Ciri-Ciri Kamu Mencintai Seseorang yang Patut Diketahui


  • Ciri-Ciri Kamu Mencintai Seseorang yang Patut Diketahui
    Ketahui ciri-ciri bahwa kamu memang mencintai dia. (Foto:Dok.Keira/pexels)

    Cinta adalah suatu hal yang indah namun kompleks. Perasaan cinta bisa tumbuh di hati seseorang tanpa dugaan, tanpa rencana dan tanpa tahu alasan apa yang membuatnya ada.

    Jatuh cinta tidak selalu terasa seperti film romantic comedy yang ada di televisi, sensasi yang dirasakan oleh setiap orang berbeda dan seringkali kita tidak sadar akan perasaan diri kita sendiri. Mungkin kamu merasa bingung dan bertanya-tanya kepada diri kita sendiri “Apakah aku sedang jatuh cinta?”

    Lalu, bagaimana cara kita mengetahui kalau kita sedang jatuh cinta dengan seseorang? Yuk simak ciri-ciri kamu mencintai seseorang yang patut diketahui.


    (Baca juga: Inilah 4 Tanda Kamu Dirindukan Seseorang)


    Senang Berada Di Dekatnya

    Hidup terasa lebih menyenangkan saat bersamanya, bahkan hal-hal kecil seperti jalan bersama di sore hari, mengisi bensin kendaraan, atau membeli makanan bersama. Ditemaninya menjadi hal cukup buat menikmati waktu.

    Ini adalah salah satu ciri bahwa kamu sedang jatuh cinta dengannya. Saat kita mencintai seseorang, pasti kita akan selalu ingin untuk menghabiskan waktu bersamanya. Ketika kamu sedang jatuh cinta, kamu tidak pernah merasa bosan berada di dekatnya.  


    Ingin Mereka Bahagia

    Kasih sayang memainkan peran penting dalam cinta yang sehat. Kamu berinisiatif melakukan sesuatu istimewa untuknya hanya karena ingin melihatnya bahagia dan tersenyum. Ketika kebahagiaan mereka adalah hal terpenting bagi kamu, maka itu adalah tanda bahwa kamu mencintai mereka. Perilaku dan perasaan kamu terfokus pada mendukung, membantu, dan memahami kebutuhan mereka dibandingkan kebutuhan diri kamu sendiri. Dengan kata lain, cinta membuat kita rela melakukan apa saja demi kebahagiaan orang yang kita cintai. 

     

    (Baca juga: Inilah 4 Tanda Pria Serius Dalam Hubungan Jarak Jauh)


    Lebih Sering Tersenyum

    Berada di dekatnya membuat kamu senang dan tidak bisa menahan ekspresi kamu. Kita bisa merasakan 'kupu-kupu' di perut kita, perasaan senang, dan tidak bisa berhenti tersenyum. Efek fisiologis ini disebabkan oleh peningkatan kadar dopamin. Tersenyum dapat membentuk putaran umpan balik. Semakin kita bahagia, semakin kita tersenyum, dan semakin kita tersenyum, kita pun semakin bahagia. 


    Merasa Senang Ketika Mengingat Mereka

    Kamu merasakan sensasi senang dan semangat ketika mengingat mereka. Salah satu ilmuwan antropolog biologi, penulis, dan guru TED Talk Helen Fisher, menemukan bahwa bagian otak kita yang menciptakan dopamin (Ventral Tegmental Area atau VTA) dipicu oleh tindakan jatuh cinta dan memikirkan orang yang kamu cintai menyebabkan VTA mengisi tubuhmu dengan dopamin yang membuat kamu merasakan kegembiraan. Maka, jika kamu tiba-tiba merasa sangat pusing dan bahagia saat memikirkan seseorang, ada kemungkinan kamu sedang jatuh cinta.


    Merasa Cemburu

    Ciri-ciri kamu mencintai seseorang lainnya adalah, ketika kamu melihatnya pergi dan berbicara dengan orang lain, akan timbul perasaan cemburu karena kamu tidak ingin dia menghabiskan waktu dengan orang selain kamu. 


    Tidak Keberatan Ketika Mereka Melakukan Sesuatu Yang Tidak Menarik

    Ketika seseorang yang kamu cintai melakukan sesuatu yang tidak menarik, mungkin seperti hal tidak rapi atau tidak biasa, kamu tidak akan merasa keberatan dengan tampilannya. Bahkan, kamu mungkin tidak menyadarinya. Ketika kita mencintai seseorang, sepertinya apapun yang mereka lakukan tetap terlihat baik-baik saja.

    Menurut Marc Hekster, seorang konsultan psikologi, “Kemungkinan jika kamu sangat mencintai seseorang, kamu akan memiliki pandangan yang tidak realistis tentang siapa mereka dan bagaimana mereka menampilkan diri.” 


    Menerima Kekurangannya

    Kamu tidak bermasalah dengan segala kekurangannya. Kamu pun kadang berharap bisa membantunya untuk melakukan hal yang lebih baik. Tidak menjadikan kekurangannya menjadi suatu masalah tetapi sebagai motivasi untuk memperbaiki diri.


    Melakukan Hal Baru

    Ketika sedang jatuh cinta, kamu akan merasa tertarik untuk melakukan aktivitas baru di luar jangkauan normal dan mencoba aktivitas yang disukai oleh orang yang kamu cintai. Kamu mungkin menemukan diri kamu mencoba makanan baru, menonton acara baru, atau mencoba aktivitas baru seperti berlari, memancing, berenang, dan lainnya.


    (Baca juga: Inilah 4 Cara Mengungkapkan Perasaan ke Teman yang Ampuh)


    Itulah ciri-ciri kamu mencintai seseorang. Apakah ada yang bisa relate dengan yang kamu sedang rasakan?


    (Penulis: Putri Raiza)


  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles