Cara Membuat Warna Rambut Lebih Tahan Lama


  • Cara Membuat Warna Rambut Lebih Tahan Lama
    Inilah cara membuat warna rambut tahan lama (Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Menemukan warna rambut yang sempurna adalah seperti memenangkan hadiah yang luar biasa. Itulah mengapa begitu kamu mendapatkannya, kamu juga harus merawatnya dengan baik agar lebih tahan lama dan tidak pudar secara tiba-tiba. Ada banyak cara membuat warna rambut lebih tahan lama dengan mudah tanpa bantuan salon. 


    Namun, ada baiknya jika kamu memahami kondisi rambut kamu secara keseluruhan. Apa saja caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini.




    (Baca Juga: Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh)


    Jangan terlalu sering mencuci rambut

    Agar warna rambut kamu lebih tahan lama, maka jangan terlalu sering mencuci rambut. Melewatkan hari mencuci memungkinkan warna untuk bertahan lebih lama di rambut kamu. Warna baru pada rambut akan semakin pudar setiap keramas.

    Alih-alih mencuci rambut sesering biasanya, kamu dapat coba menggunakan dry shampoo atau semprotan tekstur pada keseharian kamu untuk menyegarkan diri. Namun, jika kamu benar-benar tidak tahan dengan minyak dan perlu keramas, maka tetap beri waktu pada rambut kamu agar tidak terlalu sering. 


    Menggunakan sampo yang tepat 

    Cara Membuat Warna Rambut Tahan Lama

    (Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Sampo adalah salah satu hal yang penting untuk merawat kesehatan rambut kamu dan menjaga nya agar tetap berkilau. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menggunakan sampo yang tepat jika kamu ingin membuat warna rambut kamu agar tahan lebih lama.

    Sekali seminggu, cobalah untuk menggunakan sampo yang menyimpan warna agar warna rambut kamu tetap terlihat segar. Jika rambutmu berwarna pirang, sampo ungu akan membantu menghilangkan rona kasar. Lalu, apabila warna rambutmu merah cerah atau cokelat, gunakan sampo warna yang sesuai untuk rambut kamu. 

    Kamu juga bisa membawa sampo favorit kamu ke salon dan minta penata rambut kamu untuk mencampur warna yang tersisa. Lalu jadilah, kamu memiliki sampo pribadi yang akan membuat pekerjaan pewarna kamu terlihat segar lebih lama. Selain penahan warna, menggunakan sampo yang bebas sulfat juga sama pentingnya karena dapat menghilangkan minyak, kelembaban, dan warna rambut kamu.


    (Baca Juga: 7 Pewarna Rambut Alami Untuk Mewarnai Rambut)


    Menggunakan kondisioner

    Saat kamu keramas, pastikan untuk menggunakan kondisioner pada rambut yang diwarnai dengan kondisioner pelindung warna. Kondisioner akan membantu warna rambut kamu terlihat lebih bersinar dan lebih merata. Bahkan jika kamu memiliki rambut halus, kamu harus tetap menggunakan kondisioner pada ujung rambut, yang merupakan rambut tertua dan memiliki kerusakan paling banyak.

    Kondisioner yang mengandung minyak seperti tahitian monoi yang berasal dari kacang Ojon dapat membantu menahan pemudaran dan menciptakan penghalang pelindung pada rambut yang diwarnai. Selain itu, ada juga kondisioner yang diformulasikan khusus untuk mencegah pemudaran pada rambut yang diwarnai.


    Hindari alat penata rambut yang panas

    Cara Membuat Warna Rambut Tahan Lama

    (Foto:Dok.polina/pexels)

    Ingin warna rambut kamu tahan lama? Hindari pengering atau pelurus rambut kamu karena alat penata rambut yang panas dapat menyebabkan warna rambut kamu lebih cepat pudar, mengeringkan, dan merusak rambut terutama setelah perawatan. 


    (Baca Juga: 5 Rekomendasi Masker Rambut yang Baik untuk Perawatan)


    Gunakan hair mask

    Masker rambut adalah perawatan rambut deep conditioning. Masker rambut diformulasikan berdasarkan jenis rambut yang berbeda, dan berfungsi untuk memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan batang rambut untuk membuat rambut kamu berkilau, halus, dan juga kuat.

    Sebaiknya kamu mengetahui jenis dan kondisi rambut kamu secara spesifik agar dapat memilih jenis masker rambut terbaik untuk hasil terbaik. Dalam memiliki rambut berwarna, kamu harus fokus pada produk hair mask yang dapat menjaga kesehatan rambut dan kelembaban rambut agar tetap terlihat fresh dan tidak kusam sekaligus mempertahankan warnanya yang bercahaya.


    Touch up akar

    Cara Membuat Warna Rambut Tahan Lama

    (Foto:Dok.polina/pexels)

    Jika kamu memiliki rambut yang berwarna, cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan kilauan warna rambut kamu kamu adalah dengan touch up akar rambut kamu. Akar rambut yang mulai tumbuh akan memperlihatkan warna asli rambut kita dan ketika itu terjadi, kamu ingin memastikan bahwa kamu telah mempersiapkan produk yang tepat untuk menjaga akar kamu dalam kondisi yang sehat dan memberi warna pada rambut kamu. 


    Itulah cara-cara untuk membuat warna rambut kamu tahan lebih lama. Semoga berhasil!


    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below