Ciri Pasangan Manipulatif


  • Ciri Pasangan Manipulatif
    Tanda kamu punya pasangan yang manipulatif. (Foto: Dok. Ivan Samkov/Pexels)

    Mungkin kamu sering dengar pepatah bahwa cinta itu buta. Bisa jadi hal ini memang benar adanya karena banyak orang yang tidak sadar bahwa kebutaan akan cinta justru bisa membawa mereka ke dalam hubungan tidak sehat alias toxic. 


    Umumnya, salah satu ciri hubungan tidak sehat adalah sikap pasangan yang manipulatif. Biasanya, pasangan dengan sikap ini punya obsesi untuk mengontrol sikap kamu secara berlebihan. Bahkan sampai pada titik di mana kamu enggak bisa bebas berekspresi atau bersikap.


    Demi kamu bisa terhindar dari hubungan semacam ini, kamu harus bisa memahami ciri pasangan manipulatif. Dengan mengenalinya, kamu bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan sebelum terjerumus lebih jauh. Inilah ciri pasangan manipulatif yang perlu kamu tahu.


    1. Kamu selalu jadi pihak yang salah

    Si dia selalu menyalahkanmu atau bikin kamu merasa bersalah. Padahal belum tentu tindakanmu salah, bisa jadi hanya karena ia memutar-balikkan fakta alias memanipulasimu sehingga kamu berpikir kamu salah. Orang dengan sikap ini bisa menyakinkan pasangannya bahwa cintanya lebih besar dari siapa pun sehingga kamu pun merasa dituntut untuk memprioritaskan dirinya. Bahkan, kamu bisa mengutamakan pasangan dari keluarga sendiri.


    (Baca Juga: Cara Menghadapi Orang Yang Membenci Kita)


    2. Berusaha mengendalikanmu


    (Foto: Dok. Budgeron Bach/Pexels)

    Ia menggunakan rasa tidak nyaman sebagai senjata untuk mengendalikanmu. Misalnya, ia akan memintamu agar tidak hang out lagi dengan teman-teman lawan jenis hanya karena ia merasa "tidak nyaman" dengan situasi tersebut. Bisa jadi ia akan mengeluarkan alasan bahwa ia pernah dikecewakan oleh mantannya saat berteman dengan pria lain. Padahal, itu hanya caranya untuk mengendalikan gerak-gerikmu.


    3. Kamu jadi meragukan diri sendiri

    Salah satu trik manipulasi yang sering dilakukan adalah dengan merusak rasa percaya dirimu. Ia akan berusaha menunjukkan kelemahanmu sehingga kamu merasa kamu membutuhkannya untuk bertahan hidup. Ia menanamkan mindset bahwa kamu hanya akan jadi pribadi yang lebih baik jika bersamanya.


    (Baca Juga: Ciri-Ciri Pasangan Yang Tidak Cocok Menjalin Hubungan)


    4. Kamu harus bertanggung jawab akan emosinya

    Bukan hanya hobi menyalahkan, ia juga kerap menyalahkanmu atas ledakan-ledakan emosinya. Misalnya, ia sedang merasa sedih atau kesal, biasanya kamu yang akan jadi pelampiasan kekesalannya itu. Kamu seolah dituntut bertanggung jawab karena sudah membuatnya merasa kesal atau marah.


    5. Memaksakan kehendaknya padamu


    (Foto: Dok. Alex Green/Pexels)

    Ia akan berusaha meyakinkanmu bahwa pilihannya adalah yang terbaik untukmu, walaupun kamu sendiri belum tentu menginginkan hal tersebut. Ini hanyalah cara si dia untuk memenuhi egonya sendiri padahal ia tidak memikirkan kebaikanmu sama sekali.


    6. Menjadikan alasan pribadi sebagai senjata

    Jika pasanganmu manipulatif, ia akan sangat terbuka terhadap semua masalah yang dihadapi. Mungkin pada awalnya kamu merasa keterbukaan dan kejujuran ini adalah hal yang baik. Padahal, semua ini dilakukan hanya karena ia ingin kamu merasa simpati padanya. Ingat, ini hanyalah trik manipulasi agar ia bisa menyerangmu di kemudian hari.


    (Baca Juga: Tanda Pria Ingin Menjauh)


    7. Manipulasi emosi


    (Foto: Dok. Ivan Samkov/Pexels)

    Salah satu ciri khas orang yang manipulatif adalah ia memilih untuk diam saat ada masalah dibanding membicarakannya dengan pasangan. Cara ini dipilih agar kamu merasa bersalah akan situasi tersebut dan akhirnya berusaha melakukan segala cara untuk memperbaiki mood pasangan.


    8. Enggan meminta maaf

    Coba kamu pikir lagi, berapa kali si dia meminta maaf secara tulus usai melakukan kesalahan? Atau justru ia tak pernah merasa salah sama sekali. Umumnya, orang yang manipulatif tidak akan mengakui kesalahannya apalagi memerhatikan keinginan pasangannya sendiri. Ia tak akan mau bertanggung jawab usai membuat pasangannya merasa kesal. Ia akan selalu berkilah bahwa itu bukan kesalahannya dan akan mencari kambing hitam yang lain.


    Itulah beberapa ciri pasangan manipulatif yang perlu kamu ketahui. Well, kalau ternyata pacarmu memenuhi beberapa kriteria di atas, segera ambil tindakan sebelum hubunganmu berjalan terlalu jauh.

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles