Life & health

6 Tips Sehat Untuk Rayakan World Digestive Health Day

By : Amalta Rifani - 2021-05-29 10:00:02 6 Tips Sehat Untuk Rayakan World Digestive Health Day

Selamat Hari Kesehatan Pencernaan Sedunia! Ya, World Digestive Health Day ditetapkan setiap 29 Mei guna mengingatkan kita akan pentingnya memelihara kesehatan sistem pencernaan. Lalu, sejauh mana usahamu dalam menjaganya?

Jika sering mengalami gangguan pencernaan, tenang saja, kamu tidak sendiri. Kondisi seperti sakit perut, mual, maag, sembelit, atau diare kerap dialami banyak orang. Faktor penyebab yang paling umum adalah penerapan pola makan yang salah sehingga mikrobioma usus terganggu.

Mikrobioma usus sendiri merupakan sekelompok bakteri yang menghuni saluran pencernaan kita. Oleh karena itu, keseimbangan dan keanekaragaman mereka memegang peranan penting demi sistem kekebalan tubuh yang baik dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kamu tentunya tidak ingin mengalami kondisi yang disebutkan di atas, kan? Tenang saja, her world siap memandumu untuk mulai memberikan perhatian ekstra pada sistem pencernaan lewat tips sehat berikut ini:

1. Kunyah makanan dengan baik dan benar

Mulailah dari hal basic yakni mengunyah makanan dengan saksama hingga halus sebelum menelannya agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

2. Kurangi konsumsi gula dan kafein

Terlalu banyak mengonsumsi dua hal tersebut dapat meningkatkan produksi asam di lambung dan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus.

3. Perbanyak konsumsi makanan segar

Makanan segar tinggi akan serat dan rendah pengawet. Buah-buahan dan sayuran berbasis air bisa menjadi alternatif cemilan sehat setiap hari.

4. Sertakan prebiotik

Asupan prebiotik seperti yoghurt sangat andil dalam meningkatkan produksi bakteri baik dalam usus sehingga kesehatannya dipastikan terjaga dengan baik.

5. Redamkan stres

Rutinlah meditasi! Hasil penelitian menyatakan bahwa stres akan mengganggu sistem saraf parasimpatik yang berfungsi untuk mengontrol gerakan usus.

6. Istirahat cukup

Atur pola tidurmu delapan jam sehari untuk mengatur hormon dalam usus yang mengontrol rasa lapar dan kenyang sekaligus meningkatkan sistem kekebalan usus.

Mudah, kan? Yuk, mulai peduli kesehatan sistem pencernaanmu untuk hidup sehat berkualitas!

Life & health