9 Makanan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kolagen Kulit


  • 9 Makanan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kolagen Kulit
    Buat kulit lebih awet muda dengan makanan sebagai sumber kolagen (Foto: Dok. Andrea/Pexels)


    Memiliki kulit yang kencang dan kenyal kerap jadi impian sebagian orang. Selain membuatnya terlihat sehat, hal ini juga akan membuat tampilanmu lebih awet muda. 

    Agar kulit terlihat awet muda, menjaga keseimbangan kolagen di dalam tubuh jadi salah satu yang patut diperhatikan. Hal ini dikarenakan kolagen yang bisa membangun jaringan ikat di dalam kulit. Namun bagaimana caranya?



    Dengan memilih makanan yang sehat dan kaya akan sumber kolagen adalah cara utama untuk meningkatkan kolagen di dalam tubuh. Diantaranya adalah sayur, buah-buahan dan berikut sumber lainnya untuk memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh.


    (Baca Juga: 10 Manfaat Vitamin C Pada Serum Untuk Kulit Wajah)


    1. Kaldu tulang

    Kaldu tulang jadi salah satu sumber makanan yang mengandung kolagen. Meskipun penelitian terbaru menemukan bahwa ia tak bisa jadi andalan, namun kaldu tulang patut untuk dicoba.

    “Karena kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat, ia mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya,” kata Katey Davidson seorang ahli diet dan kecantikan melansir laman Healthline.

    “Namun tiap kaldu tulang berbeda karena kualitas tulang yang digunakan bersama bahan lainnya,” tambahnya.

    Untuk menjamin kualitas kaldu, cobalah membuatnya sendiri dengan tulang yang diperoleh dari tukang daging lokal terkemuka.


    2. Daging ayam

    Daging yang jadi favorit semua orang ini cukup banyak mengandung kolagen dan baik untuk kulit. Beberapa penelitian telah menggunakan leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan arthritis.


    3. Ikan

    Sumber lain untuk menambah kolagen dalam tubuh adalah mengonsumsi makanan laut seperti ikan dan kerang. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim kolagen laut adalah salah satu yang paling mudah diserap.


    (Baca Juga: 7 Tanaman Herbal Yang Dipercaya Membuat Kulit Awet Muda)


    4. Putih telur

    Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak hewan, putih telur memiliki ProlinTrusted Source dalam jumlah besar, salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.


    5. Buah-buahan

    Meski tidak menjadi sumber utama kolagen, namun vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, yaitu prekursor untuk tubuh. Oleh sebabnya, buah jeruk, anggur, lemon, dan jeruk nipis kaya akan nutrisi ini. 

    Meskipun jeruk adalah sumber vitamin C terkaya, namun sumber lain yang baik adalah stroberi, tomat, raspberry, blueberry, dan blackberry juga menawarkan dosis vitamin C yang baik.

    “Selain itu, berry mengandung antioksidan tinggi, yang melindungi kulit dari kerusakan," kata Davidson.

    Ada pula buah-buahan seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji bisa jadi pelengkap vitamin yang bisa mendampingin produksi kolagen.


    6. Bawang putih

    Bumbu dapur yang satu ini, bawang putih bisa meningkatkan produksi kolagen. Di dalamnya ia mengandung sulfur yang tinggi, yang merupakan trace mineral dan efektif membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

    Tetapi dengan banyak manfaatnya, bawang putih patut dipertimbangkan sebagai bagian campuran dalam makanan. Oleh sebabnya penting untuk memperhatikan jumlah konsumsi bawang putih untuk pertumbuhan kolagen dalam tubuh.


    (Baca Juga: Rekomendasi Perawatan Facial Peeling untuk Wajah Awet Muda)


    7. Daun hijau

    Selain jadi pilihan untuk makanan diet, sayuran hijau juga menawarkan manfaat bayam, kangkung, lobak, dan sayuran yang biasa ditemui di dalam salad. Warnanya dari klorofil, yang dikenal karena sifat antioksidannya.

    “Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit,” kata Gabriel.


    8. Kacang

    Kacang adalah makanan berprotein tinggi yang mengandung asam amino yang dimanfaatkan untuk sintesis kolagen. Ditambah lagi, banyak dari mereka kaya akan tembaga, nutrisi lain yang diperlukan untuk produksi kolagen.


    9. Paprika

    Makanan lain yang dipercaya memiliki sumber kolagen untuk kulit adalah paprika. Sayuran vitamin C tinggi ini mengandung capsaicin, senyawa anti-inflamasi yang dipercaya dapat memerangi tanda-tanda penuaan.


    Kolagen salah satu protein yang bermanfaat untuk kulit agar terlihat lebih awet muda. Selain itu juga, kandungan ini pun berkhasiat menjaga kesehatan tubuh.



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below