Inilah 5 Makanan Pemicu Bau Badan


  • Inilah 5 Makanan Pemicu Bau Badan
    Berbagai jenis makanan yang dapat membuat tubuhmu timbul bau yang tak sedap. (Foto: Dok. /unsplash)

    Kamu mengalami bau badan? Hal ini kerap buat kamu semakin tidak nyaman hingga kurangnya percaya diri. Dilansir dari Health, biasanya bau badan bukan dikarenakan dari keringat melainkan berasal dari bakteri di dalam kulit sebagaimana yang telah diungkapkan oleh anggota Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, George Preti, PhD. 

    Bau badan itu kemudian muncul saat adanya interaksi bakteri kulit dengan sekresi di area tersebut. Bahkan tak hanya itu, salah satu yang bau badan adalah jenis makanan yang dikonsumsi terlalu sering hingga berlebihan. Lalu, jenis makanan seperti apa?

    Kamu perlu mengetahui berbagai jenis makanan yang dapat membuatmu bau badan agar kamu dapat semakin percaya diri. Yuk, simak ulasannya.




    (Baca Juga: Inilah 6 Kandungan Skin Care untuk Cegah Kulit Dehidrasi)


    1. Bawang Putih

    Salah satu makanan yang dapat membuat tubuhmu timbul bau badan adalah bawang putih. (Dok: Unsplash)

    Salah satu pemicu bau badan tak sedap adalah bawang putih. Yup, rempah ini selalu ada di setiap masakan di seluruh dunia. Tak heran jika bawang putih dapat membuat bau yang tidak enak karena saat tubuh mencerna salah satu rempah tersebut, tubuhmu akan bereaksi dengan keringat yang berlebih dan menyebabkan bau badan. Oleh karena itu, kamu perlu mengurangi asupan bawang putih di keseharianmu.


    (Baca Juga: Kolesterol Naik Saat Puasa, Apa Penyebabnya?)


    2. Bawang Merah

    Bawang merah juga dapat menimbulkan bau badan pada tubuhmu. (Dok. Unsplash)

    Bawang merah tidak memiliki kesan yang baik bagi tubuh. Hal ini juga sama seperti bawang putih karena bawang juga terurai menjadi senyawa sulfur. Menurut seorang profesor dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Pennsylvania, Preti, bahwa banyak dari senyawa sulfur yang mudah menguap berdampak ke bau badan yang sangat menyengat.


    3. Sayuran

    Menurut juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Kristen Smith, bahwa berbagai jenis sayuran seperti kubis, bok choy dan kubis Brussel juga mengandung banyak sulfur sehingga tubuhmu bisa memiliki bau badan yang tidak sedap. Banyak bukti bahwa berbagai sayuran tersebut dapat membuat bau badan melalui napas, keringat atau perut kembung.


    4. Daging

    Selain enak dikonsumsi, daging juga dapat membuat dapat menimbulkan bau badan. Dalam sebuah penelitian kecil bahwa sekelompok pria yang mengonsumsi daging selama dua minggu akan timbul bau badan, dibandingkan yang tidak mengonsumsi. Namun, Dr. Swartzberg mengatakan bahwa hal tersebut hanya anekdot saja.


    5. Alkohol

    Sudah tidak asing lagi jika kamu sering mengonsumsi alkohol dan timbul bau yang tidak sedap pada tubuhmu. Hal ini dikarenakan alkohol dapat dideteksi melalui napas dan juga dapat keluar melalui kulitmu. Namun, bau badan akan keluar jika kamu terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Oleh karena itu, kamu harus memulainya dengan mengurangi alkohol yang berlebih.


    Inilah 5 jenis makanan yang memicu bau badan yang tidak sedap. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus mengurangi berbagai jenis makanan di atas agar terhindar dari bau badan. Selamat mencoba!


    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below