Life & health

Jenis-Jenis Investasi yang Akan Membantu Keuangan Anda

By : Kiki Riama Priskila - 2016-06-02 11:09:11 Jenis-Jenis Investasi yang Akan Membantu Keuangan Anda

Investasi Jangka Pendek

Tabungan Bank

Jika Anda baru ingin memulai investasi jangka pendek yang menguntungkan, produk tabungan bank merupakan cara paling mudah dan cepat untuk menginvestasikan uang. Siapa pun bisa melakukan investasi jenis ini, tidak memiliki banyak risiko dan bisa diambil kapan saja. Proses transaksinya pun mudah.

Deposito

Sebenarnya prosedur investasi jenis ini tak jauh berbeda dengan tabungan bank, namun setoran awal yang diperlukan memang lebih besar, bisa mencapai Rp5.000.000. Seperti halnya tabungan di bank, produk deposito memiliki risiko yang rendah dan bunga yang diterima lebih besar.

Forex Trading

Bentuk investasi ini bisa dibilang lebih advanced dibanding bentuk lainnya. Memiliki konsep perdagangan mata uang asing, Anda cukup membeli mata uang yang sedang melemah dan menjual lagi saat nilainya meningkat. Meski, risikonya paling besar dibanding jenis investasi lainnya, investasi ini memiliki keuntungan besar dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan Anda dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas dan biasanya berupa surat-surat yang dikeluarkan perusahaan dan menyatakan nama Anda serta berapa persen atau berapa banyak investasi yang Anda tanam dalam perusahaan tersebut. Anda bisa mendapat keuntungan besar saat harga saham naik, meski hanya dimulai dengan modal sedikit.

Investasi Jangka Panjang

Reksadana

Satu lagi jenis investasi tepat bagi para pemula. Ada empat jenis reksadana yang bisa dipilih yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Tak perlu banyak pengalaman karena akan dikelola oleh Manajer Investasi. Modal Anda akan diinvestasikan ke berbagai tempat sehingga bila terjadi kerugian di satu tempat bisa dibantu oleh keuntungan di tempat lain.

Emas

Emas memiliki nilai dan harga yang selalu naik tiap tahun. Sebaiknya pilih dalam bentuk emas batangan atau koin dibanding perhiasan karena Anda tak akan dikenai biaya tak terduga lainnya.

Properti

Bisa dibilang jenis investasi ini memiliki peluang yang besar dan menjanjikan karena harga tanah dan bangunan yang terus naik, apalagi jika akses dan fasilitas berkualitas. Risikonya pun cukup kecil. Namun, Anda tentu perlu dana besar sebagai modal. Anda bisa memanfaatkan berbagai program pembelian properti yang tersedia di bank.

 

(FOTO: SINGKHAM/SHUTTERSTOCK)

Life & health