Cara Mengelola THR Setelah Cair Agar Tidak Boros


  • Cara Mengelola THR Setelah Cair Agar Tidak Boros
    Berikut ini cara mengelola THR setelah cair agar tidak boros (Foto:Dok.Karolina/Pexels)

    Memasuki pertengahan bulan Ramadan, sejumlah orang kini mulai menanti kapan Tunjangan Hari Raya (THR) cair. Apakah kamu salah satunya?

    Untuk menjawab keresahanmu, Pemerintah baru saja mengumumkankan bahwa THR PNS akan mulai dicarikan H-10 hingga H-5 lebaran. Pemberian THR ini juga akan dilakukan secara bertahap. 

    Bagi beberapa orang THR biasanya digunakan untuk membeli perlengkapan menyambut perayaan Idul Fitri. Beberapanya juga digunakan untuk membeli kebutuhan lanjutan. 



    Namun, di masa pandemi saat ini yang masih berpengaruh pada perekonomian negara dan individu, penting untuk mengelolah THR setelah cair agar tidak boros. Untuk itu berikut herworld rangkum cara mengelola THR setelah cair agar tidak boros yang dirangkum dari berbagai sumber.


    (Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Jangka Panjang)


    1. Beli kebutuhan bukan keinginan

    Meskipun THR bisa kamu manfaatkan untuk membeli perlengkapan menyambut Hari Raya Idul Fitri, namun bukan berarti kamu menggunakannya secara keseluruhan. Hal ini akan membuat gaya hidupmu menjadi boros. 

    Salah satu langkah yang bisa mengaturnya adalah dengan membuat daftar kebutuhan dan keinginan. Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah mempertimbangkan mana yang benar-benar kamu butuhkan dan tidak.


    2. Jangan campur keuangan

    Jika jarak antara gaji bulananmu dengan cairnya tunjangan hari raya berdekatan, namun tidak sepatutnya untuk mencampurkan keduanya. Hal ini akan membuatmu sulit untuk membedakan mana uang yang digunakan untuk kebutuhan bulanan, dan mana yang diperuntukkan untuk hal-hal khusus.

    Oleh sebabnya, penting untuk memisahkan antara THR dengan gaji bulananmu. Cara ini akan meminimalisir tercampurnya kebutuhan bulanan seperti biasanya dengan keinginanmu.


    (Baca Juga: Jenis-Jenis Investasi yang Akan Membantu Keuangan Anda)


    3. Investasi

    Salah satu cara yang bisa membuat keuanganmu stabil adalah investasi. Apalagi saat ini, banyak ilmu dan referensi yang bisa dicoba untuk pemula.

    Daripada uang THR habis digunakan untuk keinginan sementara, ada baiknya untuk menggunakannya sebagai investasi awal. Namun, jangan sampai kamu salah pilih untuk memulai investasi. 

    Cobalah cari tahu lebih dalam investasi apa yang bisa dilakukan untuk pemula dan apa dampaknya. Setelah yakin, kamu bisa mencobanya. Tapi jika tidak, kamu bisa menabungnya untuk masa depan.


    Itulah sejumlah cara mengelola THR setelah cair agar tidak boros. Selamat mencoba!




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below