Perselingkuhan tidak pernah habis dibahas. Penelitian terbaru Us Journal dari Marital and Family Therapy bahkan menunjukkan bahwa 57% pria dan 54% wanita setidaknya pernah berselingkuh 1 kali. Tentu tak ada yang ingin jadi korban perselingkuhan apalagi setelah menikah, tapi pernahkah kamu berpikir, apa yang akan terjadi jika ini terjadi padamu? 


    Saat pasangan selingkuh, apakah kamu memilih cerai atau bertahan. Dilansir dari situs Marie Claire, ada beberapa cara yang bisa membantumu membuat keputusan ini.


    Bicarakan semuanya pada pasangan

    Kamu tentu punya banyak pertanyaan pada pasangan. Mulai dari alasan selingkuh, sejak kapan, apakah perasaan itu menetap dalam hati, dan masih banyak lagi. Tanyakan semuanya pada si dia walau jawabannya akan menyakitkan. Tapi, dengan begini, kamu justru akan terbantu untuk berdamai dengan diri sendiri di masa depan. Ada baiknya pula untuk mengatur batasan waktu saat membahas hal ini, mungkin sekitar 15-30 menit.


    (Baca Juga: Tanda Pria Selingkuh Melibatkan Hati)


    Berusaha untuk sembuh

    Emosi yang kamu rasakan setelah tahu pasangan selingkuh pasti berkecamuk. Segera cari bantuan profesional untuk membantumu menerima kenyataan ini. Kamu juga bisa mengajak pasangan untuk mencoba terapi individual. Ingat, kamu enggak harus buru-buru melakukannya di awal terjadinya perselingkuhan, hanya lakukan saat kamu sudah siap. Di sinilah nantinya kamu bisa mulai menentukan apakah kamu ingin bercerai atau bertahan.


    Tak perlu buru-buru

    pasangan selingkuh cerai atau bertahan

    (Tentukan keputusan untuk cerai atau bertahan saat pasangan selingkuh. Foto: Dok. MART PRODUCTION/Pexels)

    Sembuh dari perselingkuhan bukan hal yang mudah. Semua orang tahu itu. Jika akhirnya kamu memutuskan untuk bertahan, kamu bisa melanjutkan terapi dan komunikasi dengan pasangan. Hal ini tentu akan membuat hubungan kalian jadi lebih baik. Tapi bersiaplah menghadapi momen flashback yang bisa membuatmu kembali merasa sakit hati akibat perbuatan pasangan. Ingat, hal ini sangat wajar terjadi dan merupakan bagian dari proses self-healing.


    (Baca Juga: Walau Sakit, Begini Cara Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh)


    Ubah pola pikirmu

    Terakhir, daripada melihat perselingkuhan sebagai sebuah masa kelam dalam hidupmu, kamu bisa coba "mengubahnya" menjadi suatu momen yang membuatmu "lahir kembali". Ini adalah awalan dari perubahan hidupmu yang lebih bahagia dan sukses. Tentu ini akan jadi hal baik untuk hubungan asmaramu ke depan, baik saat kamu memutuskan untuk bercerai atau bertahan dengan si dia.


    Itulah beberapa hal yang bisa membantumu memutuskan untuk cerai atau bertahan saat pasangan selingkuh. Apapun keputusan yang kamu ambil, percayalah bahwa kamu adalah seorang pemenang yang berhasil keluar dari lembah terkelamnya.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles