Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Menggunakan Conditioner


  • Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Menggunakan Conditioner
    (Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Menggunakan Conditioner.Foto:Dok.torwai/istockphoto)

    Semua orang menginginkan rambut yang sehat, lembut dan berkilau. Maka dari itu, orang-orang berbondong-bondong untuk melakukan perawatan ke para ahli, dan bahkan membeli produk-produk perawatan rambut untuk mendapatkan rambut sehat, lembut dan berkilau ini, sehingga orang-orang tidak ragu mengeluarkan uang banyak demi memperindah mahkotanya para wanita ini.

    (Baca juga:12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!)



    Salah satu produk yang mampu membantu rambutmu tampak lebih sehat ini adalah conditioner, yang biasanya menjadi pasangan sampo. Sering kali orang-orang melewatkan conditioner dan hanya menggunakan sampo untuk membersihkan rambut dan kulit kepala. Namun, jika kamu ingin benar-benar mendapatkan rambut sehat itu, lakukanlah dengan lebih maksimal dengan paduan komplit sampo ini. Conditioner tak hanya memberikan rambut lembab dan berkilau saja, tetapi conditioner juga membantu menggantikan minyak pada rambut supaya rambut tidak terlalu kering dan melindungi rambutmu dari kerusakan akibat polusi udara dan juga paparan sinar matahari yang menyengat.


    Untuk melakukan perawatan rambutmu dengan conditioner ini, kamu tidak boleh sembarangan dalam penggunaannya, jika kamu melakukannya dengan sembarangan, maka hasilnya tidak akan terlihat. Ada cara tepat dalam penggunaan conditioner yang harus kamu ketahui untuk kamu yang mau melakukan perawatan agar rambutmu lebih indah. Ikutilah rangkaian step menuju rambut sehat, lembut dan berkilau.


    1. Cuci rambut dengan sampo hingga bersih

    cara menggunakan conditioner

    (cuci bersih rambut.Foto:Dok.torwai/istockphoto)

    Jangan mengaplikasikan conditioner sebelum membersihkan rambut dengan shampo sesuai dengan masalah rambut yang kamu miliki. Conditioner diaplikasikan saat rambut sudah bersih dari ketombe, minyak berlebih ataupun kotoran debu lainnya yang menempel pada rambut. Bilas bersih rambut dari sampo menggunakan air.


    2. Jangan aplikasikan conditioner pada rambut basah

    cara menggunakan conditioner

    (jangan aplikasikan conditioner pada rambut basah.Foto:Dok.skynesher/istockphoto)

    Setelah membersihkan rambutmu dengan shampo, jangan langsung aplikasikan conditioner pada rambut yang basah. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebelum mengaplikasikan conditioner pada rambut, peras dahulu rambutmu yang basah secara perlahan lalu tepuk sedikit dengan handuk. Jika mengaplikasikan conditioner saat rambut masih basah, conditioner akan lebih mudah larut dalam air dan hilang begitu saja, sehingga rambut tidak akan mendapatkan nutrisi pada conditioner dengan benar, hanya terasa lembut sebentar saja.


    3. Gunakan conditioner secukupnya

    cara menggunakan conditioner

    (menggunakan conditioner secukupnya.Foto:Dok.microgen/istockphoto)

    Sesuatu yang berlebihan selalu saja bukanlah hal yang baik, begitu pula pada penggunaan conditioner ini. Gunakanlah conditionermu secukupnya menyesuaikan kebutuhan rambutmu, menyesuaikan takaran conditioner dengan volume rambutmu. Dengan itu, rambut bisa menyerap nutrisi dari conditioner dengan maksimal dan membuat rambutmu lebih sehat.

    (Baca juga:Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut)

    4. Jangan mengaplikasikan conditioner pada bagian kulit kepala

    cara menggunakan conditioner

    (gunakan conditioner hanya pada tengah hingga ujung rambut.Foto:Dok.gpointstudio/istockphoto)

    Aplikasikan conditioner dari bagian tengah rambut sampai dengan ujung rambut. Jangan mengaplikasikan conditioner pada bagian kulit kepala. Pengaplikasian conditioner pada kulit kepala dapat menyebabkan kulit kepalamu menjadi berminyak dan lepek, bahkan bagi Sebagian orang akan mengakibatkan alergi jika conditioner diaplikasikan di bagian kulit kepalanya.


    5. Aplikasikan conditioner secara merata dan detil

    cara menggunakan conditioner

    (sisir rambut untuk hasil maksimal.Foto:Dok.puhha/istockphoto)

    Ratakan conditioner secara mendetil pada seluruh helai rambutmu, terkecuali bagian kulit kepala. Kamu bisa meratakan conditioner pada helaian rambutmu dengan jari maupun dengan diapit dengan kedua telapak tanganmu, setelah itu rapihkan rambut dengan sisir. Sisir juga mampu meratakan conditioner sampai masuk ke bagian rambut yang lebih dalam. Penyisiran rambut saat dalam pemakaian conditioner juga bisa membuat rambutmu menjadi lebih mudah untuk diatur. Jika rambut masih kusut, gunakan sisir dengan renggang yang agak besar dan kemudian saat sudah terurai kusutnya, gunakan sisir bergigi rapat untuk meratakan conditioner lebih dalam.


    6. Diamkan 2-3 menit

    cara menggunakan conditioner

    (diamkan rambut.Foto:Dok.Goodluz/istockphoto)

    Setelah pengaplikasian conditioner di atas, diamkan conditioner pada rambut selama 2-3 menit, beri waktu conditioner untuk teresap ke dalam rambut secara sempurna.


    7. Bilas rambut dengan air hingga bersih

    cara menggunakan conditioner

    (bilas bersih rambut.Foto:Dok.torwai/istockphoto)

    Sebagai tindak akhir dari cara menggunakan conditioner ini, bilas rambut hingga bersih dari conditioner. Kamu bisa menggunakan air hangat maupun air dingin untuk membilas rambutmu. Bilas hingga rambut tidak lagi terasa licin karena conditioner yang tersisa pada rambut.

    (Baca juga:Produk Vitamin Yang Cocok Untuk Mengatasi Rambut Rontok)

    Itulah rentetan langkah-langkah cara untuk menggunakan conditioner dengan tepat. Jangan sembarangan menggunakan conditioner, karena bisa saja penggunaanmu yang salah justru membuat conditioner yang kamu gunakan menjadi sia-sia ataupun membuat rambutmu menjadi lebih bermasalah. Jadi diperhatikan yah cara tepat menggunakan conditioner di atas, jangan sampai salah.



    (Penulis: Ellys Natalia)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below