Tanda Pacar Posesif Yang Harus Kamu Tinggalkan


  • Tanda Pacar Posesif Yang Harus Kamu Tinggalkan
    Ketahui tanda pacar posesif berikut ini. (Foto: Dok. Samson Katt/Pexels)

    Rasa posesif adalah salah satu sifat yang umum dimiliki. Ada sebagian orang yang tidak punya masalah atau merasa baik-baik saja jika pasangannya memiliki sifat ini. Namun, jika ini sudah dilakukan berlebihan dan didiamkan saja, bisa jadi sifat posesif ini akan membatasi kebebasan dan membawa efek negatif pada hubungan. Nah, daripada kamu enggak salah pilih, simak tanda pacar posesif yang harus kamu tinggalkan.


    1. Memeriksa handphone dan akun media sosialmu

    Ini adalah salah satu tanda pacar posesif. Ia harus tahu password di handphone dan semua akun media sosialmu. Bahkan, ia selalu membaca pesanmu. Ia juga selalu mengecek update foto dan status yang kamu buat setiap waktu, atau memantau dengan siapa saja kamu berinteraksi. Meski kalian adalah pasangan dan tak perlu ada yang harus disembunyikan, sikap posesifnya itu tidak boleh dibiarkan. Dalam hubungan, kalian harus tetap memiliki batasan dan privasi. Alih-alih jadi pasangan, ia justru lebih terlihat bak seorang stalker.


    2. Kamu harus melaporkan semua hal padanya


    (Ia berharap kamu selalu melapor padanya. Foto: Dok. Andrea/Pexels)

    Pasanganmu selalu memantau gerak-gerikmu dan memintamu untuk melapor setiap waktu. Meski aturan ini tidak tertulis di atas kertas, ia selalu bertanya dengan siapa kamu berinteraksi dan ke mana saja kamu pergi saat sedang tidak bersamanya. Bukannya terkesan ingin tahu, sikapnya ini justru lebih mirip interogasi. Serius deh, kamu enggak membutuhkan sosok "satpam" dalam hubungan, melainkan orang yang bisa memercayaimu.


    (Baca Juga: Pasanganmu Protektif Atau Posesif, Ini Perbedaannya)


    3. Cemburu pada semua orang dekatmu

    Mengawasimu tidak cukup, ia bahkan mudah marah dan cemburu terhadap semua orang yang berada di dekatmu. Rasa cemburu ini juga sering muncul tanpa alasan jelas. Bahkan, akibat cemburunya itu, ia bisa meneror semua orang, termasuk sahabat dekatmu.


    4. Meneror mantanmu

    Selain cemburu dengan teman-temanmu, tentunya tak lengkap kalau ia tidak cemburu dengan mantanmu. Padahal kamu sudah menjelaskan dan menunjukkan bahwa hubungan lamamu sudah berlalu, ia tetap tidak percaya. Bahkan, bukan hanya ia benci tanpa alasan, ia bisa meneror dan memusuhi mantanmu agar tidak mendekatimu. Sebenarnya jika si dia sudah sampai tahap ini, kamu berhak menunjukkan kekesalanmu. Karena sikapnya itu justru hanya akan menyakiti hatimu, bahwa ia tidak percaya dengan kesetiaanmu.


    5. Meragukanmu

    Tanda pacar posesif bisa juga terlihat dari rasa percaya yang mulai memudar. Entah apa yang ia pikirkan, namun ia mulai tidak memercayaimu. Saat kalian sedang tidak bersama, ia selalu meminta dikirimkan foto atau mengajakmu Facetime sebagai bukti keberadaanmu dan apa yang sedang kamu lakukan.


    (Baca Juga: Menjaga Pasangan Tidak Selingkuh, Begini Caranya)


    6. Selalu mengikutimu


    (Selalu mengikutimu ke mana pun. Foto: Dok. Samson Katt/Pexels)

    Ia tak pernah mau berpisah darimu. Mungkin ini terkesan romantis dan manis tapi dalam hubungan yang sehat, tetap dibutuhkan adanya quality-time dengan diri sendiri. Ia selalu ingin mengikutimu ke mana pun kamu pergi dengan tujuan untuk mengendalikan dan mengatur gerak-gerikmu. Percayalah, ini bukanlah hubungan yang sehat.


    7. Mengatur pertemananmu

    Pasangan mulai mengatur dengan siapa kamu boleh berteman. Tanpa disadari, semakin lama kamu akan semakin jauh dari teman-teman dan keluargamu karena alasan yang tidak logis. Ini adalah salah satu akibat paling mengerikan yang bisa terjadi saat berpacaran dengan sosok yang posesif.


    Itulah tanda pacar posesif yang harus segera kamu tinggalkan. Hubungan yang sehat memang perlu kerja keras tapi tetap harus saling mengutamakan kebahagiaan dan kenyamanan satu sama lain.