Cara Mengurangi Kantong Mata Akibat Kelelahan


  • Cara Mengurangi Kantong Mata Akibat Kelelahan
    (mengurangi kantong matamu dengan cara ini. Foto: Dok.zdravinjo/istockphoto))

    Kesibukan saat bekerja membuat waktu tidurmu berkurang, dan akhirnya kantong mata semakin gelap. Kantong mata adalah masalah yang sering dialami oleh para mahasiswa dan juga pekerja. Hal ini dikarenakan mata yang kelelahan akibat bekerja dan juga usia yang bertambah yang menyebabkan berkurangnya kolagen di kulit sekitar area mata. Kantong mata membuat penampilanmu tampak tidak segar karena kelopak mata yang lebih kendur dari yang biasanya.




    Nah, sebelum kamu panik, berikut cara mengurangi kantong mata yang bisa kamu coba.


    (Baca juga: Sering Merasa Lelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!)


    1. Kompres dingin

    cara mengurangi kantong mata

    (kompres dingin matamu. Foto: Dok.Bru-nO/pixabay)

    Untuk memberi efek meredakan kelelahan pada mata, kompres dingin matamu dengan kompres es, irisan timun yang dingin, ataupun dengan sendok yang sudah didinginkan. Rasa dingin ini mampu untuk mengurangi peradangan dan juga pembengkakan dengan mengurangi aliran darah. Sama seperti kamu yang mengompres luka untuk menghentikan pembengkakan dan aliran darahnya. Untuk mengurangi kantong matamu, kompres mata selama 10-15 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


    2. Memakai krim mata

    cara mengurangi kantong mata

    (rajin oleskan eye cream setiap malam. Foto: Dok.PavelKriuchkov/istockphoto)

    Untuk mendorong berkurangnya kantong matamu, gunakanlah eye cream. Eye cream memiliki kandungan khusus seperti chamomile, mentimun, atau arnica yang mampu mengurangi peradangan pada kulit dan juga mengencangkan kulit pada kantong mata yang kendur. Eye cream juga memiliki kandungan vitamin C. vitamin K, ataupun vitamin E yang juga bisa mengurangi kantong matamu. Gunakanlah eye cream setiap malam sebelum tidur, untuk tampil lebih menyegarkan di pagi hari.


    3. Mengurangi asupan garam

    cara mengurangi kantong mata

    (jangan terlalu banyak mengonsumsi garam. Foto:Dok.Bru-nO/pixabay)

    Tak hanya bisa mengikat lemak saja, tetapi lemak juga bisa menjadi dalang di balik munculnya kantong matamu. Garam dapat memicu retensi cairan tubuh yang bisa membuat terjadinya pembengkakan, tak terkecuali pembengkakan di area mata. Oleh karena itu, kurangilah asupan asin garam baik dari makanan olahan maupun kemasan. Kamu bisa mengganti asupan tersebut dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi seperti yoghurt, kacang, pisang dan juga sayuran hijau yang tinggi kalium yang mengurangi kantong mata kamu.


    4. Minum air putih yang cukup

    cara mengurangi kantong mata

    (cukup konsumsi air putih yang kamu butuhkan. Foto:Dok.Svitlana Hulko/istockphoto)

    Cara mengurangi kantong mata lainnya adalah dengan memastikan tercukupinya cairan tubuh. Berat badan kamu terbentuk dari 60% air, sehingga ketika cairan tubuhmu kurang, maka akan terjadi dehidrasi dan bisa menyebabkan munculnya kantong di bawah matamu. Beberapa ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi 6 sampai dengan 8 gelas air per harinya.


    (Baca juga : Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Membantu Mengatasi Rasa Lelah!)


    5. Membatasi konsumsi alkohol

    cara mengurangi kantong mata

    (kurangi konsumsi alkoholmu.Foto:Dok./amiera06/pixabay)

    Saat kamu mengonsumsi minuman beralkohol, terutama jika minuman ini dikonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan dehidrasi yang akhirnya mampu mengakibatkan munculnya kantong mata hitam. Alkohol memang memiliki pengaruh buruk terhadap kulitmu karena bisa mengganggu jam tidur dan juga membuat kantong mata dan juga lingkaran hitam disekitarnya tampak lebih jelas. Oleh sebab itu, batasilah kebiasaan konsumsi minuman beralkoholmu, tak hanya untuk kantong matamu, tetapi juga untuk mencegah dirimu dari penyakit lainnya yang bisa disebabkan oleh kecanduan konsumsi alkohol.


    6. Konsumsi makanan kaya kolagen

    cara mengurangi kantong mata

    (sumber vitamin C. Foto:Dok.OksanaKiian/istockphoto)

    Tak hanya karena kesibukkanmu ataupun kebiasaan buruk bergadangmu, kantong mata juga bisa tumbuh akibat seiring bertumbuhnya usiamu. Otot dan juga jaringan penopang kelopak mata menjadi melemah saat usiamu semakin tua. Hal ini dikarenakan kulit yang semakin kendur, dan juga terkumpulnya lemak disekitar area mata. Untuk mengencangkan kulitmu lagi, perlu bagi tubuhmu untuk lebih terdorong memproduksi kolagen yang mampu mengurangi kantong mata dan juga merevitalisasi kulit menjadi lebih baik.

    Makanan yang banyak mengandung vitamin C bisa membantu kamu untuk lebih menyerap banyak asam hialuronat. Dengan asam hialuronat inilah tubuh bisa membantu memproduksi kolagen, sehingga tubuh menjadi lebih kencang, dan juga kantong mata berkurang. Makanan yang menjadi sumber vitamin C ini, yaitu seperti jambu biji, jeruk, kubis, brokoli, stroberi dan banyak lainnya.


    Semoga sederet cara mengurangi kantong mata di atas bisa kamu lakukan untuk mencegah warna gelap yang semakin terlihat di area wajah. Selamat mencoba!


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below