Tips Seduh Teh yang Benar dari Pakar Teh Ratna Somantri


  • Tips Seduh Teh yang Benar dari Pakar Teh Ratna Somantri
    Ratna Somantri seorang Kepala Bagian Promosi Dewan Teh Indonesia berbagi cara membuat teh dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh orang. (Foto: Dok/Pexels.com)


    Bikin teh meski sekilas tampak sederhana, ternyata sangat menentukan akan khasiatnya terhadap tubuh. Hal ini disampaikan pakar teh, Ratna Somantri beberapa waktu lalu. Menurut dia, teh jika diracik dengan benar akan membawa khasiat lebih banyak, diantaranya meningkatkan stamina, dan antioksidannya mampu melawan radikal bebas.

    Kata dia, teh yang baik diseduh dengan air hangat bersuhu 70-80 derajat Celcius, serta disaring sebelum diminum. 



    "Ketika terkena air panas, teh akan terus terekstrak. Itu yang membuat kadang jadinya terlalu pekat, sehingga manfaat yang didapatkan tidak maksimal," jelasnya saat ditemui dalam Afternoon Tea With Southgate Residence, Jakarta, (7/9). "Biasanya untuk takaran itu, 100 ml (air) untuk 1 gram teh," tambahnya.


    (Baca Juga: 7 Resep Teh Indonesia Yang Mudah Dibuat dan Sehat)



    (Ratna Somantri seorang ahli dan pakar teh di Indonesia.Foto:Dok.Hafizah Rana/Her World Indonesia)


    Selain cara meracik teh, waktu mengkonsumsinya juga mempengaruhi kandungannya dalam menyehatkan tubuh. Menurut Ratna, kebiasaan orang Indonesia yang kerap kali mendinginkan teh dengan waktu yang lama, akan merusak kandungan antioksidan di dalamnya.

    "Kalau dibiarkan begitu saja, akan terekspos dengan udara. Jadi, sebaiknya kita minum teh, ya dihabiskan saat itu, termasuk juga dengan seduhannya, misalnya kita sudah seduh, tapi kemudian ditinggalkan karena ada aktivitas, lalu tiga jam kemudian balik dan meminumnya, itu antioksidannya juga sudah menurun," ujar Ratna.

    Oleh karenanya, kata dia, jika ingin merasakan khasiat teh yang baik untuk tubuh, ada baiknya memperhatikan proses pembuatan teh, dan juga diminum dengan cara baik dan benar. 



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below