Menurut Studi, Ini Manfaat Bangun Pagi Untuk Fisik & Mental


  • Menurut Studi, Ini Manfaat Bangun Pagi Untuk Fisik & Mental
    Menurut Studi, Ini Manfaat Bangun Pagi Untuk Fisik & Mental. (Images: Doc. Kampus Production/Pexels)

    Apakah kamu termasuk tim bangun pagi atau justru tim bangun lebih siang? 

    Bagi sebagian besar orang, bangun pagi bisa sangat sulit untuk dilakukan. Tapi ternyata, membiasakan diri bangun lebih pagi memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun mental. 

    Nah, berikut ini beberapa manfaat bangun pagi untuk kesehatan fisik dan mental yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Cari tahu di bawah ini!




    (Baca Juga: Lakukan 10 Rutinitas Sehat Ini Sebelum Tidur!)


    Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Malam Hari


    (Meningkatkan kualitas tidur.Foto:Dok.Ketut/Pexels)


    Penelitian tahun 2012 menunjukan bahwa, orang yang bangun lebih pagi dapat membantu meningkatkan kualitas tidur pada malam harinya. Penelitian lain menunjukan bahwa, night owl lebih mungkin mengembangkan gangguan tidur dan cenderung kurang tidur dibandingkan dengan early bird. 


    Dengan kata lain, bangun lebih pagi, memungkinkan kamu untuk siap tidur lebih awal pada malam hari sehingga kamu akan mendapatkan cukup waktu tidur. 


    Jika rutinitas bangun lebih pagi dan tidur lebih awal ini sudah menjadi good habit, secara tidak langsung kamu meningkatkan keefektifan tahapan tidur alami yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan fungsi otak yang sehat.


    (Baca Juga: Tips Tidur Nyenyak Berkualitas Di Malam Hari)


    Mendapatkan Lebih Banyak Energi

    Sederhananya, memiliki tidur yang berkualitas di malam hari tentu dapat membuat kamu mendapatkan lebih banyak energi untuk beraktivitas keesokan harinya sehingga membuat kamu lebih produktif. 


    Tubuh Lebih Sehat


    Bangun lebih siang dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari Cleverly Me, menurut penelitian, orang yang bangun terlambat lebih rentan terkena diabetes, hipertensi, dan beberapa jenis kanker.


    Ketika kamu tidur lebih awal dan berkualitas dapat membantu mengontrol tekanan darah, membantu otot-otot lebih rileks, dan memperbaiki pernapasan yang lambat. 


    Membuat Lebih Bahagia


    Baru-baru ini sebuah penelitian menunjukan bahwa, orang yang bangun lebih pagi cenderung lebih optimis, puas, dan santai sehingga tidak mengembangkan depresi dan penyakit mental lainnya. 


    Lebih lanjut, sebuah penelitian menjanjikan yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research mengungkapkan bahwa, wanita yang bangun lebih awal di pagi hari dinilai jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kondisi kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan gangguan suasana hati lainnya daripada mereka yang bangun lebih siang. 


    Bahkan, menurut sebuah studi tahun 2014, orang yang bangun lebih pagi cenderung tidak terlalu terganggu dengan pikiran negatif dibandingkan mereka yang begadang dan bangun lebih siang. 


    (Baca Juga: Pengaruh Kurang Tidur Pada Kecantikan)


    Memiliki Waktu untuk Berolahraga


    (Ada waktu untuk berolahraga.Foto:Dok.Andrea/Pexels)


    Mungkin kamu berpikir jika ada waktu lain, selain di pagi hari, untuk berolahraga. Tapi ternyata, meluangkan waktu untuk berolahraga di pagi hari memiliki keuntungan tersendiri. Sebuah survei menunjukan bahwa, meluangkan waktu berolahraga di pagi hari dapat memberikan efek “membangunkan” yang membuat kamu menjadi lebih siap dan semangat dalam beraktivitas. Ini karena, berolahraga dapat melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. 


    Kemungkinan Sukses Lebih Besar

    Manfaat bangun pagi berikutnya yaitu berhubungan dengan kesuksesan. Studi menunjukkan, ada kemungkinan keterkaitan antara bangun pagi dengan kesuksesan.


    Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa, siswa yang bangun lebih pagi cenderung mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah, yang membawa mereka ke perguruan tinggi terbaik, yang kemudian mengarah pada peluang kerja yang lebih baik. Namun hal ini juga harus didukung dengan meningkatkan intensitas belajar, dan terus belajar. 


    Orang yang bangun lebih pagi juga bisa mengantisipasi masalah dan mencoba meminimalkannya. Survei menunjukkan bahwa, mereka cenderung lebih proaktif, yang mana dalam sejumlah penelitian telah menghubungkan sifat proaktif dengan kinerja kerja yang lebih baik, kesuksesan karir yang lebih besar, dan upah yang lebih tinggi.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below