Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut


  • Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut
    Beberapa bahan alami untuk merawat rambut kamu (Foto:Dok.Dary/pexels)

    Apakah kamu tahu bahwa tanpa kamu sadari, banyak produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia buatan yang dapat mengeringkan rambut dan membuat kulit kepala jadi iritasi. 

    Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan tebal kamu perlu jauh-jauh ke salon. Kamu bisa merawat rambut kamu dengan bahan alami yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambut kamu. Kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi rambut kamu, apakah kamu ingin menghidrasi rambut kering, melindungi rambut yang telah diwarnai, mengurangi ketombe atau lainnya. Selain bermanfaat, bahan-bahan alami ini juga mudah ditemukan dan bahkan bisa jadi sudah ada di rumah kamu. 

    Memang banyak produk sampo dan kondisioner yang mengandung bahan-bahan alami, tetapi akan lebih baik jika bahan-bahan ini digunakan secara langsung pada rambut kamu agar khasiatnya lebih terasa. Mau tahu apa saja bahan-bahan alami untuk perawatan rambut? Yuk, simak ulasan berikut. 




    (Baca juga: 12 Cara Menggunakan Hair Mask Yang Benar Agar Rambut Sehat!)


    Minyak argan

    Apakah kamu tahu bahwa minyak argan dapat merawat rambut kamu dan menjaga kesehatannya? Minyak argan kaya akan zat yang dapat mengurangi kekeringan dan khasiatnya dapat langsung menembus batang rambut. Dilansir dari Insider, Lavanya Krishnan, seorang dokter bersertifikat dan Direktur Medis Arya Derm di San Francisco mengatakan bahwa minyak argan sangat bagus untuk menambah kilau pada rambut, sebagian besar karena kandungan vitamin E dan juga sangat bermanfaat untuk rambut yang diwarnai. Mengoleskan minyak argan pada rambut setelah perawatan pewarna dapat mengurangi kerusakan dan kekeringan. Sebuah studi tahun 2013 menerapkan minyak argan kepada rambut yang telah diwarnai dan menemukan bahwa minyak argan efektif dalam mencegah kehilangan protein dan mengurangi kerusakan yang biasanya disebabkan oleh pewarna rambut.


    Lidah buaya


    (Foto:Dok.Daria/pexels)

    Khasiat Lidah buaya untuk menjaga kesehatan rambut sudah tidak perlu diragukan lagi. Tanaman lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit kepala dan rambut. Lidah buaya dapat menjaga rambut tetap terhidrasi dan menghasilkan rambut yang lebih halus. Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengurangi ketombe karena penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman tersebut memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, jika kamu memiliki kulit kepala dan rambut yang gampang berminyak, lidah buaya dapat mengurangi minyak berlebih di sekitar folikel rambut dan membersihkan kulit kepala kamu. Kandungan vitamin A, C, dan E didalamnya juga bermanfaat untuk memanjangkan dan memperkuat rambut. 


    Madu 

    Bahan alami yang dapat merawat rambut kamu adalah madu. Madu kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan rambut akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Madu memiliki sifat humektan yang mampu membantu mempertahankan kelembaban rambut dan sifat antioksidan pada madu kemungkinan membantu mengurangi kerusakan yang dapat berkontribusi pada kerontokan rambut dan menghambat pertumbuhan. Sebuah studi kecil tahun 2001 yang diterbitkan dalam European Journal of Medical Research meneliti 30 peserta dengan dermatitis seboroik dan ketombe. Setengah dari peserta bertindak sebagai kelompok kontrol, dan setengahnya lagi melakukan perawatan madu selama empat minggu. Mereka yang melakukan perawatan rambut madu melihat peningkatan signifikan dalam gatal dan penskalaan hanya dalam dua minggu. Mereka juga mengalami perbaikan dalam kerontokan rambut.


    (Baca juga: Cara Agar Rambut Lembut Dan Jatuh)


    Minyak Kelapa


    (Foto:Dok.Tijana/pexels)

    Minyak kelapa dapat bermanfaat untuk menutrisi rambut yang lemah. Kandungan protein pada minyak kelapa mampu mencegah kerusakan, melindungi serat rambut, dan membuatnya lebih kenyal. Dilansir dari Healthline, sebagian besar dari minyak kelapa terdiri dari asam lemak rantai menengah yang disebut asam laurat. Ini memberikan minyak kelapa struktur panjang dan lurus sehingga dapat lebih mudah diserap jauh ke dalam batang rambut.


    Minyak zaitun

    Minyak zaitun dapat memberi nutrisi pada rambut yang rusak dan kulit kepala. Bahan alami yang satu ini berguna untuk menambah kilau alami rambut dan kandungan vitamin A pada minyak zaitun mampu melindungi keratin rambut dan menjaga kelembabannya. 


    Apple Cider Vinegar


    (Foto:Dok.Rosana/pexels)


    Berikutnya adalah apple cider vinegar atau cuka apel sebagai bahan alami untuk perawatan rambut karena dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala. Sifat toning dalam cuka sari apel dapat membantu menyeimbangkan kepala yang kering dan berminyak. Ditambah lagi, cuka sari apel juga dapat menghilangkan kotoran dan kotoran dari kulit kepala dan rambut.


    Itulah beberapa bahan-bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk perawatan rambut dan juga mudah ditemukan. Selamat mencoba!   



    (Penulis: Putri Raiza)






  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below