Cara Melebatkan Rambut


  • Cara Melebatkan Rambut
    Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melebatkan rambut kamu (Foto:Dok.helena/pexels)

    Kata pepatah, rambut adalah mahkota wanita. Ketika kita percaya diri dengan rambut kita, aura kita pun akan terpancar dengan sendirinya. Maka dari itu, rambut yang tipis dan rontok dapat menjadi masalah besar bagi wanita sehingga banyak yang mencari tahu cara melebatkan rambut.


    Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi ketebalan rambut setiap orang berbeda, mulai dari faktor keturunan, usia, nutrisi tidak terpenuhi, perawatan rambut yang salah, stres, penggunaan produk rambut berbahan kimia hingga hair styling yang berlebihan.


    Namun, memiliki rambut yang tebal bukanlah hal yang mustahil. Hal tersebut bisa kamu dapatkan dengan melakukan teknik penataan rambut yang tepat, produk perawatan rambut, dan perubahan gaya hidup. Untuk kamu yang memiliki rambut tipis, bukan hal yang tidak mungkin jika kamu ingin membuat rambut tampak lebih tebal dan bervolume. Berikut adalah cara melebatkan rambut.



    Memilih sampo yang tepat

    cara melebatkan rambut

    (Foto:Dok.alesia/pexels)

    Cara melebatkan rambut yang pertama adalah dengan memilih shampoo yang tepat. Shampoo merupakan produk perawatan untuk membersihkan kulit kepala dan kotoran, sebum, dan juga keringat. Beberapa shampoo juga dapat membantu menebalkan rambut dan memberikan volume.

    Kamu perlu memilih shampoo yang sesuai dengan jenis rambut kamu agar tidak mengalami kerontokan parah. Untuk menebalkan rambut, kamu bisa menggunakan shampoo penambah volume. Shampoo penambah volume dan penumbuh rambut dapat membantu membuat rambut terlihat lebih penuh secara keseluruhan.

    Namun, meski kedua produk tersebut cocok untuk rambut yang tipis tetapi kedua produk tersebut bekerja dengan cara yang berbeda dan hasilnya juga berbeda. Maka dari itu, kamu harus sesuaikan lagi dengan kebutuhan rambutmu.

    Minyak alami

    Minyak alami dapat menjaga rambut rambut kamu agar sehat dan terhidrasi. Salah satunya adalah castor oil yang dapat memberikan kilau lembut pada rambut kamu. Kamu dapat menggunakan castor oil sebagai masker deep conditioning dengan pijat minyak tersebut ke rambut dan akar kamu lalu tutup selama 1 hingga 2 jam.

    Setelah itu, bilas dengan bersih. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan pisang dan minyak biji anggur ke dalam masker rambut DIY kamu. Minyak biji anggur menyediakan asam lemak yang membuat rambut lebih tebal dan pisang menyediakan banyak vitamin B dan potasium sehingga dapat melindungi batang rambut dan mencegah ujung rambut bercabang.

    Selain itu, minyak kelapa, minyak argan, dan minyak jojoba juga bisa menjadi perawatan minyak rambut yang efektif dalam menjaga rambut tetap sehat dan mencegah kekeringan serta kerapuhan sehingga rambutmu akan tumbuh dengan sehat.




    Konsumsi makanan yang melebatkan rambut

    cara melebatkan rambut

    (Foto:Dok.larissa/pexels)

    Bukan hanya memastikan bahwa rambutmu mendapat gizi dan perawatan yang cukup dari luar tetapi kulit kepala kamu juga harus bahagia, sehat, dan bergizi dari dalam agar rambut kamu tumbuh kuat sehingga dapat membantu menciptakan rambut yang lebih penuh dari waktu ke waktu. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi rambut ke dalam asupan sehari-hari kamu.

    Carilah makanan yang tinggi asam lemak, protein, dan vitamin A, B, C, dan E yang sangat efektif bagi kamu yang seringkali mengalami kerontokan rambut. Beberapa jenis makanan lainnya agar rambut kamu tampak lebih sehat dan bervolume adalah seperti, salmon dan ikan lainnya yang kaya akan protein dan asam lemak, telur yang mengandung protein, omega-3, dan zat besi, almond dan kacang-kacangan, yogurt sebagai sumber protein, dan buah serta sayur-sayuran yang kaya akan vitamin A, B, dan C.

    Potong rambut secara teratur

    Memotong rambut secara teratur merupakan salah satu cara yang dapat membantu rambut kamu agar tumbuh lebih panjang dan sehat. Rambut yang tidak dipotong secara teratur akan memiliki ujung yang bercabang dan apabila tidak diobati, ujung rambut yang bercabang dapat menjalar ke batang rambut dan merusak rambut.

    Jadi, sebaiknya jika kamu ingin membuat rambutmu lebih tebal dan sehat, kamu harus memotong halus rambut kamu setiap 2-3 bulan atau lebih untuk mencegah kerusakan.



    Menggunakan lidah buaya

    cara melebatkan rambut
    (Foto:Dok.ave/pexels)

    Kamu pasti sudah sering dengar tentang khasiat lidah buaya yang luar biasa untuk melebatkan rambut secara alami. Caranya cukup mudah, kamu dapat memulai dengan mengoleskan lidah buaya dari akar rambut kemudian ke helai dan ujung rambut. Lalu setelah selesai, diamkan beberapa saat dan tutup kepala dengan handuk hangat. Setelah 30 menit, bilas rambutmu dengan shampoo dan air bersih. Lakukan 1-2 kali seminggu untuk pertumbuhan rambut lebih cepat.

    Menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan

    Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut kamu secara keseluruhan. Pertama, kurangi menggunakan alat penata rambut yang panas karena alat tersebut bisa merusak rambut kamu atau gunakan alat penata rambut tersebut dengan suhu terendah.

    Lalu, biarkan rambut kamu kering dengan sendirinya tanpa hairdryer, hindari juga mewarnai rambut terlalu sering dan rawat rambutmu dengan produk-produk yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan rambut kamu.


    Itulah cara melebatkan rambut yang bisa kamu coba. Semoga berhasil!


    (Penulis: Putri Raiza)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below