Alasan Wanita Tidak Mau Menikah


  • Alasan Wanita Tidak Mau Menikah
    Beberapa alasan wanita belum tentu mau menikah. (Foto: Dok. Emma Bauso/Pexels)

    Semakin mendekati usia yang "matang", umumnya wanita mulai "diharapkan" untuk menikah. Padahal belum tentu orang tersebut sudah memiliki kesiapan untuk menikah. Nyatanya, ada beberapa alasan wanita tidak mau menikah, meski usianya sudah cukup.


    1. Masih suka dengan kebebasan

    Pernikahan memang bukan akhirnya dari segalanya. Wanita menikah pun sebenarnya masih bisa merasakan kebebasan, meski begitu perlu diakui bahwa tentu kebebasan yang ada cukup berbeda dengan mereka yang masih lajang.

    Psikolog dan peneliti dari Burke Hagemeler Universitas di Jerman mewawancara sekitar 1.000 wanita berusia 18-73 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa wanita merasa lebih nyaman hidup sendiri dibanding pria.

    "Bisa melakukan apa yang saya inginkan" jadi alasan utama wanita sangat menghargai kebebasan melajang dan tidak merasa kesepian meski hidup sendiri.


    (Baca Juga: Penyebab Wanita Selingkuh Dari Suami)


    2. Tak takut dengan stereotip sosial

    Berdasarkan penelitian dari Pew Research Center, masa lajang justru bisa membuka kesempatan bagi wanita untuk lebih banyak berteman. Pasalnya, kita tak perlu melapor pada pasangan dan bisa berkomunikasi dengan bebas dengan siapa saja.

    Penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa lingkaran pertemanan wanita yang sudah menikah cukup dibatasi oleh keinginan pasangan. Apalagi dengan teman lawan jenis sehingga mereka tak bisa berinteraksi dengan leluasa.


    3. Ingin mengejar mimpi


    (Foto: Dok. Anastasia Shuraeva/Pexels)

    Saat melajang, wanita bisa melakukan hobi atau passion apa pun yang diinginkan. Dalam pernikahan, wanita harus mempertimbangkan keinginan pasangan. 

    Ironisnya, penelitian dari Pew Research Center juga mengungkapkan bahwa pria lebih mudah melakukan hobinya meski ia sudah menikah. Penelitian ini didasari dari survei 73% pria yang mengutarakan mudah saja melakukan apa yang ia suka saat bersama istri.


    4. Tak ingin melakukan pekerjaan rumah

    Saat menjadi istri, wanita umumnya dihadapkan dengan pekerjaan domestik yang lebih banyak dibanding laki-laki. Apalagi kalau nanti sudah memiliki anak. The Guardian juga mengungkapkan penelitiannya bahwa setelah menikah, sebagian besar wanita dihadapkan dengan pilihan untuk menikah dan melupakan semua impian serta kariernya atau merawat rumah, suami, dan anak.

    Inilah yang akhirnya membuat semakin banyak wanita berpikir dua kali untuk menikah.


    (Baca Juga: Cara Mengembalikan Rasa Cinta Yang Hilang)


    5. Belum ingin mengasuh anak

    Setelah menikah, suami umumnya mengharapkan banyak perawatan yang dilakukan oleh sang istri. Pasalnya, wanita juga diharapkan untuk bertanggung jawab pada anak-anak dan suami, merawat rumah, sekaligus mendukung mereka secara emosional. 

    Banyak "beban" dan "tanggung-jawab" yang mungkin dirasa masih belum siap dilakukan oleh sebagian wanita sehingga mereka pun memutuskan untuk menunda atau justru membuang jauh pikiran untuk menikah.


    Itulah beberapa alasan wanita tidak mau menikah. Pada akhirnya, setiap wanita punya alasannya masing-masing dalam menjalankan hidup. Bagaimana dengan pilihanmu?

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles