9 Tips Merawat Rambut Kering dengan Mudah


  • 9 Tips Merawat Rambut Kering dengan Mudah
    Berbagai cara untuk merawat rambut yang kering dengan mudah agar kamu bisa semakin tampil percaya diri. (Foto: Dok. Master1305/Freepik)

    Rambutmu kering dan sulit diatur? Biasanya rambut kering akan rapuh saat disentuh. Dilansir dari Healthline, hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari, lembapnya udara, merokok dan polusi udara lainnya yang menyerang rambut. Namun, jangan khawatir karena rambut kering bisa diatasi dengan berbagai cara yang mudah untuk dilakukan. Penasaran apa saja?, berikut tips merawat rambut yang kering dengan mudah dari berbagai sumber, yuk, simak ulasannya.



    1. Memotong rambut

    Tips merawat rambut kering salah satunya adalah meriset model rambutmu (Dok. Unsplash)

    Jika rambutmu terlalu kering, kamu bisa melakukan riset pada model rambutmu. Tidak harus selalu memotongnya secara keseluruhan, terkadang kamu hanya perlu memotong ujung rambutmu yang bercabang. Cara ini akan membuat rambutmu kembali normal. Perlu kamu ketahui, bahwa rambut yang bercabang juga bisa membuat rambutmu sulit diatur.



    2. Tidak perlu keramas setiap hari

    Tips merawat rambut kering lainnya adalah kurangi keramas setiap hari (Dok. Valuavitaly/ Freepik)

    Memang benar bahwa sampo merupakan bahan untuk penghilang kotoran dan keringat di rambutmu, Namun, jika kamu menggunakannya setiap hari dampaknya rambutmu akan kehilangan sebum yang berguna untuk melembapkan rambut. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidak keramas secara berlebih.

    3. Kurangi penggunaan alat styling rambut

    Styling rambut tentunya akan membuat rambutmu semakin memesona. Tak heran lagi, jika para wanita menyukai model rambut yang bisa memikat hati pria. Namun, dengan sering mengubah gaya rambut dengan alat styling, hal ini akan berdampak buruk pada rambutmu seperti mengering dan rusak. Hal ini juga akan menyulitkanmu untuk mengatur rambut secara baik. Maka dari itu, cobalah untuk tidak menggunakan alat tersebut untuk sementara waktu.

    4. Gunakan topi saat keluar rumah

    Siapa sangka, dengan menggunakan topi ternyata bisa mencegah rambutmu dari kerusakan. Rambutmu akan terlindungi dari panasnya paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, kamu bisa terus menggunakan topi jika kamu melakukan aktivitas di luar rumah.


    5. Jangan lewatkan conditioner 

    Salah satu tips agar rambutmu tidak kering adalah dengan menggunakan kondisioner secara rutin. Berbagai bahan yang terkandung di dalamnya, bisa membuat rambutmu halus dan menjaga kadar minyak yang ada di kulit kepalamu. Rambutmu juga akan lembap dalam waktu yang lama, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi. Kamu bisa mengaplikasikannya di ujung rambutmu agar kulit kepalamu tidak terlalu mengeluarkan minyak yang berlebih.

    6. Menutrisi rambut dengan hair mask

    Hair mask sering digunakan untuk melembutkan hingga melembapkan rambutmu. Kamu bisa menggunakannya di rumah saja tanpa perlu pergi ke salon. Masker rambut ini juga memiliki varian rasa yang mampu menjadikan rambutmu semakin halus seperti madu, lidah buaya hingga minyak zaitun.



    7. Mengonsumsi air putih setiap hari

    Tak hanya dari area luar saja, rambutmu juga perlu dijaga melalui asupan. Kamu bisa memperbanyak minum air putih di setiap harinya agar rambutmu semakin kuat hingga akar dan tidak kering maupun bercabang. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas sehari. Mudah bukan?

    8. Hindari pewarnaan rambut

    Biasanya penampilan akan membuat dirimu semakin percaya diri. Rambut juga merupakan mahkota para wanita sehingga warna rambut juga ikut berpengaruh terhadap look kamu. Namun, perlu kamu ketahui bahwa jika kamu sering mewarnai rambut, maka rambutmu akan semakin kering dan rontok akibat zat kimia yang terkandung pada pewarna rambut. Oleh karena itu, hindari penggunaan pewarna rambut secara terus menerus.

    9. Pakai minyak alami

    Minyak yang berasal dari tumbuhan tentunya akan membuat rambutmu semakin terawat secara alami. Pilihlah minyak rambut yang berkhasiat seperti minyak kelapa, zaitun dan canola. Rambutmu juga akan terlihat semakin mengkilat dan sehat.

    itulah 9 tips merawat rambut kering dengan mudah. Dari berbagai cara di atas, mana yang belum kamu ketahui?

    (Penulis: Sania Zelikha)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below