Cara Menghadapi Orang Yang Membenci Kita


  • Cara Menghadapi Orang Yang Membenci Kita
    Beberapa cara agar kamu bisa menghadapi orang yang membenci mu (Foto: dok. ekaterina/pexels)

    Sebagai mahluk sosial, manusia membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sosial dengan berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan manusia lainnya. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa di dunia ini pasti akan ada orang yang tidak suka dengan kita meskipun kita sudah berbuat sebaik mungkin. Entah karena perbedaan sifat, perbedaan pendapat, atau hal lainnya.


    Kita memang tidak bisa memaksa orang lain untuk menyukai kita. Namun, kita juga tidak boleh berlarut dalam kesedihan apabila ada orang yang membenci kita. Simak beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi orang yang membenci kita 


    (Baca Juga: 5 Ciri Toxic Friendship yang Harus Kamu Hindari)


    1. Mencari Tahu Apa Yang Salah 

    Kita bisa mulai dengan bertanya kepada orang tersebut apa yang menyebabkan mereka merasa seperti itu. Mungkin kita pernah melakukan suatu hal yang menyakiti mereka tanpa kita menyadarinya. Apabila kita pernah melakukan sesuatu yang membuatnya marah, jangan sungkan untuk meminta maaf.

    Dengan begitu kalian bisa menyelesaikan masalah dan move on.

    Tetapi, apabila orang tersebut tidak merespon dengan baik maka tak apa-apa karena yang penting kita tahu kita sudah melakukan yang kita bisa dan hanya mampu mengontrol perilaku diri sendiri. 


    2. Abaikan

    Mengabaikan seseorang bisa menjadi salah satu cara paling ampuh dalam menghadapi orang yang membenci kita. Daripada kita terbawa energi negatif mereka mending kita abaikan dan menghindar saja. Lebih baik kita salurkan energi kita ke hal-hal yang positif dan bermanfaat. 


    3. Introspeksi Diri 

    Salah satu hal penting yang bisa kita lakukan adalah dengan menginstrospeksi diri kita sendiri. Seringkali kita membuat sesuatu atau berbicara sesuatu yang tanpa kita sadari ternyata menyakiti orang lain. 

    Introspeksi diri membawa keuntungan bagi diri kita sendiri.

    Kita memberi kesempatan pada diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dengan menjadi pribadi yang lebih baik, kita bisa mengurangi rasa benci orang lain terhadap kita.


    4. Meningkatkan Percaya Diri

    Terkadang, ketika kita tahu apabila ada orang yang tidak menyukai kita, kita menjadi down dan terpuruk. Itu normal, tetapi kita tidak boleh berlarut dalam keterpurukan tersebut karena kita hanya bisa mengontrol apa yang diri kita rasakan. 

    Jadi, kalau kita memang yakin bahwa kita tidak melakukan kesalahan maka kita tidak perlu khawatir dan tetap fokus dengan diri kita dan meningkatkan percaya diri. 


    5. Ask For Help! 

    Ketika kebencian seseorang terhadap kita sudah diluar batas dengan aksi yang menyeramkan, kita tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan kepada orang lain. 

    Kita bisa muai dengan mengumpulkan bukti - bukti yang bersangkutan dengan haters tersebut agar mereka tidak mengganggu kita lagi.




    (Penulis: Putri Raiza)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles