Barang Yang Harus Disiapkan Saat Keluarga Positif Covid-19


  • Barang Yang Harus Disiapkan Saat Keluarga Positif Covid-19
    Barang yang perlu disiapkan saat karantina Covid-19 di rumah. (Foto:Dok.RODNAE Productions/pexels)

    Saat ini, lonjakan kasus Covid-19 semakin meningkat sehingga cara terbaik untuk menekan penyebarannya adalah dengan meminimalisir kegiatan di luar rumah. Namun, jika kamu atau anggota keluarga tengah terpapar Covid-19, kamu tak perlu panik, apalagi jika kamu tergolong gejala ringan atau tanpa gejala sama sekali.


    Pada kasus gejala ringan dan tanpa gejala, umumnya petugas medis akan menyarankan untuk karantina mandiri di rumah, apalagi sekarang ketersediaan ICU dan ruang isolasi di rumah sakit semakin menipis. Jika karantina mandiri jadi pilihan pengobatanmu, ada beberapa barang atau alat kesehatan yang harus kamu persiapkan di rumah. Berikut di antaranya.




    (Baca Juga: Fakta Double Mask Untuk Mencegah Penyebaran Virus Delta)


    1. Sedia vitamin ataupun suplemen

    barang yang harus disiapkan saat keluarga positif Covid-19

    (Suplemen dan vitamin. Foto:Dok.Valentina_G /istockphoto)

    Dilansir dari Healthline, Vitamin D sangat penting untuk sistem kesehatan imun kamu karena jadi garis pertahanan pertama tubuhmu terhadap infeksi virus dan juga penyakit. Vitamin C juga bisa membantu untuk meningkatkan sistem imun tubuhmu, begitu pula dengan suplemen-suplemen untuk meningkatkan imun tubuh.

    Tak hanya dikonsumsi saat ada keluarga ataupun kamu yang terdampak Covid-19, tetapi kamu dianjurkan untuk lebih rutin mengonsumsi vitamin maupun suplemen untuk menjaga dan mendapatkan imun tubuh yang lebih kuat.


    2. Alat Pelindung Diri (APD)

    barang yang harus disiapkan saat keluarga positif Covid-19

    (Alat pelindung diri. Foto:Dok.Artem Podrezpexels)

    Siapkan alat pelindung diri untuk keamanan yang lebih maksimal. Hal ini diperlukan untuk menghindari adanya penularan yang terjadi karena virus ini bisa bertahan di udara dalam waktu yang cukup lama.

    Tak cukup masker saja, keluarga membutuhkan perlindungan yang lebih total terutama untuk kamu yang diharuskan untuk merawat orang yang terdampak virus Covid-19. Kamu juga harus sering menyemprotkan disinfektan untuk membunuh virus dan kuman di sekitar.


    3. Oximeter

    barang yang harus disiapkan saat keluarga positif Covid-19

    (Alat Oximeter. Foto:Dok.Stanley Ng/pexels)

    Pembersihan secara total terutama pada area-area yang sering ditempati oleh angggota keluarga yang terdampak Covid-19 ini. Jika kamu mau mendapatkan kebersihan yang lebih total, kamu juga bisa meminta jasa cleaning yang terpercaya.


    (Baca Juga: Positif Covid-19, Begini Cara Karantina Mandiri Di Rumah)


    4. Disinfektan

    barang yang harus disiapkan saat keluarga positif Covid-19

    (Menyemprot rutin disinfektan di rumah. Foto:Dok.cottonbro/pexels)

    Keluarga juga harus siap dengan peralatan pembasmi bakteri dan virus. Inilah kenapa kamu wajib memiliki disinfektan. Kamu harus rutin menyemprotkan disinfektan di setiap ruangan ataupun spot yang sering disentuh oleh orang-orang, sehingga keamanan tetap terjaga dari virus Covid-19 yang bisa saja menempel. 


    5. Termometer

    barang yang harus disiapkan saat keluarga positif Covid-19

    (Termometer. Foto:Dok.Polina Tankilevitch/pexels)

    Selalu sedia termometer di rumah untuk menjaga kondisi tubuh keluarga yang terdampak Covid-19. Periksalah secara rutin suhu tubuh pengidap Covid-19 untuk mewaspadai suhu tubuh yang tinggi. Keluarga harus wasapada jika pengidap memiliki suhu demam tinggi di atas 38 derajat Celcius.


    6. Alat medis tergantung penyakit bawaan

    barang yang harus disiapkan saat keluarga positif Covid-19

    (Alat medis tergantung penyakit bawaan. Foto:Dok.GlobalStock/istockphoto)

    Anggota keluarga yang terdampak Covid-19 akan membutuhkan alat medis yang lain untuk memantau dan juga mengontrol penyakit bawaan yang diidap. Hal ini dilakukan untuk mewaspadai terjadinya komplikasi yang dapat membahayakan pengidap.  


    (Baca Juga: Vaksin Dipercepat, Daftar Lokasi Vaksin COVID-19 Di Jakarta)


    Penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat ini membuat banyaknya aktivitas terhambat. Mari patuhi protokol kesehatan yang berlaku dan siapkan peralatan di atas untuk membantu kamu mempersiapkan diri jika ada keluarga yang terdampak Covid-19.


    (Penulis: Ellys Natalia)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below