Cara Mengencangkan Kulit Wajah


  • Cara Mengencangkan Kulit Wajah
    Beberapa cara untuk mengencangkan kulit wajah. (Foto:Dok.Ekaterina/pexels)

    Apakah kamu sering menemukan dirimu secara tidak sadar menarik kembali kulit wajah ketika sedang melihat ke cermin?

    Kulit wajah yang kendur sebenarnya adalah proses normal yang terjadi seiring bertambahnya usia. Garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur adalah beberapa tanda dari penuaan. Namun, hal tersebut dapat mempengaruhi penampilan atau rasa percaya diri. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitasnya dan ini yang menyebabkan kulit menjadi kendur.

    Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Seperti, merokok, kurangnya minum air putih, dan lain sebagainya. Nutrisi yang terganggu karena pola makan yang buruk dapat mengganggu produksi kolagen dan kurangnya aktivitas fisik yang menyebabkan sirkulasi darah yang buruk sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur.



    Berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengencangkan kulit kembali kulit wajah yang kendur.


    (Baca juga: Rekomendasi Serum Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat)


    Mengurangi konsumsi gula

    Salah satu cara untuk mengencangkan kulit wajah yang kendur adalah dengan mengurangi konsumsi gula. Mengkonsumsi gula secara berlebihan dan rutin dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kendur dan munculnya kerutan. Dilansir dari Bright Side, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat mempercepat proses alami di tubuh yang bernama glikasi. Glikasi menghasilkan advanced glycation end products (AGEs) yang dapat memecah kolagen yang diproduksi tubuh (protein yang membuat kulit kencang) lebih cepat dari yang seharusnya dan mencegahnya untuk direproduksi secara teratur sesuai kebutuhan.


    Minyak kelapa

    cara mengencangkan kulit wajah

    (Cara mengencangkan kulit wajah dengan minyak kelapa.Foto:Dok.Alexandr/pexels)

    Minyak kelapa dapat memperlambat proses penuaan dengan memberikan sejumlah nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit kamu. Minyak kelapa dapat menghidrasi kulit, menurunkan pori-pori tersumbat, garis-garis halus, dan kerutan dalam prosesnya. Caranya juga cukup mudah, ambil beberapa tetes minyak kelapa di telapak tangan kamu dan oleskan dengan lembut di wajah kamu. Gosok dengan gerakan melingkar dan pijat wajahmu selama lima hingga sepuluh menit. Biarkan semalaman lalu bilas dengan air hangat di pagi hari.


    Pijat wajah secara teratur

    Cara mengencangkan kulit wajah selanjutnya adalah dengan memijat wajah secara rutin. Perawatan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di wajah dan leher. Dilansir dari Alo Dokter, cobalah memijat wajah kamu dengan gerakan memutar atau dari bawah ke atas agar mencegah munculnya keriput dan garis halus. Lakukan pijat wajah secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, kamu juga bisa mencoba pijat akupresur pada wajah untuk meredakan ketegangan dan merelaksasi otot di wajah. Walaupun cara ini belum terbukti secara ilmiah dapat mengencangkan kulit, setidaknya pijatan pada wajah dapat memberikan rasa nyaman dan rileks.


    (Baca juga: Mencegah Penuaan Dini, Ini Manfaat Vitamin D Untuk Kulit)


    Menggunakan sunscreen

    cara mengencangkan kulit wajah

    (cara mengencangkan kulit wajah dengan menggunakan sunscreen.Foto:Dok.Elena/pexels)

    Salah satu cara mengencangkan kulit wajah yang ampuh adalah dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya. Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari sinar matahari. Paparan sinar UV kerap dikaitkan dengan kemunculan tanda penuaan, seperti kulit kendur, garis-garis halus, kerutan, hingga risiko kanker kulit.


    Minum air putih yang cukup

    Cara alami mengencangkan kulit wajah juga perlu didukung dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Minum air putih yang cukup dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tanda-tanda penuaan lebih mudah tersamarkan. Selain air putih, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.


    (Baca juga: 7 Serum untuk Mengatasi Penuaan Dini yang Patut Dicoba)


    Menggunakan krim anti-penuaan

    cara mengencangkan kulit wajah

    (cara mengencangkan kulit wajah dengan menggunakan krim anti-agingFoto:Dok.Ron/pexels)

    Penggunaan krim anti-aging yang cocok juga dapat mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit wajah yang kendur. Perhatikan beberapa kandungan yang sebaiknya ada dalam krim anti- penuaan, seperti Retinol, Vitamin C, Hyaluronic acid, Lactic acid, dan Hlycolic acid. Kandungan tersebut bermanfaat dalam mengencangkan kulit wajah. Selain bahan-bahan tersebut, krim yang mengandung kolagen juga bisa jadi tambahan untuk menambah kekencangan pada kulit wajah karena dengan kolagen, kesehatan kulit akan lebih terjaga sekaligus meningkatkan kekenyalannya. Alhasil, kulit akan terlihat lebih kencang dan tampak awet muda.


    Itulah cara-cara mengencangkan kulit secara alami yang bisa kamu lakukan di rumah. Selamat mencoba!



    (Penulis: Putri Raiza)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below