Inilah 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Keputihan


  • Inilah 6 Jenis Makanan untuk Mencegah Keputihan
    Beberapa jenis makanan yang dapat mencegah keputihan. (Foto: Dok. /Freepik)

    Timbulnya keputihan pada wanita merupakan suatu hal yang alami. Keputihan biasanya terjadi dengan keluarnya cairan keputihan untuk melembapkan vulva hingga menjaga kesehatan daerah organ intim wanita. Namun, perlu kamu ketahui bahwa terdapat adanya berbagai jenis makanan yang membuat keputihan semakin parah. Selain mengganggu, hal juga ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap hingga infeksi jamur pada wanita. Oleh karena itu, kamu perlu menghindar dari beberapa makanan yang dapat menimbulkan keputihan. Solusinya adalah kamu perlu mengonsumsi makanan berprobiotik tinggi, kaya akan vitamin C hingga sayuran hijau karena beberapa makanan tersebut dapat menumbuhkan bakteri baik untuk vagina sehingga dapat dijadikan pencegahan keputihan yang berlebihan. Berikut makanan penyebab keputihan yang perlu kamu konsumsi agar kamu dapat melanjutkan aktivitas di keseharianmu. Yuk, simak ulasannya.

    (Baca Juga: Inilah Manfaat Konsumsi Telur Secara Rutin)

    Keju Parmesan

    Perlu kamu ketahui, selain melezatkan makanan, keju parmesan juga termasuk makanan tinggi probiotik yang baik untuk pencernaan kamu. Oleh karena itu, keju parmesan sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai salah satu makanan yang mengatasi keputihan yang parah.



    (Baca Juga: Inilah Manfaat Madu Hitam Untuk Kesehatan)

    Yogurt

    Yogurt dapat membantumu untuk mencegah keputihan (Dok. Unsplash)

    Selain keju parmesan, yogurt juga mengandung probiotik yang cukup tinggi sehingga makanan fermentasi ini dapat menciptakan bakteri baik dalam pencernaan kamu seperti lactobacillus Acidophilus dan Lactobacillus Casei. Hal ini dikarenakan bakteri baik pada pencernaan merupakan jenis bakteri yang mirip dengan bakteri yang ada di vagina sehingga yogurt merupakan pilihan terbaik untuk mencegah keputihan.

    Tempe

    Proses fermentasi pada tempe dapat menghasilkan zat asam fitat yang merupakan tinggi probiotik. Zat tersebut dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan penyerapan dalam usus kamu. Seiain itu, asam fitat juga dapat menjaga pH vagina. Oleh karena itu, kamu dapat memasukkan tempe ke dalam menu sehari-harimu.

    Buah Stroberi

    Stroberi sangat cocok untuk mencegah keputihan (Dok. unsplash)

    Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menghambat infeksi jamur dan bakteri sehingga kandungan tersebut dapat membantumu dalam mengatasi keputihan. Selain vitamin C, buah ini juga mengandung antosianin dan asam ellagic yang dapat membantu pencegahan kanker, penuaan, peradangan hingga penyakit saraf.

    Buah Mangga

    Selain buah stroberi, kamu juga dapat mengonsumsi buah mangga untuk mengatasi keputihan. Mangga juga mengandung kandungan vitamin C sebesar 29 mg yang mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada vagina. Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan serat dan fitonutrien seperti karotenoid dan polifenol untuk melindungimu dari kanker payudara dan kanker usus besar.

    Kacang Almond

    Sifat prebiotik potensial dari kacang almond dapat membantu kesehatan vagina mu secara alami. Selain itu, kacang almond juga kaya akan protein, lemak sehat dan serat. Oleh karena itu, tak heran jika kacang almond cocok untuk kamu konsumsi untuk pencegahan keputihan dari vagina.

    Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir lagi karena beberapa makanan tersebut dapat mencegah dari timbulnya keputihan.

    (Penulis: Sania Zelikha)





  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below