Tips Tidur Nyenyak Berkualitas Di Malam Hari


  • Tips Tidur Nyenyak Berkualitas Di Malam Hari
    Cara agar kamu dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. (Foto: Dok. /unsplash)

    Begadang setiap malam merupakan suatu hal yang tidak bagus dilakukan karena akan memicu timbulnya ragam penyakit yang tidak diinginkan seperti gangguan hormon, obesitas, gangguan fungsi otak dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana mengoptimalkan tidur dengan nyenyak?

    (Baca Juga: 5 Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan)



    Dilansir dari Healtline, tidur yang nyenyak dapat membantumu menjadi lebih sehat. Tetapi, kamu juga harus tetap berolahraga secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal. Maka dari itu, penting untuk kamu selalu tidur tepat waktu dan hindari berjaga di malam hari. Oleh karena itu, ada berbagai macam cara agar kamu bisa tidur nyenyak di malam hari. Yuk, simak ulasannya.

    (Baca Juga: Menu Makanan Diet yang Cocok untuk Pemula)


    Tingkatkan Cahaya di Siang Hari

    Jangan heran jika matahari juga memiliki khasiat yang baik. Pancaran sinar matahari penting bagi tubuh dalam meningkatkan energi di siang hari serta kualitas tidur di malam hari. Hal tersebut dikarenakan sinar pada matahari dapat memberikan pengaruh terhadap otak, tubuh dan hormon untuk menggiring kamu ke waktu untuk tidur. Jadi, kamu harus sering berjemur di waktu yang singkat saja.

    Kurangi Kafein

    Kamu akan sulit untuk tidur jika masih mengonsumsi kafein di siang dan sore hari. Hal ini dikarenakan bahwa kafein dapat menstimulasi sistem sarafmu sehingga waktu malam kamu akan selalu terjaga. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi kafein hingga 6 jam akan memperburuk kualitas tidur. Oleh karena itu, kamu harus mengurangi kopi agar bisa tidur dengan nyenyak di malam hari,

    Tidak Mengonsumsi Alkohol

    Tentunya jika kamu sering mengonsumsi alkohol di malam hari akan berdampak negatif khususnya pada pola tidurmu. Hal itu dapat menyebabkan meningkatnya gejala apnea tidur dan mendengkur sehingga tidurmu akan mudah terganggu.

    Seusaikan Suhu Kamar Tidur

    Suhu pada kamar tidur dapat memengaruhi kualitas tidur seperti panas atau dinginnya ruangan. Suhu cuaca juga dapat memberikan efek yang sama. Maka dari itu, jika kamu tinggal di daerah panas, kamu harus menggunakan pendingin ruangan agar tidak kepanasan. Begitupula juga sebaliknya.

    Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti tips di atas untuk meningkatkan kualitas tidurmu yang baik.

    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below